✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26


soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26 - Kunci tanggapan Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 3 tepatnya terdapat pada halaman 16, 17, 23, 26.

Selain membahas wacana tanggapan soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 3 Subtema 1.

Kunci tanggapan tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 1 Pembelajaran 3 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci tanggapan soal yang terdapat pada buku siswa menyerupai ini diharapkan sanggup membantu penerima didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berkhasiat pada ketika evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi simpulan tahun (PAT), maupun pada ketika mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 3

Ada bermacam-macam budaya di Indonesia. Keragaman budaya terjadi di antaranya sebab masyarakat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Ada sebuah kawasan yang mempunyai keunikan budaya berupa rumah betang. Di kawasan manakah itu? Ayo kita cari tahu.

Ayo Membaca

Rumah Betang Uluk Palin

Rumah betang (rumah panjang) uluk palin terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rumah betang ini berukuran panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter, dan mempunyai 53 bilik rumah.

Menurut data pada tahun 2007, rumah betang uluk palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga.

Tidak diketahui persis pada tahun berapa rumah betang ini pertama kali dibangun. Namun, diperkirakan rumah ini pertama kali didirikan oleh komunitas Tamambaloh Apalin pada tahun 1800-an.

Kemudian, rumah betang ini pernah diperbaiki pada 1940-an sebab kebakaran. Rumah betang ini juga telah tiga kali berpindah lokasi sebab menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akhir erosi.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Dalam tradisi Dayak, rumah betang dan hutan yaitu sentra sekaligus belahan terpenting semesta kehidupan. Seperti bila kita mengucapkan kata “kampung”, “pulang”, “rumah”; rumah betanglah yang diingat oleh masyarakat Dayak.

Bagi mereka, rumah betang juga merupakan pemersatu. Di sanalah mereka berkerabat dan bertradisi. Di rumah betanglah tradisi Dayak terpelihara. Rumah betang yaitu kekayaan budaya Indonesia.

Namun, pada Sabtu 13 September 2014 malam rumah betang uluk palin terbakar. Tidak ada yang tersisa dari rumah betang yang terpanjang dan tertua di seantero Kalimantan itu.

Masyarakat bersedih sebab kehilangan tempat tinggal. Lebih dari itu, masyarakat Kalimantan bersedih sebab rumah betang uluk palin merupakan cagar budaya yang sangat penting.

Bentuk rumah moral setiap suku bangsa menyesuaikan kondisi lingkungan alam sekitarnya. Rumah moral Kalimantan biasanya berupa rumah panggung untuk menghindari serangan hewan-hewan liar. Bagaimana dengan rumah moral di daerahmu?

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 16 & 17

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama teman-teman kelompokmu.
1. Ceritakanlah secara singkat insiden pada teks “Rumah Betang Uluk Palin”.

Peristiwa yang terjadi pada Rumah Betang Uluk Palin :
  • Tidak diketahui persis pada tahun berapa rumah betang ini pertama kali dibangun.
  • Rumah betang pernah diperbaiki pada 1940-an sebab kebakaran.
  • Rumah betang telah tiga kali berpindah lokasi sebab menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akhir erosi.
  • Pada Sabtu 13 September 2014 malam rumah betang uluk palin terbakar.
  • Masyarakat bersedih sebab kehilangan tempat tinggal dan kehilangan cagar budaya yang sangat penting.

2. Apa keunikan rumah betang?

Keunikan Rumah Betang Uluk Palin :
  • Rumah betang berukuran panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter, dan mempunyai 53 bilik rumah.
  • Rumah betang uluk palin dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga.
  • Rumah betang telah tiga kali berpindah lokasi.
  • Rumah betang merupakan sentra sekaligus belahan terpenting semesta kehidupan bagi tradisi dayak.
  • Rumah betang menjadi pemersatu masyarakat dayak.
  • Rumah betang yaitu kekayaan budaya Indonesia.

3. Apa keunikan rumah moral di daerahmu?

Soal nomor 3 mempunyai tanggapan yang bervariasi tergantung kawasan masing-masing siswa

Rumah moral merupakan salah satu keragaman budaya di Indonesia. Adakah keragaman lain dalam budaya Indonesia? Ayo, bacalah teks berikut.

Ayo Membaca

Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia

Kekayaan budaya Indonesia sebab banyak sekali suku bangsa yang ada. Kekayaan itu bermacam-macam bentuknya.

Beberapa di antaranya berbentuk bahasa daerah, rumah tradisional, pakaian adat, dan kesenian kawasan berupa taritarian, alat musik, lagu-lagu, dan upacara adat.

Semua budaya tersebut menjadi ciri khas tiap-tiap daerah. Berikut tumpuan budaya kawasan di Indonesia.

1. Bahasa Daerah

Setiap suku bangsa dalam berkomunikasi memakai bahasa kawasan setempat. Dengan demikian, keragaman suku menghasilkan bahasa yang beragam. Perhatikan tumpuan keragaman kata akhir keragaman bahasa kawasan berikut.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Keragaman bahasa kawasan tidak mengakibatkan persoalan antarsuku bangsa. Hal ini sebab dalam komunikasi antarsuku bangsa dipakai bahasa Indonesia yang telah bisa mempersatukan perbedaan bahasa daerah.

2. Rumah Adat

Hampir setiap suku bangsa mempunyai bentuk rumah sebagai tempat tinggalnya yang berbeda-beda.

Bangunan rumah setiap suku bangsa diadaptasi dengan kondisi alam. Nama rumah moral setiap kawasan pun berbeda. Berikut nama beberapa rumah moral dari banyak sekali kawasan di Indonesia.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

3. Pakaian Adat

Pakaian moral tradisional Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki negara Indonesia.

Banyaknya suku-suku dan provinsi yang ada di wilayah negara Indonesia maka banyak pula baju moral yang dimiliki oleh setiap suku di seluruh provinsi Indonesia.

Pakaian moral di Indonesia mempunyai ciri-ciri khusus dalam pembuatan atau dalam mengenakan pakaian moral tersebut. Berikut beberapa nama pakaian moral dari banyak sekali kawasan di Indonesia.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

4. Kesenian Daerah

Kesenian kawasan di wilayah Indonesia sangat beragam. Setiap suku bangsa mempunyai kesenian khas terdiri atas tari-tarian dan lagu daerah. Berikut beberapa nama tari dari banyak sekali kawasan di Indonesia.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Itulah tumpuan keragaman budaya yang ada dalam masyarakat Indonesia. Semua itu merupakan kekayaan negara Indonesia yang sangat dikagumi negara lain.

Indonesia memang mempunyai masyarakat majemuk. Namun demikian, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun, saling menghormati, dan bertoleransi antarwarga masyarakat. Masih banyak keragaman masyarakat Indonesia lainnya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 23

Ayo Bermain Peran

Kamu telah mengetahui keragaman budaya di Indonesia. Keberagaman itu tentu diharapkan perilaku toleransi di antara masyarakat Indonesia.

Sikap apa yang sanggup kalian terapkan dalam keragaman budaya masyarakat Indonesia?

Buatlah naskah drama pendek wacana perilaku toleransi, kemudian mainkan naskah drama tersebut.

Naskah drama pendek wacana perilaku toleransi :

Grace pergi ke rumah Nayaka bersama dengan Siti. Mereka berencana hendak mengerjakan kiprah yang diberikan oleh guru. Nayaka yaitu siswa pindahan dari kawasan Bali dan bersekolah di sekolah tempat Grace dan Siti yang berada di pulau Jawa.

Nayaka : "Silakan masuk teman-teman. Silakan dinikmati hidangan yang saya siapkan buat kalian. Aku tinggal dulu ke belakang sebentar ya."

Siti : "Ya"

Grace : "Siti."

Siti : "Ya, ada apa Grace?"

Grace : "Kamu kan suka jeruk? itu ada jeruk besar, di pojok ruangan itu, kelihatannya enak."

Siti : "Hus, tidak boleh."

Grace : "Kenapa? kan kata Nayaka diperbolehkan memakan makanan yang disediakan?"

Siti : "Iya, tapi itu Jeruk bukan untuk dimakan kita, tapi itu yaitu salah satu kebiasaan moral budaya tempat Nayaka berasal"

Grace : "O, begitu ya. Kalau begitu kita makan yang disediakan di meja depan kita saja."

Siti : "Iya, kita harus menghormati keragaman budaya yang banyak tersebar di Indonesia."

Grace : "Benar sekali"

Tugas
Kerjakan kiprah ini bersama kelompokmu. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
1. Tuliskan daftar kosakata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerahmu yang sesuai artinya. Tuliskan paling sedikit 25 kata.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

2. Identifikasi nama dan keunikan pakaian moral dari daerahmu.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

3. Tuliskan judul lagu-lagu kawasan di Indonesia.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Selain keragaman budaya, ada banyak sekali jenis perjuangan dan kegiatan ekonomi dalam masyarakat. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca

Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam

Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melaksanakan banyak sekali usaha. Berbagai kegiatan dan jenis perjuangan yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Salah satu jenis perjuangan di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari lingkungan.

Kita mengenal banyak sekali bentuk kegiatan insan dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis perjuangan bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut perjuangan agraris. Jenis perjuangan yang termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Umumnya, perjuangan persawahan dan perkebunan dilakukan di kawasan perdesaan sebab tanahnya masih luas. Namun, kini kita sanggup melaksanakan perjuangan penanaman pada lahan sempit, contohnya dengan cara hidroponik (penanaman dengan media air) atau vertikultur (cara bercocokn tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal).

Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija. Lahan pertanian juga dimanfaatkan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh, karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.

Usaha di bidang peternakan membutuhkan lahan yang luas. Hewan-hewan yang diternakkan antara lain sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra sanggup menghasilkan serat materi baku kain sutra.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Kegiatan pertanian lainnya yaitu perikanan. Usaha di bidang perikanan sanggup dilakukan di kawasan pantai atau bendungan/waduk. Akan tetapi, ada juga perjuangan perikanan yang memanfaatkan kolam-kolam di lahan persawahan.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Ada pula jenis perjuangan lain yang memanfaatkan secara eksklusif sumber daya alam. Jenis perjuangan ini disebut bidang perjuangan ekstraktif. Dalam bidang perjuangan ekstraktif, kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bidang perjuangan ekstraktif yaitu berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 26

Ayo Mengamati

Amatilah acara penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam. Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah laporan dengan tumpuan berikut.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) sanggup menawarkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kunci-jawaban-buku-siswa-kelas-5-tema-6.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 16, 17, 23, 26"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel