✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51


soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 - Kunci balasan Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 6 tepatnya terdapat pada halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51.

Selain membahas perihal balasan soal-soal, terdapat juga rangkuman bahan Tema 8 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 6 Subtema 1.

Kunci balasan tematik Tema 8 kelas 5 pada Subtema 1 Pembelajaran 6 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci balasan soal yang terdapat pada buku siswa menyerupai ini diperlukan sanggup membantu akseptor didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berkhasiat pada ketika evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi simpulan tahun (PAT), maupun pada ketika mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 6

Ayo Membaca

Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak

Pada hari Minggu, 11 Desember 2016 digelar program Festival Permainan Tradisional Anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah. Acara ini biasa digelar setiap tahun. Tujuan digelarnya program ini yaitu supaya anak Indonesia mengenal keragaman lingkungan dan kebudayaannya.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Saat ini bawah umur dibanjiri dengan permainan digital melalui alat-alat elektronika. Dengan permainan digital itu anak merasa tidak perlu bermain dengan sahabat sebayanya. Oleh sebab itu, permainan tradisional menjadi jurus ampuh supaya bawah umur kembali kepada nilai-nilai kebersamaan. Hal tersebut setidaknya diutarakan Zaini Alif dari Komunitas Hong ketika di program Festival Permainan Tradisional Anak Indonesia.

Zaini Alif mengatakan, “Permainan tradisional itu aset budaya bangsa yang kini mulai ditinggalkan, sebab munculnya gadget. Kita tidak antipati

pada gadget, tapi bagaimana menyeimbangkan gadget dengan permainan tradisional, sebab permainan tradisional mengajarkan nilai, etika, dan identitas budaya bangsa.”

“Banyak permainan tradisional di Indonesia yang tidak hanya menyajikan keseruan, tapi juga kaya nilai-nilai. Misalnya di Jawa ada permainan bangku oglak aglik, di Sunda ada perepet jengkol, dan sebagainya. Keragaman itu mengajarkan bagaimana kita toleran atas perbedaan. Makara perbedaan bukan menjadi sesuatu yang harus diperdebatkan, justru itu sanggup menjadi suatu keunggulan,” kata Zaini.

Anak-anak zaman kini merupakan generasi emas para pemimpin bangsa di kala 100 tahun Indonesia. Kita mengharapkan tiga puluh tahun lagi generasi ini yaitu generasi yang sanggup mengenali keragaman bangsa, bertoleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 44 & 45

Ayo Berdiskusi

Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tulislah insiden pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”.

Peristiwa pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”:
  • Festival Permainan Tradisional Anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah.
  • Aanak-anak dibanjiri dengan permainan digital melalui alat-alat elektronika.
  • Permainan tradisional menjadi jurus ampuh supaya bawah umur kembali kepada nilai-nilai kebersamaan
  • Permainan tradisional itu aset budaya bangsa yang kini mulai ditinggalkan, sebab munculnya gadget.
  • Permainan tradisional mengajarkan nilai, etika, dan identitas budaya bangsa.
  • Banyak permainan tradisional di Indonesia yang tidak hanya menyajikan keseruan, tapi juga kaya nilai-nilai yang mengajarkan bagaimana kita toleran atas perbedaan.
  • Anak-anak zaman kini merupakan generasi emas para pemimpin bangsa di kala 100 tahun Indonesia. 
  • Dengan Permainan Tradisional diperlukan Anak-anak menjadi generasi yang sanggup mengenali keragaman bangsa, bertoleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

2. Keragaman apa yang disebutkan pada teks?

Keragaman pada teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”: Keragaman Budaya Bangsa.

3. Sikap apa yang sanggup saya tiru dari teks?

Sikap yang sanggup saya tiru dari teks “Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak”: Sikap mengasihi keragaman budaya bangsa, toleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

4. Apa yang sebaiknya kau lakukan dalam upaya ikut melestarikan permainan tradisional?

Tindakan yang sanggup saya lakukan dalam upaya ikut melestarikan permainan tradisional : Mengikuti ekspo permainan tradisional anak, menyeimbangkan penggunaan gedget dan permainan tradisional.

Permainan Dhingklik Oglak Aglik dan Permainan Perepet Jengkol

Permainan Dhingklik Oglak Aglik dan Permainan Perepet Jengkol Permainan dhingklik oglak aglik serupa dengan permainan perepet jengkol. Keduanya merupakan permainan tradisional anak. Permainan dhingklik oglak aglik dimainkan di Jawa Tengah dan permainan perepet jengkol dimainkan di Jawa Barat.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Permainan ini dilakukan dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 3-5 anak. Semua anggota bangun melingkar saling membelakangi dan berpegangan tangan. Kaki kanan atau kaki kiri setiap anggota kelompok kemudian saling bertautan.

Kemudian, dengan satu kaki yang menapak, mereka bergerak melingkar sambil menyanyikan lagu daerah. Kelompok yang paling usang mempertahankan tautan kaki sambil bergerak akan menjadi pemenang. Berikut lagu yang dinyanyikan di Jawa Tengah.

Pasang dhingklik oglak aglik

Yen keceklik adang gogik,

Yu yu mbakyu mangga dhateng pasar blanja,

Leh olehe napa,

Jenang Jagung, enthok-enthok jenang jagung,

enthok-enthok jenang jagung,

enthok-enthok jenang jagung.

Berikut lirik lagu yang dinyanyikan di Jawa Barat.

Perepet jengkol jajahean

Kadempet kohkol jejeretean

Eh jaja eh jaja eh jaja eh jaja

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 47

Tugas :

1. Mainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol bersama teman-temanmu.

a. Apa yang kau rasakan?

Alternatif balasan untuk masing-masing siswa berbeda-beda, tergantung yang siswa rasakan pada ketika memainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol.

b. Nilai-nilai apakah yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol?

Permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol mengajarkan nilai-nilai toleran atas perbedaan. Makara perbedaan bukan menjadi sesuatu yang harus diperdebatkan, justru itu sanggup menjadi suatu keunggulan.

2. Adakah permainan serupa permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol di daerahmu? Jika ada, apa nama permainan itu? Nilai-nilai yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol:

Alternatif balasan di sesuaikan dengan tempat dan lingkungan sekolah siswa.

3. Mainkan salah satu permainan tradisional daerahmu.

Ceritakan pengalamanmu ketika memainkan permainan itu bersama teman-temanmu. Pengalamanku bermain permainan tradisional _________________ :

Alternatif balasan di sesuaikan dengan tempat dan lingkungan sekolah siswa.


Keragaman sosial dan budaya di Indonesia ini mengakibatkan Indonesia kaya. Sepatutnya kita mensyukuri keragaman dan keadaan negara kita.

Lagu berikut merupakan ungkapan syukur kita kepada Tuhan. Ayo, menyanyi bersama.

Ayo Mengamati

Amati baik-baik notasi lagu “Syukur” ini.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 49

Ayo Bercerita

1. Apa judul lagu itu?

Judul lagu tersebut yaitu Syukur.

2. Siapa penciptanya?

Pencipta lagu syukur yaitu H. Mutahar.

3. Apa nada dasar yang digunakan?

Nada dasar yang dipakai yaitu C = la

4. Apa tanda tempo yang digunakan?

Tanda tempo yang dipakai yaitu Andante Sustenuto

5. Apa arti tanda tempo itu?

Tanda tempo tersebut berarti lagu tersebut dinyanyikan dengan kecepatan sedang agak lambat.

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita perihal apakah syair lagu itu?

Lagu syukur menceritakan sebuah ucapan syukur atas karunia yang kuasa terhadap tanah air Indonesia.

Ayo Bernyanyi

Berlatihlah menyanyikan lagu “Syukur”. Berlatihlah terus berulang-ulang sampai kau sanggup bernyanyi dengan baik. Resapi isi syair lagu. Nyanyikan dengan penuh perasaan ungkapan syukur. Perhatikan pengucapan syair lagu supaya terang dan dipahami pendengar.

Ceritakan isi syair lagu “Syukur”.
Nyanyikan lagu “Syukur” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan mana yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.

Pada Pembelajaran 6 kau telah mengetahui lagu “Kampungku” yang bertangga nada diatonis mayor. Sebaliknya, lagu “Syukur” termasuk jenis lagu bertangga nada diatonis minor. Apa maksudnya?

Ayo Membaca

Tangga Nada Diatonis Minor

Tangga nada diatonis minor mempunyai interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 1 ½ 1 1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam, salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor serasi yaitu tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah. Perhatikan teladan urutan tangga nada diatonis minor serasi berikut.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Berikut tangga nada diatonis minor.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.
  1. Lagu bersifat sedih.
  2. Lagu kurang bersemangat.
  3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).
Secara umum lagu bertangga nada diatonis minor bersifat duka dan kurang bersemangat. Namun, ada pula lagu bertangga nada minor yang bangga dan bersemangat, contohnya lagu “Ayam Den Lapeh” dan “Bungong Jeumpa”. Kedua lagu tersebut akan kau pelajari pada Tema 9.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 50 & 51

Ayo Renungkan

Adakah pengetahuan dan keterampilan yang sanggup kau berikan untuk perbaikan lingkungan sekitarmu? Apakah itu?

Pengetahuan dan keterampilan yang sanggup saya berikan untuk perbaikan lingkungan sekitarku yaitu Belajar toleransi dan tangga nada diatonis minor.

Sikap baik apakah yang sanggup mengakibatkan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik?

Sikap baikku yang sanggup mengakibatkan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik yaitu mengenali keragaman bangsa melalui permainan tradisional, toleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) sanggup memperlihatkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kunci-jawaban-buku-siswa-kelas-5-tema-6.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 8 Kelas 5 Halaman 44, 45, 47, 49, 50, 51"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel