✔ Rpp K13 Tema 1 Kelas 4 Indahnya Kebersamaan Tahun 2019-2020
RPP K13 Tema 1 Kelas 4 Indahnya Kebersamaan Tahun 2019/2020 - Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi penerima didik untuk berpartisifasi aktif serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakrarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik.
Untuk itu pada kesempatan ini sanjayaops.com akan membagikan file RPP Kelas 4 Tema 1 mulai dari subtema 1 - 4 yang sanggup dipakai sebagai dokumen manajemen pada pembelajaran semester 1. RPP Tema 1 ini sanggup Anda Download pada link tautan yang sudah disediakan pada tamat artikel ini.
Sebelum mendownload RPP Tema 1, yuk kita lihat terlebih dulu informasi singkat wacana komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP berdasarkan Modul Pelatihan K13 Revisi Terbaru Tahun 2018 Kemdikbud berikut ini.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu planning kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran yaitu kemampuan guru dalam menyusun perencanaan yang tertuang dalam RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku guru, buku siswa, buku teks pelajaran dan refrensi lain yang mendukung.
Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dan atau berkelompok (KKG) di sekolah / madrasah yang sanggup dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah. Model RPP yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 yaitu RPP yang mengintegrasikan penguatan abjad siswa, literasi, kompetensi masa 21, dan HOTS.
Baca Juga :
- RPP Kelas 1 SD Semester 1 Revisi 2018
- RPP Kelas 2 SD Semester 1 Revisi 2018
- RPP Kelas 3 SD Semester 1 Revisi 2018
- RPP Kelas 4 SD Semester 1 Revisi 2018
- RPP Kelas 5 SD Semester 1 Revisi 2018
- RPP Kelas 6 SD Semester 1 Revisi 2018
Menurut Modul Pelatihan Kurikulum 2013 (K13) edisi Revisi Tahun 2018 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, RPP yang baik memerlukan kemampuan guru dalam memfasilitasi pengalaman berguru yang berkesan dan bisa menguatkan abjad siswa. Penguatan nilai-nilai abjad dalam pembelajaran dibutuhkan tidak sebatas tertulis secara administratif, namun nantinya sanggup diterapkan dengan alamiah dalam pembelajaran. Nilai-nilai yang sanggup dikuatkan dalam RPP ada 5 (lima) nilai utama abjad yang terdiri dari :
- Religius, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sehabis beraktivitas.
- Nasionalisme, yaitu cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban dan taat hukum.
- Kemadirian, yaitu disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, dan pembelajar sepanjang hayat.
- Gotong royong, yaitu suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, toleransi, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan dan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.
- Integritas, yaitu jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati kesepakatan dan anti korupsi.
Untuk mencapai hasil yang optimal, guru sanggup memfokuskan pada nilai-nilai yang relevan sesuai dengan ruang lingkup kompetensi dasar dan dinamika pembelajaran. Secarra eksplisit, planning penguatan abjad siswa sanggup dituliskan dalam rumusan tujuan pembelajaran.
Secara simultan, penguatan abjad siswa dibutuhkan sanggup dicapai juga melalui kegiatan penguatan pendidikan abjad berbasis kelas, berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat.
Penguatan pendidikan abjad berbasis budaya sekolah yaitu literasi, sedangkan penguatan pendidikan abjad berbasis kelas yaitu pembelajaran tematik yang memakai kompetensi masa 21, yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kerja sama (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills / HOTS).
Komponen RPP Kelas 4 Kurikulum 2013
Komponen RPP yang baik berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 harus memuat informasi sebagai berikut :- Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan
- Identitas mata pelajaran atau tema / subtema
- Kelas / semester
- Materi pokok
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dana beban berguru dengan mempertimbangakan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
- Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Kompetensi dasar dan indikator pencapai kompetensi.
- Metode pembelajaran, dipakai pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar penerima didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai.
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran.
- Sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber berguru lain yang relevan.
- Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.
- Penilaian hasil pembelajaran.
Prinsip-prinsip penyusunan RPP
Mekanisme pelaksanaan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pertimbangan daya dukung. RPP yang baik hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :- Penguatan abjad siswa melalui PPK berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat diperkaya dengan literasi, kompetensi masa 21, dan HOTS. Integrasi ini sanggup dilakukan pada indikator, tujuan pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, epilog maupun penilaian.
- Perbedaan individual siswa antara lain, kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan siswa.
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan jadwal santunan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidial.
- Penekatan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, evaluasi dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegritas, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Download RPP Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Setelah membaca informasi pengertian RPP, komponen RPP, dan prinsip-prinsip penyusunan RPP, kemudian menyerupai apa teladan format RPP Tema 1? Silakan download RPP Tema 1 dalam format docx pada link tautan berikut ini.- RPP Tema 1 Kelas 4 Subtema 1 (DOWNLOAD)
- RPP Tema 1 Kelas 4 Subtema 2 (DOWNLOAD)
- RPP Tema 1 Kelas 4 Subtema 3 (DOWNLOAD)
- RPP Tema 1 Kelas 4 Subtema 4 (DOWNLOAD)
Demikian Artikel yang Berjudul RPP Tema 1 Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga file RPP Tema 1 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.Artikel yang sedang anda baca ini berjudul RPP Tema 1 Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=rpp-kelas-4-semester-1.
Belum ada Komentar untuk "✔ Rpp K13 Tema 1 Kelas 4 Indahnya Kebersamaan Tahun 2019-2020"
Posting Komentar