✔ 20 Rekomendasi Terbaru Teknik Mengajar Semoga Jadi Guru Idola Semua Siswa Berdasarkan Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec

WWW.INFOKEMENDIKBUD.ONLINESukses menjadi guru tak semata-mata sebab menenteng ijazah dari fakultas keguruan atau menerima sertifikasi profesional. Guru keren di mata dan hati siswa juga beken dan dijadikan favorit sebab metode mengajar asyik dan menarik. Mau tahu 20 metode mengajar yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW ?  

Salah satu faktor penting kejayaan pendidikan Rasulullah SAW ialah sebab dia mengakibatkan dirinya sebagai model dan teladan bagi umatnya. Tentu, guru yang baik seharusnya menjadi teladan dan model bagi siswanya. Ucapan dan tindakan guru harus sejalan dan sejujurnya. 

Ingat ungkapan ini 'jangan ada dusta diantara guru dan siswa'.  Nio Gwan Chung (Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec) dalam bukunya Muhammad SAW The Super Leader Super Manager menuliskan 20 metode dan teknik pengajaran sebagai 'holistic learning methods', yaitu :

 1. Learning conditioning (meminta membisu untuk mengingatkan, menyeru secara eksklusif dan perintah untuk menyimak dan membisu dengan cara tidak langsung);  


2. Active interaction (interaksi telinga : teknik berbicara, tidak bertele-tele pada ucapan dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi, membisu sebentar ditengah-tengah penjelasan; interaksi pandangan : eye contact dalam mengajar, memanfaatkan ekspresi wajah, tersenyum); 

3. Applied-learning (metode praktikum yang diterapkan oleh guru dan yang dilakukan oleh siswa); 

4. Scanning and levelling (memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya);  

5. Discussion and feed-back (metode yang logis dalam memperlihatkan tanggapan dan menciptakan teladan sederhana yang gampang dipahami);  

6. Story telling (bercerita);  

7. Analogy and case study (memberikan perumpamaan dan studi kasus kasatmata di sekitar kehidupan); 

8. Teaching and Motivating (meningkatkan gairah berguru dan rasa keingintahuan yang tinggi);  

9. Body language (membuat penyampaiannya bertambah terang, lebih niscaya dan


jelas; menarik perhatian pendengar dan menciptakan makna yang dimaksud menempel pada pikiran; mempersingkat waktu);  

10. Picture and graph technology (penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan);  

11. Reasoning and argumentation (mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang sulit dan berat semoga dipahami oleh siswa);  

12. Self reflection (memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu pertanyaan semoga siswa sanggup mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran);  

13. Affirmation and repetition (pengulangan kalimat dan ucapan nama);  

14. Focus and point basis ( memakai teknik menurut rumusan-rumusan besar atau poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa);  

15. Question and answer metodh (teknik bertanya untuk menarik perhatian pendengar dan menciptakan pendengar siap terhadap apa yang akan disampaikan kepadanya);  

16. Guessing with question (penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar keingintahuan);  

17. Encouraging student to ask (guru memperlihatkan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berani mengajukan pertanyaan : bertanya sanggup menghapus kebodohan serta memperbaiki pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat penilaian guru atas cara penyampaian pelajarannya);  

18. Wisdom in answering question (menyikapi orang-orang yang mengajukan pertanyaan sesuai dengan tingkat pengetahuannya; menyikapi si penyanya dengan perilaku yang bermanfaat baginya);  

19. Commenting on student question (memberikan komentar terhadap tanggapan siswa);  

20. Honesty (seorang guru harus menanamkan perilaku mulia berani mengakui ketidaktahuan ke dalam diri siswanya. ucapan 'aku tidak tahu ialah kepingan dari ilmu')

Belum ada Komentar untuk "✔ 20 Rekomendasi Terbaru Teknik Mengajar Semoga Jadi Guru Idola Semua Siswa Berdasarkan Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel