✔ Soal Evaluasi Final Tahun (Pat-Pas) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Daerah Tinggalku

 yang dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas  ✔ Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Tempat Tinggalku
Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 4 SD/MI Tema 8 lingkungan tempat tinggalku, jadi bisa dimanfaatkan oleh guru sebagai refrensi dalam menyusun naskah soal.

Selain itu sanggup juga dimanfaatkan oleh penerima didik sebagai sumber mencar ilmu latihan mengerjakan soal, sebagai bentuk persiapan menghadapi ujian semester 2.

Ujian sekolah pada semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS) sedangkan pada semester genap, disebut dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Penilaian Akhir Tahun (PAT) dalam Kurikulum 2013 ialah acara yang dilakukan guru untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa diakhir semester 2.

Cakupan Penilaian terdiri dari seluruh indikator yang mempresentasikan Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari pada Kelas 4 SD/MI semester genap.

Kurikulum 2013 pada kelas 4 masih memakai revisi 2017 berbeda dengan pembelajaran pada kelas 3 dan kelas 6 yang sudah memakai hasil revisi 2018.

Baca Juga : Soal PAT/PAS Kelas 4 Tema 7 Semester 2

Soal Penilaian Akhir Semester/Tahun pada aspek pengetahuan tema lingkungan tempat tinggalku terdiri dari pilihan ganda, esai/isian singkat, dan uraian.

Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu menciptakan kisi-kisi soal yang meliputi muatan pelajaran, kompetensi dasar, indikator soal, jenis soal, bobot/skor, nomor soal dan kunci jawaban.

Kisi-kisi soal tersebut dibentuk menurut Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) pada Tema 8, perlu dilakukan identifikasi proporsi semua KD mata pelajaran yang akan dinilai pada final semester semoga sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan soal yang akan dibuat.

Baca juga : Soal PAT/PAS Kelas 4 Tema 6 Semester 2

Kompetensi Dasar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku

PPKn

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia

3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada insiden di lingkungan sekitar.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

3.3 Mengidentifikasi acara ekonomi dan hubungannya dengan banyak sekali bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar hingga provinsi.

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah.

Contoh Soal Kelas 4 Tema 8

PPKn KD 3.3

1. Yang merupakan keragaman sifat ialah . . .
A. Rambut Lani lurus, rambut Dayu keriting
B. Lani bahagia menari, Dayu bahagia menari
C. Lani beragama islam, Dayu beragama hindu
D. Lani anak yang pemarah, Dayu anak yang sabar

2. Perhatikan beberapa keragaman berikut :
I) menari
II) sepak bola
III) melukis
IV) bulu tangkis
Perbedaan keragaman dalam bidang seni ditunjukan angka . . .
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan IV
D. III dan IV

3. Perbedaan warna kulit, jenis rambut, tinggi badan, dan berat badan, merupakan keragaman karakteristik individu dilihat secara . . .

4. Terhadap sahabat yang mengalamai cacat fisik, kita dilarang . . ..

5. Dita bertubuh paling pendek jikalau dibandingkan dengan teman-teman sekelasnya. Meskipun demikian Dita tidak merasa . . . . . alasannya keadaan tubuhnya ialah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

6. Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa yang sanggup memperkokoh . . . .  bangsa.

Bahasa Indonesia KD 3. 9

8. Tokoh yang mempunyai tabiat baik sehingga disenangi dan dikagumi pembaca, disebut . . .
A. antagonis
B. protagonis
C. utama
D. tambahan
Jawaban :

9. Cerita yang berisi kebodohan atau budi seseorang dan menimbulkan senyuma atau tawa bagi pembaca atau pendengarnya di sebut . . .
A. kisah jenaka
B. fabel
C. sage
D. mite

10. Terjadinya Selat Bali
Manik Angkeran ialah putra Sidhimantra seorang Brahmana. Manik Angkeran dan ayahnya tinggal di kerajaan Daha Bali ketika pulau Bali belum terpisah dengan pulau Jawa. Manik Angkeran suka sekali menghambur-hamburkan harta orang tuanya.

Berulang kali Sidhimantra menasihati anaknya. Namun Manik Angkeran tidak mau mendengarkan hikmah ayahnya. Harta orangtuanya pun dihabiskan. Bahkan, ia berani berhutang kepada orang lain. Pada jadinya Manik Angkeran dikejar-kejar penagih hutang. Sidhimantra tidak tega. Hartanya sudah habis tetapi Sidhimantra tidak mau anaknya celaka.

Tokoh pembantu dari penggalan kisah di atas ialah . . .

11. Kasuari mempunyai tubuh yang besar dan sayap yang lebar. Dia bisa terbang tinggi. Namun, kasuari amat serakah. Dia memetik banyak sekali buah yang telah masak. Buah-buahan tersebut disembunyikannya di bawah sayapnya sehingga burung-burung lain tidak menerima bagian. Burung-burung lain mengetahui keserakahan kasuari. Oleh alasannya itu tidak ada seekor burung pun mau berteman dengannya.

Berdasarkan penggalan kisah tersebut, tokoh utamanya mempunyai sifat antagonis yaitu . . .

12. ......................... Tanpa sengaja kalung itu terjatuh. Permata-permatanya tercerai berai di lantai. Permaisuri sangat sedih. Permaisuri terduduk dan menangis. Tangisan Permaisuri menyayat hati. Seluruh rakyat yang hadir turut menangis. Mereka duka melihat tingkah laris putri yang mereka sayangi.

Tidak disangka, air mata yang tumpah ke lantai bermetamorfosis aliran air. Aliran air menghanyutkan permata-permata yang berseraakan. Air tersebut mengalir ke luar istana dan membentuk danau. Anehnya air danau berwarna-warni menyerupai warna-warna permata kalung putri. Kini danau itu dikenal dengan nama Telaga Warna.

Penggalan kisah tersebut termasuk kisah fiksi jenis . . .

13. Penyabar, jujur, rendah hati, bahagia memberi ialah ciri-ciri tabiat tokoh . . .

14. Apa yang dimaksud dengan tokoh utama?

15. Tuliskan 3 ciri-ciri kisah fiksi!

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) KD 3.4

16. Tarian atau dorongan yang sanggup menghipnotis keadaan suatu benda di sebut . . .
A. gaya
B. tenaga
C. gerak
D. usaha

17. Peristiwa yang menerangkan bahwa gaya sanggup mengubah bentuk benda ialah . . .
A. bola melambung tinggi bila di tendang
B. meja sanggup bergerak bila didorong
C. kaleng minuman penyok bila diinjak
D. sepeda yang melaju akan berhenti bila di rem.

18. Sebuah kendaraan beroda empat mainan sanggup bergerak alasannya adanya gaya yang berupa . . .

19. Mobil yang melaju kencang akan berhenti bila direm. Peristiwa ini membuktikan bahwa gaya sanggup . . .

20. Dinamometer ialah alat untuk mengukur besar kecilnya . . .

21. Bola yang dilempar ke arah dinding akan memantul. Hal ini memperlihatkan bahwa gaya sanggup . . .

22. Apakah yang dimaksud dengan gerak?

23. Tuliskan 3 (tiga) teladan insiden yang memperlihatkan bahwa gaya sanggup mengubah benda membisu menjadi bergerak!

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) KD 3.3

24. Keadaan alam menghipnotis jenis pekerjaan penduduk. Pekerjaan yang bisa dilakukan penduduk di tempat pantai ialah . . .
A. menanam padi
B. menciptakan kerajinan dari kerang
C. bertani sayur-sayuran
D. membuka jasa konsultan hukum

25. Tempat terjadinya acara ekonomi bagi seorang dokter ketika merawat pasiennya ialah . . .

26. Guru, polisi, hakim ialah pekerjaan yang meghasilkan . . .

27. Kegiatan yang dilakukan oleh insan untuk mencari penghasilan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya disebut acara . . . .

28. Pak Andi ialah seorang pengrajin mebel. Dia menciptakan meja, dingklik dan lemari. Hasil yang ia buat lalu dibeli oleh pedagang. Dalam acara ekonomi, Pak Andi berperan sebagai . . .

29.  Distributor merupakan pelaku acara ekonomi yang berperan . . . . . . . . . . . dalam barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

30. Apa yang dimaksud dengan acara konsumsi? Jelaskan!

31. Hasil dari acara produksi sanggup berupa barang dan jasa. Tuliskan 3 teladan produsen yang menghasilkan barang!

Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.2

32. Urutan nada yang disusun secara berjenjang disebut . . .

33. Dalam teks lagu "Yamko Rambe Yamko" ditulis tempo 104, artinya lagu tersebut harus dinyanyikan dalam kecepatan 104 ketukan dalam waktu . . . . .  menit.

34. Apa yang dimaksud dengan tempo? Jelaskan!

Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.3

35. Tari kipas serumpun berasal dari . . . .
A. sumatera selatan
B. sumatera barat
C. bali
D. aceh

36. Tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup usang disebut tari . . .

37. Tuliskan 3 macam unsur tari!

Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.1

 yang dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas  ✔ Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Tempat Tinggalku
38. Gambar tersebut merupakan teladan benda . . .
A. dua dimensi
B. tiga dimensi
C. empat dimensi
D. lima dimensi
39. Kotak pensil, kotak tisu, lemari, kulkas termasuk jenis benda . . .

40. Tuliskan 3 ciri-ciri benda tiga dimensi!

Download Soal UKK Kelas 4 Tema Lingkungan Tempat Tinggalku

Contoh Soal Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI ini terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan SBDP.

Sedangkan soal mata pelajaran matematika dibentuk oleh guru kelas dan diujikan secara terpisah, begitu juga dengan soal ujian mata pelajaran Pendidikan Agama Isalm dan Budi Pekerti (PAdB), serta Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dibentuk secara terpisah oleh guru mata pelajaran masing-masing.

Untuk memudahkan Anda dalam memahami Naskah Soal Ujian Tema 8 Kelas 4 SD/MI Semester 2, Mimin telah menyiapkan Soal tematik dalam bentuk file pdf yang sanggup di download pada link tautan berikut ini:


Semoga dengan adanya teladan soal ujian tersebut sanggup menawarkan refrensi bagi Anda dalam menyusun naskah soal, dan mempermudah melaksanakan penilaian.

Selain itu semoga penerima didik kelas 4 SD/MI sanggup terbantu dalam mempelajari materi-materi Tema 8 yang ada pada soal-soal tersebut untuk persiapan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas.

Demikianlah Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Tempat Tinggalku

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga soal ulangan kenaikan kelas tema 8 kelas 4 ini sanggup menawarkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT/PAS) Tema 8 Kelas 4 Kurikulim 2013 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.

Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Evaluasi Final Tahun (Pat-Pas) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Daerah Tinggalku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel