✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 94, 95, 97, 98, 99, 102, 103
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 94, 95, 97, 98, 99, 102, 103 - Kunci jawaban Tema 6 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 2 perpindahan kalor di sekitar kita pembelajaran 3 tepatnya terdapat pada halaman 94, 95, 97, 98, 99, 102, 103.
Selain membahas wacana jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman bahan Tema 6 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada pembelajaran 3 subtema 2.
Kunci jawaban tematik Tema 6 kelas 5 pada subtema 2 pembelajaran 3 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.
Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa ibarat ini dibutuhkan sanggup membantu penerima didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 6 yang nantinya mempunyai kegunaan pada ketika evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi simpulan tahun (PAT), maupun pada ketika mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).
Baca juga :
- Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 5 Halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114, 115
- Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 3
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar di atas dengan saksama! Gambar tersebut memperlihatkan kegiatan nelayan sesudah pulang dari melaut.Mereka biasanya pergi secara berkelompok pada malam hari dan pulang keesokan paginya.
Mengapa demikian? Ingatkah kau bahwa mereka menerapkan prinsip perpindahan panas secara konveksi?
Bagaimana insiden konveksi tersebut membantu para nelayan untuk berlayar pada malam hari dan pulang pada pagi hari? Apakah yang terjadi jikalau mereka pergi dengan cara sebaliknya?
Ayo Membaca
Kamu tentu tahu bahwa manusia, mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Kebutuhan hidup insan berupa kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
Setiap kali insan melaksanakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, selalu memperlihatkan efek kepada lingkungannya, baik lingkungan alam, maupun lingkungan ekonomi, sosial, dan budaya.
Bacalah artikel berikut untuk memahami salah satu sisi kehidupan nelayan dalam membangun kesejahteraan hidupnya.
Kehidupan Nelayan Pemburu Paus
Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang mengakibatkan maritim sebagai ladang kehidupan mereka. Laut ialah ibu yang memperlihatkan kehidupan semenjak zaman nenek moyang mereka. Dari hasil laut, masyarakat di desa ini telah berhasil mengirimkan belum dewasa mereka untuk bersekolah dan pada balasannya bekerja.Masyarakat nelayan di desa Lamalera, mempunyai tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka. Tidak sembarang paus yang mereka buru, hanya paus yang sudah renta saja yang mereka buru. Jika mereka menemukan paus muda, masyarakat nelayan di desa ini akan mengembalikannya ke maritim lepas. Mereka pun bersepakat secara budbahasa bahwa dalam setahun, tidak boleh lebih dari 15 paus yang mereka buru. Dengan demikian, mereka tetap menjaga semoga paus tidak punah.
Untuk berburu paus, para nelayan melaksanakan pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit. Ada beberapa orang yang senantiasa berada di bukit itu untuk memantau, sambil melaksanakan kegiatan lainnya ibarat memperbaiki jala, menganyam atap bahtera dari daun lontar, memasak, atau membaca buku.
Jika mereka melihat paus, mereka akan berteriak “baleo” yang berarti paus. Teriakan itu, menciptakan para nelayan yang berada di bibir pantai segera bersiap melaut. Mereka akan mengirimkan sebuah bahtera untuk mengamati jenis dan umur paus. Jika mereka melihat paus itu layak ditangkap, mereka akan akan memanggil perahu-perahu lain untuk mendekat.
Daging dan minyak paus yang berhasil ditangkap kemudian akan dibagi ke seluruh warga desa. Pembagian diutamakan bagi janda dan yatim piatu, gres kemudian kepada penangkap paus, pemilik perahu, kemudian kepada masyarakat lainnya. Daging dan ikan paus ini sanggup ditukar dengan jagung, umbi-umbian, buah-buahan, dan sayuran dari masyarakat pegunungan. Kegiatan tukar barang ini dilakukan di Pasar Wulandoni, sekitar 3 km dari Lamalera.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 94
Ayo Menulis
Bacaan di atas merupakan salah satu teks klarifikasi yang dimuat pada sebuah surat kabar. Surat kabar merupakan salah satu jenis media cetak yang paling banyak dipakai masyarakat.Surat kabar atau koran merupakan salah satu media cetak yang sanggup memperlihatkan aneka macam macam informasi.
Untuk memahami sebuah teks klarifikasi pada bacaan di atas, kau perlu mengetahui pokok pikiran di setiap paragrafnya. Temukanlah pokok-pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melaksanakan kegiatan berikut ini.
1. Siapkan sejumlah kartu atau kartu pokok pikiran ibarat pola di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.
2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.
3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada kartu yang telah kau siapkan.
4. Diskusikanlah pokok pikiran dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibentuk temanmu.
5. Kelompokan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.
6. Ambillah sebuah karton, kemudian tuliskan di belahan paling atas judul bacaan.
7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.
8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibentuk sobat sekelompokmu sesuai paragrafnya.
9. Buatlah sebuah paragraf untuk menciptakan kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
Desa Lamalera merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang mengakibatkan maritim sebagai ladang kehidupan. Masyarakat nelayan di desa Lamalera, mempunyai tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka. Untuk berburu paus, para nelayan melaksanakan pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit. Daging dan minyak paus yang berhasil ditangkap kemudian akan dibagi ke seluruh warga desa.
10. Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 95
Ayo Berdiskusi
Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak hal yang ingin kau ketahui wacana insiden yang terjadi di sekitarmu.Bertanya merupakan kegiatan mencari jawaban wacana sesuatu yang belum diketahui. Kita sanggup bertanya kepada siapa pun, termasuk kepada sobat sebaya.
Kegiatan bertanya juga sanggup menjadi kegiatan awal sebuah diskusi.
Ikutilah tahapan kegiatan berikut ini dengan saksama di dalam kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang.
1. Buatlah dua pertanyaan menurut bacaan.
a. Tradisi apa yang biasa dilakukan masyarakat nelayan di desa Lamalera?
b. Tuliskan cara berburu paus yang dilakukan masyarakat nelayan di desa Lamalera!
b. Tuliskan cara berburu paus yang dilakukan masyarakat nelayan di desa Lamalera!
2. Tuliskanlah pertanyaanmu di selembar kertas kecil. Tuliskan nama dan pertanyaanmu dengan terperinci dan memakai kalimat tanya yang benar.
3. Gulunglah kertas pertanyaanmu kemudian masukkan ke dalam sebuah wadah.
4. Secara bergiliran anggota kelompok mengambil gulungan kertas dari dalam wadah.
5. Setelah semuanya mendapat sebuah gulungan kertas, bukalah lembar pertanyaan secara bersamaan.
6. Lalu tuliskan jawabannya di bawah pertanyaan tersebut.
7. Tempelkan kertas pertanyaan dan jawabannya di salah satu dinding kelas. Lakukan kegiatan yang sama untuk pertanyaan kedua.
8. Lihatlah kembali pertanyaan yang telah kau buat, dan jawaban dari teman-temanmu. Lakukanlah diskusi dengan sobat yang menjawab pertanyaanmu untuk mendapat keterangan yang lebih lengkap.
Ayo Membaca
Luasnya lautan dan samudra yang mengelilingi wilayah Indonesia, memengaruhi kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat nelayan setempat.Interaksi masyarakat nelayan dengan lingkungannya sangatlah erat. Keterikatan antara masyarakat nelayan dengan lingkungannya terwujud salah satunya melalui kegiatan upacara tradisi nelayan.
Setiap masyarakat nelayan di Indonesia mempunyai kegiatan yang berbeda sebagai belahan dari upacara tradisi. Salah satunya ialah masyarakat nelayan Pantai Malo, Kokorotan, Sumatra Utara.
Bacalah artikel berikut ini dengan saksama.
Festival Mane’e, Tradisi Nelayan di Pantai Malo
Festival Mane’e, merupakan tradisi budbahasa untuk penangkapan ikan. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Pantai Malo, Kokorotan, Sulawesi Utara. Ritual ini biasa disebut dengan ritual menangkap ikan dengan doa-doa dalam bahasa budbahasa kuno. Mereka berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga nelayan mendapat tangkapan yang banyak, dan mendapat proteksi semoga terhindar dari bahaya.Penangkapan ikan dimulai dengan berkumpulnya para pemuka budbahasa bersama perwakilan pemerintah setempat. Mereka bermusyawarah untuk menentukan tanggal yang sempurna untuk melaksanakan ritual mane’e. Selanjutnya, para pemuka budbahasa ini akan memanjatkan doa-doa dalam bahasa budbahasa kuno. Sementara, masyarakat lainnya mengumpul- kan tali dan janur (daun kelapa yang masih muda) untuk dibentuk jaring yang disebut dengan sammy.
Tibalah hari yang ditentukan untuk melaksanakan ritual mane’e. Para pemuka budbahasa dan pemerintah setempat, membawa sammy ke Pantai Malo. Beramai-ramai mereka menariknya sepanjang mungkin ke arah maritim sampai membentuk sebuah kolam. Ketika ikan-ikan telah banyak terperangkap ke dalam sammy, masyarakat pun mulai menangkapnya. Hasil tangkapan ikan ini akan disantap bersama dalam pesta rakyat yang digelar ketika itu. Ada hal yang menarik sepanjang ritual sampai pesta rakyat ini, yaitu masyarakat dihentikan mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan.
Ritual ibarat ini masih dilaksanakan sampai kini. Masyarakat meyakini ritual ini sebagai ucapan syukur dan permohonan proteksi dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kegiatan ini mengandung nilai-nilai kebersamaan antar anggota masyarakat dan kepedulian untuk memelihara maritim sebagai sumber kehidupan masyarakat. Nilai-nilai kerja sama, persatuan dan kesatuan pun, sangat bisa dirasakan sepanjang persiapan sampai dilaksanakannya ritual ini.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 97 & 98
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!1. Apakah tujuan dilaksanakannya Festival Mane’e tersebut?
Festival Mane’e bertujuan semoga nelayan mendapat tangkapan yang banyak dan mendapat proteksi semoga terhindar dari bahaya.
2. Siapa saja yang berperan penting dalam upacara tersebut?
Yang berperan penting dalam upacara tersebut ialah pemuka budbahasa beserta masyarakat setempat.
3. Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat?
Sangat bermanfaat dengan kegiatan tersebut, dengan begitu masyarakat setempat sanggup memperoleh tangkapan ikan secara lebih gampang dan pastinya mendapat penghasilan lebih banyak.
4. Adakah hal menarik yang kau dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut?
Hal menarik yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut ialah masyarakat dihentikan mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan.
5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang berada paling akrab dari tempat tinggalmu? Jika ada, ceritakanlah!
Jawaban soal nomor 5 relatif bervariasi tergantung ada atau tidaknya kegiatan serupa di kawasan tempat tinggal siswa.
Ayo Mengamati
Kegiatan nelayan di pantai dan maritim tidak hanya untuk pembangunan ekonomi, tetapi juga untuk membangun kehidupan sosial budaya masyarakat.Kegiatan ini dilakukan untuk meneruskan budaya kehidupan masyarakat nelayan yang telah dilakukan bertahun-tahun. Kegiatan masyarakat nelayan di satu tempat dan tempat lain tidaklah sama.
Hal ini dipengaruhi juga oleh kehidupan sosial masyarakatnya.
Kehidupan masyarakat di sekitarmu mungkin juga mempunyai keunikan sendiri. Oleh karenanya, lakukanlah kegiatan pengamatan sebagai berikut:
1. Bekerjalah bersama dengan temanmu yang tinggal di kawasan yang sama atau berdekatan.
2. Amatilah kehidupan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu.
3. Identifikasi kegiatan masyarakat untuk membangun ekonominya, contohnya ada yang berdagang, bertani atau menangkap ikan.
4. Identifikasi kegiatan kemasyarakatan yang terjadi di kawasan tempat tinggalmu. Misalnya, kegiatan bersama yang dilakukan anggota masyarakat.
5. Tuliskanlah hasil pengamatanmu ke dalam bentuk laporan singkat dengan memakai format “Laporan Hasil Pengamatan” ibarat pola di bawah ini!
Interaksi insan dengan lingkungan sosialnya : Masyarakat yang ada di kawasan tersebut hidup saling tolong menolong, masih ada semangat gotong royong, dan bila menemukan permasalahan yang menimpa masyarakat kawasan tersebut, maka yang diutamakan ialah musyawarah untuk mufakat dalam menuntaskan permasalahan.
Upaya insan dalam berperan serta membangun perekonomian : Masyarakat yang ada di kawasan tersebut bekerja dengan sungguh-sungguh dalam menjalankan profesi / pekerjaan mereka. Ada yang menjadi petani, ada yang menjadi pegawai, baik pegawai negeri maupun pegawai swasta, ada yang berwirausaha dengan berdagang atau menjual jasa / keterampilan. Ada yang menjadi buruh. Semua masyarakat di kawasan tersebut bekerja dengan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan tersebut.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 99
Kesimpulan apa yang kau dapatkan dari kegiatan ini? Tuliskanlah kesimpulanmu di bawah ini! Semua orang berhak atas kehidupan ekonomi yang baik. Tetapi semua orang juga punya kewajiban untuk mengusahakannya. Selain punya hak, kita pun punya kewajiban!
Ayo Membaca
Kewajiban Warga Negara Indonesia
Setiap warga negara di Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang tidak terpisahkan Ada hak, maka di sana juga ada kewajiban. Sebagai warga Negara Republik Indonesia, hak dan kewajiban warga negaranya diatur di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.Yang termasuk dalam hak warga negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) antara lain ialah sebagai berikut.
1. Setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama di mata aturan dan di dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1).
2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2).
3. Setiap warga negara berhak dalam perjuangan pembelaan negara (Pasal 30 ayat 1).
4. Setiap warga Negara berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya (Pasal 28).
5. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai (Pasal 29 ayat 2).
6. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran (Pasal 31 ayat 1).
7. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).
Selain mengetahui hak warga negara, kita pun harus tahu wacana kewajiban kita sebagai warga negara. Ada kewajiban yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab sebab menyangkut hak orang lain. Ada juga kewajiban yang bersifat pribadi. Berikut ialah beberapa pola kewajiban warga negara Indonesia.
1. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah sentra dan pemerintah kawasan (pemda) (Pasal 23A).
2. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, aturan dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya (Pasal 27 ayat 1).
3. Setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).
4. Setiap warga negara wajib untuk menghormati hak asasi orang lain dan menjunjung tinggi moral, nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum.
5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa semoga bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.
6. Setiap warga negara wajib untuk mengikuti pendidikan dasar yang sepenuhnya didanai oleh Negara.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 102
Ayo Berdiskusi
Dengan memakai bacaan wacana nelayan Lamalera dan nelayan Pantai Malo, diskusikan hak-hak dan kewajiban apa saja yang dimiliki oleh para nelayan tersebut.Bagaimana dengan warga negara yang lain, contohnya para guru? Bagaimana hak dan kewajiban mereka? Bagaimana dengan kau sebagai siswa? Apa saja hak dan kewajiban kalian?
Gunakan tabel berikut ini untuk melaksanakan analisis terhadap hak dan kewajiban warga negara sesuai cara interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Bandingkanlah hak dan kewajiban para nelayan, para petani, dan juga pelajar ibarat kamu.
Hak Nelayan Lamalrela : Berburu paus di maritim sebagai ladang kehidupan.
Hak Petani : Memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, menjual hasil pertanian.
Hak Pelajar : Memperoleh pendidikan, mendapat sumbangan akomodasi belajar, pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi, memperoleh evaluasi hasil belajar, mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, dan minat.
Kewajiban Lamalrela : Menjaga semoga paus tidak punah.
Kewajiban Petani : Memelihara alam semoga sanggup dimanfaatkan dengan baik.
Kewajiban Pelajar : Rajin sekolah, belajar, tiba sempurna waktu, tidak merusak akomodasi sekolah, mentaati peraturan sekolah.
Diskusikan dan presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas. Dengarkan dan cermatilah ketika kelompok yang lain melaksanakan presentasi. Catatlah hal-hal menarik dari semua presentasi yang dilakukan teman-teman kelasmu. Lalu tuliskanlah kesimpulanmu.
Kesimpulan : Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 103
Ayo Mencoba
Apakah kau melihat persamaan dan perbedaan antara hak dan kewajiban dari para guru, nelayan, dan kau sebagai seorang siswa?Kamu tentu tahu bahwa setiap hak sanggup diusahakan melalui kewajiban, baik kewajiban yang menyangkut hak orang lain, maupun kewajiban pribadi.
Cobalah renungkan, kewajiban apa saja yang harus kau lakukan dan tingkatkan sebagai seorang siswa?
Tuliskanlah beberapa kewajiban yang harus kau tingkatkan ke dalam sebuah kesepakatan yang harus kau ingat untuk dilakukan.
Tuliskanlah dengan kalimat yang terperinci dan singkat sehingga kau gampang mengingatnya di tempat yang disediakan di bawah ini!
Aku Berjanji untuk :
- Rajin Sekolah
- Datang Tepat Waktu.
- Mengumpulkan kiprah sempurna waktu.
- Tidak merusak akomodasi belajar.
- Tidak mencontek
Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 94, 95, 97, 98, 99, 102, 103
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 94, 95, 97, 98, 99, 102, 103 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kunci-jawaban-tema-6-kelas-5-halaman-108.
Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 94, 95, 97, 98, 99, 102, 103"
Posting Komentar