✔ Kunci Balasan Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 46, 50


 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 46, 50

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 46, 50 - Pembelajaran Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn, Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.

Dalam pembelajaran 6 subtema 1 tema Udara Bersih Bagi Kesehatan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang sempurna berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada Halaman 46, 50.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 6

Ayo Mencoba

Suatu sore Lani bersama ayah dan ibu sedang duduk di teras. Teras rumah mereka menghadap taman di depan rumah.

Di taman itu tumbuh aneka tanaman bunga. Di sudut taman juga tumbuh pohon mangga. Suasana di teras rumah terasa sejuk.

Tiba-tiba Lani terbatuk-batuk. Lani mencium amis asap. Kelihatannya seseorang tengah memperabukan sampah daun-daun yang belum kering. Asap sampah yang dibakar itu begitu pekat. Udara jadi terkontaminasi asap.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 46

Ayo Berdiskusi

Ada orang memperabukan sampah berupa daun-daun yang belum kering. Pembakaran sampah itu menjadikan asap tebal. Udara jadi terkontaminasi asap. Banyak orang jadi batuk-batuk jawaban menghirup asap itu.

Menurutmu, bagaimana tindakan orang yang memperabukan sampah itu?

Tindakan orang yang memperabukan sampah merupakan pola tindakan yang tidak bertanggung jawab sebagai warga masyarakat.

Apakah ia memenuhi tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat?

Tidak.

Jika tidak, apa jawaban dari tindakannya itu?

Membakar sampah sanggup berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Menjaga kenyamanan lingkungan merupakan salah satu tanggung jawab warga masyarakat. Apa saja jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Bacalah teks bacaan berikut.

Jenis-Jenis Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab bersifat kodrati dan selalu menempel pada diri setiap individu, terutama dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat.

Sebagai warga masyarakat, setiap individu hendaknya memperhatikan hal-hal yang menjadi tanggung jawabnya semoga tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis. Berikut jenis-jenis tanggung jawab warga masyarakat.

1. Memelihara Ketertiban dan Keamanan Hidup Bermasyarakat

Memelihara ketertiban dan keamanan hidup bermasyarakat menjadi tanggung jawab setiap anggota masyarakat.

Ketertiban dan keamanan hidup bermasyarakat sanggup diupayakan dengan membuat peraturan untuk dipatuhi bersama segenap warga masyarakat.

Sebagai misalnya membuat peraturan jam masyarakat dan aktivitas kegiatan ronda malam.

Peraturan jam masyarakat dan aktivitas kegiatan ronda malam tersebut hendaknya dilaksanakan setiap anggota masyarakat sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

2. Menjaga dan Memelihara Rasa Persatuan dan Kesatuan Masyarakat

Masyarakat merupakan kumpulan dari banyak sekali individu yang mempunyai latar belakang kehidupan berbeda-beda, tetapi mempunyai tujuan yang sama.

Oleh alasannya itu, dalam masyarakat tentu banyak terjadi perbedaan. Meskipun demikian, setiap anggota masyarakat harus tetap menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat.

Dalam menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat hendaknya dipegang prinsip-prinsip dasar sebagai berikut.

a. Membina keserasian, keselarasan, dan keseimbangan dalam banyak sekali lingkungan kehidupan.

b. Saling mengasihi, membina, dan memberi antarsesama.

c. Tidak menonjolkan perbedaan tetapi mencari kesamaan.

Dengan prinsip di atas, kau hendaknya sanggup memperlihatkan perilaku yang mencerminkan sikap menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat menyerupai berikut.

a. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat.

b. Setiap warga masyarakat menuntaskan duduk kasus sosial secara bersama- sama.

c. Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun antargolongan.

d. Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa.

e. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

Dengan membiasakan menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat banyak manfaat yang sanggup kau peroleh. Beberapa manfaat yang dimaksud menyerupai berikut.

a. Terwujudnya kehidupan masyarakat yang serasi, selaras, dan seimbang.

b. Pergaulan antarsesama warga masyarakat akan lebih rukun dan akrab.

c. Terwujudnya sikap saling menyayangi dan saling membantu antarwarga masyarakat.

d. Dapat mengatasi semua perbedaan yang ada dengan penuh kesadaran.

e. Pembangunan nasional akan berjalan lebih baik dan lancar.

f.  Pelaksanaan bantu-membantu akan sanggup berjalan lancar dan baik.

3. Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial sebagai Sesama Anggota Masyarakat

Masyarakat terbentuk atas dasar persamaan tujuan dan budaya antarwarga masyarakat meskipun saling berbeda latar belakang asal usul.

Atas dasar kepentingan bersama yang hendak dicapai dalam masyarakat, setiap warga masyarakat hendaknya sanggup memperkuat korelasi antaranggota dengan mengabaikan perbedaan-perbedaan di antara anggota masyarakat.

Dengan demikian, perbedaan dalam masyarakat menjadi hal yang dianggap masuk akal alasannya mereka sanggup saling bergaul dan saling memaklumi perbedaan-perbedaan yang ada.

Solidaritas (rasa setia kawan) sebagai warga masyarakat terus ditingkatkan dengan mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan langsung atau golongan.

Sikap solidaritas sosial dalam masyarakat mencakup saling membantu, saling peduli, sanggup bekerja sama, dalam mendukung pembangunan wilayah baik secara keuangan maupun tenaga.

Salah satu bentuk solidaritas sosial yaitu kolaborasi atau gotong royong. Gotong royong merupakan suatu bentuk tolong-menolong yang berlaku di tempat perdesaan Indonesia.

Berdasarkan sifatnya bantu-membantu terdiri atas bantu-membantu bersifat tolong menolong dan bersifat kerja bakti. Gotong royong dilakukan untuk menangani permasalahan yang menjadi kepentingan bersama.

4. Menghapuskan Bentuk-Bentuk Tindakan Diskriminasi dalam Kehidupan di Masyarakat untuk Menghindari Perpecahan Masyarakat, Bangsa, dan Negara.

Tiap-tiap warga masyarakat mempunyai persamaan derajat yang harus dijunjung tinggi dan dihentikan diabaikan oleh siapa pun.

Menghormati persamaan derajat bertujuan untuk mencegah terjadinya perpecahan antarwarga masyarakat.

Secara harfiah diskriminasi berarti “perbedaan perlakuan”. Diskriminasi ini mempunyai arti memperlakukan orang atau kelompok (biasanya minoritas) secara berbeda menurut karakteristik menyerupai asal, ras, negara, agama, keyakinan politik atau agama, kebiasaan sosial, jenis kelamin, bahasa, dan usia.

Sebagai warga masyarakat kita mempunyai beberapa tanggung jawab. Tanggung jawab itu harus dilaksanakan untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang nyaman bagi seluruh warga masyarakat.

Begitu pula kehidupan dalam sekolah dan kelas. Sebagai warga sekolah kau mempunyai tanggung jawab. Kini lakukan kegiatan berikut.

Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut bersama teman-teman sekelasmu.

1. Pilihlah salah seorang anggota kelas sebagai pemimpin diskusi.

2. Dengan dipimpin oleh pemimpin diskusi, bagilah seluruh anggota kelas menjadi 4 kelompok: A, B, C, dan D.

3. Kelompok A dan B mencari pola lagu bertangga nada mayor.

4. Kelompok C dan D mencari pola lagu bertangga nada minor.

5. Kelompok A selanjutnya akan berlatih menyanyikan lagu yang telah dipilih diiringi oleh kelompok B.

6. Kelompok C selanjutnya akan berlatih menyanyikan lagu yang telah dipilih diiringi oleh kelompok D.

7. Catatlah hasil kegiatan ini.

Ayo Bercerita

Kamu telah melaksanakan kegiatan diskusi untuk melaksanakan pembagian kiprah mencari dan berlatih lagu bertangga nada mayor dan minor.

Sekarang ceritakan pengalamanmu berdiskusi dalam proses pengambilan keputusan bersama teman-teman sekelasmu. Ceritakan di depan kelas. Lakukan bergantian.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 50

Apa jenis-jenis tanggung jawab warga masyarakat?

Jenis-jenis tanggung jawab warga masyarakkat antara lain yaitu membuat lingkungan yang aman, damai, serta sejahtera, menjaga lingkungan semoga selalu aman, menyerupai mengikuti kegiatan poskamling, menjaga kebersihan lingkungan, ikut serta dalam pembangunan desa.

Apa perbedaan lagu bertangga nada mayor dan lagu bertangga nada minor?

Perbedaan antara tangga nada mayor dan minor, antara lain :
  • Mayor berpola 1-1-1/2-1-1-1-1/2 sedangkan Minor berpola 1-1/2-1-1-1/2-1-1
  • Mayor bersifat Menggembirakan sedangkan Minor bersifat Menyedihkan
  • Mayor bernada dasar C=do sedangkan Minor bernada dasar A=la
  • Mayor jarak tertnya besar (2) sedangkan Minor jarak tertnya kecil (1 ½)
  • Mayor nada terakhirnya do sedangkan Minor nada terakhirnya la

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 46, 50

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 6 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 46, 50 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Balasan Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 46, 50"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel