✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 164, 165, 167, 170, 171
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 164, 165, 167, 170, 171 - Kunci balasan Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Pembelajaran 5 tepatnya terdapat pada halaman 164, 165, 167, 170, 171.
Selain membahas perihal balasan soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 5 Subtema 3.
Kunci balasan tematik Tema 9 Kelas 5 pada Subtema 3 Pembelajaran 5 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.
Dengan adanya pembahasan kunci balasan soal yang terdapat pada buku siswa menyerupai ini dibutuhkan sanggup membantu penerima didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berkhasiat pada ketika evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi simpulan tahun (PAT), maupun pada ketika mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).
Baca Juga : Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 174, 175, 176, 177, 181
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 5
Siang itu Edo pulang sekolah. Edo memasuki rumah dengan tak lupa mengucapkan salam. Terdengar dari dalam Ibu menjawab salam Edo.Ternyata Ibu sedang duduk santai membaca majalah sambil mendengarkan radio. Acara favorit ibu ialah menanyakan lagu-lagu nostalgia (kenangan). Sesekali terdengar jeda iklan sesudah pemutaran sebuah lagu.
Ayo Membaca
Iklan di radio merupakan salah satu iklan dalam media elektronik. Media elektronik merupakan media dengan teknologi elektronik dan hanya sanggup dipakai kalau ada jasa transmisi siaran.Untuk lebih mengenal unsur-unsur dan ciri-ciri bahasa iklan pada media elektronik, ayo kita simak klarifikasi berikut.
Setiap media elektronik mempunyai karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.
1. Unsur-unsur iklan televisi, yaitu :
Suara : Suara dalam iklan televisi sanggup berupa bunyi manusia, bunyi binatang / tumbuhan, musik, atau sekadar dampak suara.
Gambar : Gambar sanggup berupa produk yang ditawarkan atau sanggup berupa orang yang memakai produk tersebut.
Gerak : Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.
Tulisan : Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, sebagai klarifikasi dari produk.
2. Unsur-unsur iklan radio, yaitu : Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut sanggup berupa suara/kata-kata insan yang teratur, musik, dan dampak bunyi (suara-suara yang tidak beraturan maupun dampak bunyi alam).
3. Unsur-unsur iklan internet, yaitu :
Suara : Iklan di internet sanggup berupa video yang mempunyai unsur suara.
Gambar : Gambar sanggup berupa produk yang ditawarkan, atau sanggup berupa orang yang memakai produk tersebut.
Tulisan : Tulisan yang singkat dan gampang terlihat, sebagai klarifikasi dari produk.
Gerak : Baik gambar maupun goresan pena dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak dalam iklan di internet sanggup berupa video atau animasi.
Ciri-ciri bahasa iklan elektronik bersama-sama tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu :
- komunikatif
- informatif,
- mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
- menarik perhatian, dan
- mengajak penonton untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 164 & 165
Ayo Berlatih
Amatilah salah satu iklan di internet berikut ini.Setelah kau mengamati iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
Barang yang di tawarkan dalam iklan tersebut ialah batik jumputan.
2. Informasi apa saja yang sanggup kau peroleh dari iklan tersebut?
Informasi yang terdapat pada iklan tersebut ialah :
- Banyak pilihannya, indah warnanya
- Ayo kita cintai batik Indonesia.
- Batik jumputan hasil budaya bangsa.
3. Sebutkan unsur-unsur yang ada dalam iklan tersebut.
Unsur-unsur dalam iklan tersebut ialah nama produk, gambar produk, kalimat iklan, keunggulan produk.
4. Jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan tersebut.
Singkat, padat, menarik, komunikatif, informatif, sederhana, dan gampang dipahami.
Iklan tersebut berisi penawaran kain batik jumputan. Apakah yang dimaksud batik jumputan? Ayo simak klarifikasi berikut.
Ayo Membaca
Mengenal Batik Jumputan
Salah satu karya seni rupa tempat ialah batik jumputan. Batik jumputan atau sering disebut juga dengan batik ikat celup ialah kain batik yang memakai motif hias jumputan.Motif hias jumputan banyak dijumpai pada motif hias kain pelangi. Motif hias kain pelangi ialah kain yang dihiasi dengan motif hias jumputan.
Motif hias jumputan banyak dipakai pada benda pakai menyerupai selendang atau sampur, kain, taplak meja, dan lain-lain.
Kain dengan motif hias jumputan tidak hanya terdapat di Yogyakarta saja, tetapi juga banyak terdapat di tempat Palembang, Bali, dan Gresik.
Pernahkah kau melihat batik jumputan selain pada gambar di atas? Bagaimana cara menciptakan batik jumputan?.
Coba bertanyalah kepada orang yang kau anggap tahu cara menciptakan batik jumputan. Kamu juga sanggup mencari referensi dari buku, majalah, atau sumber lainnya.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 167
Tuliskan pada kolom berikut cara menciptakan batik jumputan. Cara menciptakan batik jumputan :
- Masak air sesuai hukum pada pewarna kain. Setelah panas, masukkan zat pewarna dan aduk hingga rata.
- Tutup kelereng dengan kain yang akan diberi motif, kemudian ikat dengan tali rafia. Susun kelereng sesuai dengan harapan kau sehingga membentuk rujukan bab motif hias jumputan yang akan dibuat.
- Basahi kain yang telah diberi hiasan ke dalam air dingin. Setelah itu masukkan kain ke dalam air yang telah diberi zat pewarna.
- Aduk-aduk kain semoga zat pewarna meresap lebih kurang 40 menit
- Matikan kompor, diamkan kain hingga dingin. Setelah dingin, angkat dan basuh kain hingga air pencuci bening.
- Lepas ikatan kelereng dan jemur kain di tempat yang tidak terkena sinar matahari.
Ayo Berlatih
Ayo berlatih menciptakan batik jumputan dengan memperhatikan langkah- langkahnya.Alat dan materi yang dipakai untuk menciptakan kain batik jumputan ialah sebagai berikut.
- Kain mori,
- tali rafia,
- gunting,
- kelereng/batu kecil/bola pingpong/dadu,
- pewarna kain,
- panci,
- kompor, dan
- air.
Langkah-langkah pembuatan :
- Masak air sesuai hukum pada pewarna kain. Setelah panas, masukkan zat pewarna dan aduk hingga rata.
- Tutup kelereng dengan kain yang akan diberi motif, kemudian ikat dengan tali rafia. Susun kelereng sesuai dengan harapan kau sehingga membentuk rujukan bab motif hias jumputan yang akan dibuat.
- Basahi kain yang telah diberi hiasan ke dalam air dingin. Setelah itu masukkan kain ke dalam air yang telah diberi zat pewarna.
- Aduk-aduk kain semoga zat pewarna meresap lebih kurang 40 menit
- Matikan kompor, diamkan kain hingga dingin. Setelah dingin, angkat dan basuh kain hingga air pencuci bening.
- Lepas ikatan kelereng dan jemur kain di tempat yang tidak terkena sinar matahari.
Menyiapkan Alat dan Bahan
Mengikat Kain dengan Berbagai Alternatif
Cara mencelupkan ikatan, sehingga ketika dilepas ikatannya membentuk kain- kain menyerupai gambar di atas.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 170
Ayo Berkreasi
Buatlah rancangan kain batik jumputan sesuai keinginanmu. Buatlah kreasi rancangan sebagus mungkin.Rancangan yang kau buat untuk selanjutnya sanggup dibentuk menjadi karya batik jumputan. Perhatikan langkah-langkah menyerupai di atas.
Kamu sanggup juga mengkreasikan sendiri. Kumpulkan hasil karyamu kepada Bapak atau Ibu Guru.
Rancangan Batik Jumputan
Ibu masih asyik membaca majalah sambil mendengarkan lagu-lagu kenangan favoritnya. Edo segera mengambil gelas.
Dimasukkannya sesendok gula pasir, kemudian sekantung teh celup, dan terakhir ditambahkan air panas. Edo mengaduknya hingga gula terlarut, dan terbentuklah teh manis yang hangat.
Agar tehnya menjadi dingin, Edo menambahkan enam butir es kerikil berbentuk dadu yang diambilnya dari lemari es.
Tiba-tiba Ibu mendekati Edo dan berkata, ”Jangan terlalu banyak minum es Edo, apalagi suasana panas menyerupai ini, nanti kau sakit.”
Edo hanya tersenyum dan kemudian mengambil butiran es dari gelas dan membuangnya. Jadilah teh hirau taacuh yang manis tanpa es.
Seperti yang kau ketahui bahwa segelas teh manis yang dibentuk oleh Edo merupakan adonan homogen atau disebut larutan.
Ketika ditambahkan butiran es, adonan tersebut menjadi adonan heterogen alasannya ialah sanggup dipisahkan dengan tangan. Butiran es sanggup dipisahkan dari air teh hanya dengan diambil memakai tangan oleh Edo.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 171
Ayo Mencoba
Buatlah larutan untuk mencelup kain dalam proses menciptakan batik jumputan. Untuk materi menciptakan larutan, kau sanggup memakai menyerupai uraian sebelumnya.Namun, kau juga sanggup menciptakan larutan sendiri menurut referensi yang kalian ketahui atau hasil dari bertanya kepada orang yang lebih tahu.
Buatlah laporan hasil percobaan kalian. Laporan berisi hal-hal berikut.
1. Bahan untuk menciptakan larutan.
Bahan untuk menciptakan larutan :
- Wenter / Wantex / Pewarna Lainnya
- 2 Liter air
- 2 sendok Garam
- Cuka secukupnya
2. Uraikan termasuk zat tunggal atau zat adonan materi yang kau gunakan untuk menciptakan larutan.
Bahan yang termasuk zat tunggal ialah air, garam dan cuka. Pewarna termasuk kedalam zat campuran.
3. Uraikan juga termasuk unsur atau senyawa materi yang kau gunakan untuk menciptakan larutan.
Bahan yang termasuk senyawa ialah air, cuka dan garam.
4. Cara menciptakan larutan untuk menciptakan batik jumputan.
Cara menciptakan larutan untuk menciptakan batik jumputan :
- Menyiapkan alat serta materi yang dipakai untuk menciptakan larutan
- Memasak air sesuai dengan dosis yang dibutuhkan
- Masukkan zat pewarna pada air yang sudah panas satu persatu
- Aduk hingga rata dengan pengaduk (sendok/kayu)
- Dan kalau pencelupan dilakukan lebih dari satu warna, maka pembuatan larutan harus terpisah
- Untuk satu warna gunakan satu wadah
- Wantek / pewarna juga dimasak hingga mendidih, kemudian didinginkan dan masukkan ke dalam wadah / botol yang mencukupi, kemudian tutup botolnya hingga waktu digunakan
- Demikian juga untuk pewarna lainnya, lakukan hal yang sama.
- Larutan siap digunakan
Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 164, 165, 167, 170, 171
Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) sanggup menawarkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 164, 165, 167, 170, 171 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kunci-jawaban-tema-9-kelas-5-halaman-174.
Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 164, 165, 167, 170, 171"
Posting Komentar