✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43 - Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber berguru di Kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.
Selain membahas perihal soal-soal yang terdapat pada buku siswa tema 6 kelas 6 SD/MI subtema 1 pembelajaran 6, Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43 juga dilengkapi dengan rangkuman materi pembelajaran yang terdapat pada buku tematik tema 6 kelas 6 menuju masyarakat sejahtera.
Pembelajaran Tematik Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 6 ini terdiri dari Mata Pelajaran PPKn, SBDP dan Bahasa Indonesia.
Dalam Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema Menuju Masyarakat Sejahtera terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan balasan yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci balasan soal yang terdapat pada halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43.
Baca Juga :
Tema 6 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 6
Apakah kau termasuk anggota masyarakat yang peduli lingkungan?Peduli lingkungan yang sanggup kau lakukan di antaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan.
Selain itu, masih banyak kepedulian yang sanggup kau lakukan. Misalnya, ikut melestarikan adab dan budaya di lingkunganmu.
Apakah peduli lingkungan merupakan kewajibanmu sebagai warga masyarakat?
Apa bentuk kewajibanmu yang lain?
Ayo Mencoba
Bagaimanakah kau menjalankan kewajiban, baik di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat serta lingkungan bangsa dan negara? Coba ceritakan di depan teman-temanmu.Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 36
Ayo Berlatih
Tuliskan hal-hal berikut.1. Contoh kewajiban di rumah yang sudah kau laksanakan.
Kewajiban di rumah yang sudah dilaksanakan yaitu Kewajiban belajar, Kewajiban membantu orang tua, Kewajiban menjalankan perintah agama.
2. Manfaat yang kau peroleh dengan melakukan kewajiban secara bertanggung jawab.
Melaksananakan kewajiban berguru supaya pintar, melakukan kewajiban membantu orang bau tanah semoga disayang orang tua, melakukan kewajiban menjalankan perintah agama semoga menjadi anak yang sholeh.
3. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melakukan kewajiban.
Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melakukan kewajiban yaitu melaksanakannya dengan tulus dan bertanggung jawab.
Setiap keluarga mempunyai peraturan yang dibentuk secara bantu-membantu oleh anggota keluarga dengan dipimpin kepala keluarga (ayah).
Peraturan dalam keluarga mengikat semua anggota keluarga untuk melaksanakannya secara bertanggung jawab.
Dengan adanya kesadaran setiap anggota keluarga dalam melakukan kewajiban akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keharmonisan dalam keluarga.
Kamu telah mengenal banyak kewajiban, baik kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, maupun sebagai warga negara Indonesia.
Selain itu, kau mempunyai kewajiban terhadap diri sendiri dan lingkungan.
Contoh kewajiban terhadap diri sendiri yaitu menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan sehat.
Cermati bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah”.
Sebelum mencermati bacaan lakukan acara berikut.
Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 37
Ayo Berlatih
Ada bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”. Coba temukan kata kunci pada judul tersebut. Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga asumsi gosip yang terdapat pada teks menurut kata kunci yang kau temukan.Ayo Membaca
Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
Terik matahari seakan memperabukan siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar dari sekolah.Di depan sekolah, banyak sekali jenis jajanan sudah berjajar menanti pelanggan ciliknya.
Panasnya siang menciptakan para siswa tak segan merogoh uang di sakunya untuk membeli minuman masbodoh berwarna merah menyala.
Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yang dicelup ke dalam saus yang tak kalah merah warnanya.
Anak-anak tersebut tidak sadar betapa ancaman menanti mereka. Mereka tidak paham bahwa beberapa tahun ke depan merahnya sirup dan saus tersebut akan menggerogoti organ badan mereka.
Pengawasan Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat.
Hasil pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandung rhodamin, formalin, boraks, serta aksesori buatan dalam kadar tinggi seringkali ditemukan di antara jajanan di sekitar SD (Kompas, 31 Januari 2011).
Sesungguhnya rhodamin yaitu zat pewarna tekstil, sementara formalin yaitu materi pengawet yang juga digunakan untuk mengawetkan jenazah, dan boraks yaitu materi kimia yang kerap digunakan sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen.
Bayangkan reaksi organ badan kita saat mendapatkan bahan-bahan kimia berbahaya tersebut!
Lingkungan di sekitar sekolah patut menerima perhatian khusus terhadap ancaman ini. Mengapa? Siswa sekolah dasar cenderung lebih gampang tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah.
Oleh karenanya, sangat dibutuhkan tugas sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat.
Menyikapi hal ini BPOM menggalakkan agresi nasional menuju makanan jajanan anak sekolah yang aman, sehat, dan bergizi.
Komunitas sekolah menjadi kawan yang akan diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan agresi ini.
Untuk itu orang tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan bergizi serta mengenal gejala makanan yang tidak kondusif dikonsumsi.
Mari kita ciptakan generasi sehat melalui makanan yang sehat!
Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 38
Ayo Berlatih
Setelah membaca teks di atas apakah isi bacaan sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci menurut perkiraanmu? Isi bacaan sesudah membaca semua teks sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci.
Mulai sekarang, perhatikan jajanan sekolah yang aman, sehat, dan bergizi demi memenuhi kewajibanmu menjaga kesehatan tubuh.
Akan lebih aman, bawalah bekal dari rumah yang lebih sehat. Dengan demikian, kau telah melakukan kewajiban terhadap diri sendiri.
Bagaimanakah wujud kewajibanmu terhadap lingkungan?
Ikut melestarikan adab dan budaya di lingkungan tempat tinggal merupakan kewajiban setiap warga masyarakat, termasuk kamu.
Apakah kau mengenal adab dan budaya di lingkunganmu?
Banyak bentuk adab dan budaya bangsa Indonesia, menyerupai alat musik tempat dan lagu-lagu daerah.
Dapatkah kau menyanyikan lagu-lagu tempat yang ada di tempat tempat tinggalmu?
Amatilah banyak sekali gambar permainan alat musik tempat berikut. Kemudian, nyanyikan satu lagu daerah.
Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 40
Ayo Mengamati
Apa musik yang dimainkan pada gambar di atas?
Dari tempat manakah alat musik tersebut?
1. Angklung berasal dari Sunda Jawa Barat.
2. Gamelan bali berasal dari tempat Bali.
3. Tifa berasal dari tempat Maluku dan Papua.
4. Margondang berasal dari Tapanuli atau Sumatra Utara
2. Gamelan bali berasal dari tempat Bali.
3. Tifa berasal dari tempat Maluku dan Papua.
4. Margondang berasal dari Tapanuli atau Sumatra Utara
Ayo Bernyani
Nyanyikan lagu tempat berikut!Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 41
Ayo Berlatih
1. Nyanyikan nada do hingga dengan do tinggi (do`) naik dan turun. Ucapkan nada secara berulang-ulang. Sambil bernyanyi dengarkan suaramu semoga interval nada tepat.2. Nyanyikan lagu di atas. Sebelum menyanyikan syair lagu, terlebih dahulu baca dan nyanyikan dengan solmisasi.
3. Bagaimana interval pada lagu di atas? Banyakkah nada-nada yang sama berturut-turut? Ungkapkan pendapatmu.
Jawaban soal halaman 41 ini dilakukan dengan menyanyikan lagu mariam tomom (praktik).
Ayo Mengamati
Amati isi lagu di atas menurut syairnya. Tanyakan kepada orang yang kau anggap tahu.Kamu juga sanggup meminta orang remaja untuk mencari isi lagu di atas melalui media internet. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.
salendang ma di ginjang
(selendang di bagian/sebelah atas)
kain panjang ma di toru
(kain panjang di bagian/sebelah bawah)
pangeol ni gontingma
(gerakan pinggangmu)
songon dengke ma mangolu
(bagaikan ikan yang hidup)
O Mariam tomong dainang si napang masin
(o meriam bambu ibunda senapan mesin)
(selendang di bagian/sebelah atas)
kain panjang ma di toru
(kain panjang di bagian/sebelah bawah)
pangeol ni gontingma
(gerakan pinggangmu)
songon dengke ma mangolu
(bagaikan ikan yang hidup)
O Mariam tomong dainang si napang masin
(o meriam bambu ibunda senapan mesin)
Ayo Membaca
Memainkan Interval Nada
Kita mengenal jarak antara dua nada sebagai interval.Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval serasi dan interval melodis.
Interval harmonis yaitu dua nada yang dibunyikan secara bersama.
Interval melodis yaitu dua nada yang dibunyikan secara bergantian. Perhatikan teladan berikut.
Interval melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi (ascending interval) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah (descending interval)
Melodi yang baik yaitu melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau bunyi manusia.
Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval mempunyai ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
1. Interval prim ( “prime”), Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman, contohnya do saja.
2. Interval sekon (“secondo”), Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do jikalau dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
3. Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
4. Interval kuart, kuart murni sesalu nyaman didengar (konsonan sempurna) (do-fa).
5. Interval kuint, kuint murni terdengar nyaman (konsonan sempurna), kuint berlebih terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman (do- sol).
6. Interval sekst, sekst besar maupun kecil terdengar nyaman (do-la).
7. Interval septim, biasanya terdengar kurang nyaman (do-si).
8. Interval oktaf, oktaf murni terdengar nyaman (do-do)’.
Ayo Mencoba
Siapkan alat musik pianika atau keyboard, kemudian mainkan interval serasi berikut.Jika tidak ada alat musik tersebut, sanggup memakai alat musik di sekitarmu contohnya angklung.
Bisa juga memakai alat musik buatan sendiri dari botol bekas atau gelas.
Gunakan 7 garis atas botol bekas yang diisi dengan air dengan ketinggian berbeda. Kemudian, mainkan tangga nada berikut.
1. Dari tangga nada c saja, c-d-e-f-g-a-b-c`.
2. Kemudian tangga nada berikut.
Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 43
Setelah kau memainkan interval-interval di atas, apa yang kau rasakan?Apakah ada interval yang nyaman didengar atau tidak nyaman didengar?
Tandai √ pada interval yang nyaman didengar dan tidak nyaman didengar pada tabel berikut.
Jawaban soal tematik halaman 43 ini menurut hasil praktik siswa masing-masing memakai alat musik pianika, angklung atau botol bekas yang diisi air.
Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci balasan tematik kelas 6 tema 6 Subtema 1 pembelajaran 6 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kunci-jawaban-buku-siswa-kelas-6-tema-6.
Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 36, 37, 38, 40, 41, 43"
Posting Komentar