✔ Soal Evaluasi Tamat Tahun (Pat-Pas) Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita
Soal Tematik Kelas 5 Tema 8 - Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 5 SD/MI Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, jadi sanggup dimanfaatkan oleh guru sebagai refrensi dalam menyusun naskah soal.
Selain itu sanggup juga dimanfaatkan oleh akseptor didik sebagai sumber berguru latihan mengerjakan soal, sebagai bentuk persiapan menghadapi ujian semester 2.
Ujian sekolah pada semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS) sedangkan pada semester genap, disebut dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT).
Penilaian Akhir Tahun (PAT) dalam Kurikulum 2013 yakni kegiatan yang dilakukan guru untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa diakhir semester 2.
Cakupan Penilaian terdiri dari seluruh indikator yang mempresentasikan Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari pada Kelas 5 SD/MI semester genap.
Kurikulum 2013 pada Kelas 5 masih memakai revisi 2017 berbeda dengan pembelajaran pada kelas 3 dan kelas 6 yang sudah memakai hasil revisi 2018.
Soal Penilaian Akhir Semester/Tahun pada aspek pengetahuan tema lingkungan sobat kita terdiri dari pilihan ganda, esai/isian singkat, dan uraian.
Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu menciptakan kisi-kisi soal yang meliputi muatan pelajaran, kompetensi dasar, indikator soal, jenis soal, bobot/skor, nomor soal dan kunci jawaban.
Kisi-kisi soal tersebut dibentuk menurut Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) pada Tema 8, perlu dilakukan identifikasi proporsi semua KD mata pelajaran yang akan dinilai pada final semester semoga sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan soal yang akan dibuat.
Berdasarkan gambar di atas, urutan proses siklus air yang benar yakni . . .
A. 1-2-3
B. 3-2-1
C. 2-3-1
D. 1-3-2
2. Perubahan wujud cair menjadi padat di sebut . . .
A. membeku
B. menguap
C. mengembun
D. mencair
3. Berikut merupakan dua pola akhir penebangan hutan . . .
A. terjadinya longsor dan banjir
B. terjadinya gemba dan tsunami
C. terjadinya angin tornado dan banjir
D. terjadinya angin darat dan angin laut
4. Pengaruh panas matahari terhadap air mengakibatkan air akan . . .
A. mencair
B. menguap
C. membeku
D. mengembun
5. Berikut merupakan tiga sifat air yaitu . . .
A. menempati ruang, permukannya rata, da mempunyai berat
B. selalu membeku, mencair dan menguap
C. mengembun mencair, dan menyublim
D. meresap kemana-mana, permukaannya rata, dam warna selalu jernih
6. Tahap awal siklus air yakni . . .
A. mengembun
B. menguap
C. mencair
D. membeku
7. Indonesia yakni salah satu negara agraris, berikut yang bukan kegiatan ekonomi di bidang agraris . . .
A. perkebunan
B. peternakan
C. perikanan
D. perindustrian
8. Perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara disebut . . .
A. firma
B. koperasi
C. PT
D. BUMN
9. Tujuan koperasi yakni . . .
A. memperoleh laba sebesar-besarnya
B. mensejahterakan anggotanya
C. mengumpukan dana untuk pembangunan
D. menghimpun modal dari anggotanya
10. Bapak koperasi Indonesia yakni . . .
A. Dr. Wahidin
B. Moh. Hatta
C. Adam Malik
D. Jokowi
11. Pengertian budaya yakni . . .
A. Suatu cara hidup untuk berkembang dan dimiiki oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi
B. cara hidup manusia
C. hasil karya manusia
D. sikap yang dilakukan manusia
12. Orang yang melaksanakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen disebut . . .
A. pedagang
B. konsumen
C. distribusi
D. distributor
13. Jenis perjuangan yang eksklusif memanfaatkan sumber daya alam yakni . . .
A. perkebunan
B. perdagangan
C. perindustrian
D. perhotelan
14. Pak Amir yakni seorang nelayan, setiap hari ia menangkap ikan di laut. Menangkap ikan di maritim yang dilakukan pak Amir disebut . . .
A. distributor
B. pertambangan
C. konsumsi
D. produksi
15. Berikut ini kegiatan ekonomi dibidang agraris, kecuali . . .
A. pertanian
B. pertambangan
C. perkebunan
D. perternakan
16. Sikap yang sempurna dalam mengisi kemerdekaan sebagai seorang pelajar adalah, kecuali . . .
A. menonton televisi
B. berguru dengan tekun
C. mengikuti upacara dengan hidmat
D. mengikuti kegiatan yang positif
17. Budaya bangsa atau budaya nasional bersumber dari . . .
A. kebudayaan melayu
B. kebudayaan asing
C. kebudayaan daerah
D. kebudayaan luar
18. Lambang negara kita yakni . . .
A. pancasila
B. burung garuda
C. bhineka Tunggal Ika
D. pohon beringin
19. Keragaman merupakan kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan diberbagai bidang. Keragaman juga dikenal dengan istilah . . .
A. plural
B. estetika
C. etika
D. artistik
20. Salah satu penyebab faktor keberagaman budaya di Indonesia yakni . . .
A. pernah dijajah belanda ratusan tahun
B. kondisi negara yang pernah mengalami krisis
C. kondisi negara berbentuk kepulauan
D. kemajuan teknologi dan komunikasi
21. Keragaman budaya tempat akan memperkaya . . .
A. budaya lokal
B. budaya asing
C. budaya internasional
D. budaya nasional
22. Mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian . . .
A. nelayan
B. pedagang
C. petani
D. pegawai
23. Berikut ini merupakan tiga pola cara menghargai keragaman budaya, kecuali . . .
A. gembira dengan kebudayaan tempat dan nasional
B. melestarikan nilai-nilai budaya yang ada
C. tidak mengejek suku bangsa lain
D. bersikap hirau tak hirau terhadap budaya lain
24. Rumah limas merupakan rumah moral yang berasal dari . . .
A. sumatera barat
B. sumatera utara
C. jawa barat
D. sumatera selatan
25. Pola atau skema yang dilakukan oleh penari dengan berpindah pergerakan posisi disebut . . .
A. pola lantai
B. pola baris
C. pola gerakan
D. pola gaya
Air sangat penting bagi manusia, insan memerlukan air untuk memasak, mencuci, mandi, minum, dan sebagainya.
Sebagian masyarakat ada yang menggali sumur untuk mendapat air. Untuk mengambil air dari dalam sumur memakai timba, bagian-bagian timba meliputi ember, tali, dan katrol. Untuk memakai timba, terlebih dahulu tali disampirkan pada katrol, posisi katrol sanggup dikaitkan pada tiang penyangga yang sempurna berdiri di atas sumur. Salah satu ujung tali yang telah dikaitkan oada katrol diikatkan pada gagang ember, sesudah itu timba ditarik dikala baskom berisi air.
Cara mengambil air dengan timba yaitu dengan menjatuhkan baskom ke dalam sumur sambil salah satu ujung tali timba tetap dipegang. Tali timba yang dipegang dikendurkan supaya baskom dalam sumur tenggelam. Setelah baskom berisi air, timba ditarik pelan-pelan. Saat baskom berisi air hingga di bibir sumur, baskom segera diambil dan airnya dituangkan ke wadah yang telah disiapkan.
26. Bagaimana cara sebagian masyarakat mendapat air?
A. mencari ke sungai
B. menggali sumur
C. langganan PDAM
D. mencari mata air
27. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf pertama yakni . . .
A. mengapa insan memerlukan air?
B. bagaimana cara menggali sumur?
C. pentingkah air bagi manusia?
D. apa manfaat katrol?
28. Ide pokok pada paragraf kedua yakni . . .
A. cara mengambil air dengan timba
B. cara sebagian masyarakat mengambil air
C. manfaat katrol bagi manusia
D. air penting bagi keidupan
29. ......................... nama mu? Kata tanya yang sempurna untuk mengisi titik-titik tersebut yakni . . .
A. apa
B. siapa
C. bagaimana
D. mengapa
30. Perhatikan cara memasak mie berikut!
(1) tuangkan air hangat secukupnya
(2) buka mie dari bungkusnya
(3) siapkan wadahnya
(4) masukkan bumbunya
(5) mie siap dihidangkan
Urutan cara memasak mie yang benar yakni . . .
A. 4-2-3-5-1
B. 4-2-3-1-5
C. 1-4-3-2-5
D. 3-2-1-4-5
1. Istilah lain dari absorpsi air tanah disebut . . .
2. Apabila kita kekurangan minum, maka kita akan mengalami . . .
3. Salah satu perjuangan ekonomi yang berasaskan kekeluargaan yakni . . .
4. Koperasi simpan pinjam disebut juga dengan koperasi . . .
5. Koperasi serba perjuangan yakni . . .
6. Masjid merupakan tempat beribadah umat beragama . . .
7. Rumah limas merupakan rumah moral dari tempat . . .
8. Garis imajiner yang dilalui penari dikala melaksanakan gerak tari disebut . . .
9. Tari serampang dua belas berasal dari . . .
10. Tarian yang mempunyai huruf lincah dengan rangkaian gerak patah-patah merupakan ciri khas tari tempat dari . . .
2. Tuliskan urutan proses terjadinya siklus air!
3. Tuliskan 5 agama yang ada di Indonesia!
4. Tuliskan 3 pola sikap mu sebagai seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan!
5. Tuliskan interval yang terdapat pada tangga nada diatonis mayor!
Sedangkan soal mata pelajaran matematika dibentuk oleh guru kelas dan diujikan secara terpisah, begitu juga dengan soal ujian mata pelajaran Pendidikan Agama Isalm dan Budi Pekerti (PAdB), serta Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dibentuk secara terpisah oleh guru mata pelajaran masing-masing.
Untuk memudahkan Anda dalam memahami Naskah Soal Ujian Tema 8 Kelas 5 SD/MI Semester 2, Mimin telah menyiapkan Soal tematik dalam bentuk file pdf yang sanggup di download pada link tautan berikut ini:
Semoga dengan adanya pola soal ujian tersebut sanggup memperlihatkan refrensi bagi Anda dalam menyusun naskah soal, dan mempermudah melaksanakan penilaian.
Selain itu semoga akseptor didik Kelas 5 SD/MI sanggup terbantu dalam mempelajari materi-materi Tema 8 yang ada pada soal-soal tersebut untuk persiapan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas.
Artikel yang sedang Anda baca ini berjudul Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.
Selain itu sanggup juga dimanfaatkan oleh akseptor didik sebagai sumber berguru latihan mengerjakan soal, sebagai bentuk persiapan menghadapi ujian semester 2.
Ujian sekolah pada semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS) sedangkan pada semester genap, disebut dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT).
Penilaian Akhir Tahun (PAT) dalam Kurikulum 2013 yakni kegiatan yang dilakukan guru untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa diakhir semester 2.
Cakupan Penilaian terdiri dari seluruh indikator yang mempresentasikan Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari pada Kelas 5 SD/MI semester genap.
Baca Juga : Soal UKK Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya
Kurikulum 2013 pada Kelas 5 masih memakai revisi 2017 berbeda dengan pembelajaran pada kelas 3 dan kelas 6 yang sudah memakai hasil revisi 2018.
Soal Penilaian Akhir Semester/Tahun pada aspek pengetahuan tema lingkungan sobat kita terdiri dari pilihan ganda, esai/isian singkat, dan uraian.
Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu menciptakan kisi-kisi soal yang meliputi muatan pelajaran, kompetensi dasar, indikator soal, jenis soal, bobot/skor, nomor soal dan kunci jawaban.
Kisi-kisi soal tersebut dibentuk menurut Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) pada Tema 8, perlu dilakukan identifikasi proporsi semua KD mata pelajaran yang akan dinilai pada final semester semoga sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan soal yang akan dibuat.
Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 8
Soal Pilihan Ganda Kelas 5 Tema 8
1. Perhatikan gambar berikut!Berdasarkan gambar di atas, urutan proses siklus air yang benar yakni . . .
A. 1-2-3
B. 3-2-1
C. 2-3-1
D. 1-3-2
2. Perubahan wujud cair menjadi padat di sebut . . .
A. membeku
B. menguap
C. mengembun
D. mencair
3. Berikut merupakan dua pola akhir penebangan hutan . . .
A. terjadinya longsor dan banjir
B. terjadinya gemba dan tsunami
C. terjadinya angin tornado dan banjir
D. terjadinya angin darat dan angin laut
4. Pengaruh panas matahari terhadap air mengakibatkan air akan . . .
A. mencair
B. menguap
C. membeku
D. mengembun
5. Berikut merupakan tiga sifat air yaitu . . .
A. menempati ruang, permukannya rata, da mempunyai berat
B. selalu membeku, mencair dan menguap
C. mengembun mencair, dan menyublim
D. meresap kemana-mana, permukaannya rata, dam warna selalu jernih
6. Tahap awal siklus air yakni . . .
A. mengembun
B. menguap
C. mencair
D. membeku
7. Indonesia yakni salah satu negara agraris, berikut yang bukan kegiatan ekonomi di bidang agraris . . .
A. perkebunan
B. peternakan
C. perikanan
D. perindustrian
Baca Juga : Soal UKK Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
8. Perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara disebut . . .
A. firma
B. koperasi
C. PT
D. BUMN
9. Tujuan koperasi yakni . . .
A. memperoleh laba sebesar-besarnya
B. mensejahterakan anggotanya
C. mengumpukan dana untuk pembangunan
D. menghimpun modal dari anggotanya
10. Bapak koperasi Indonesia yakni . . .
A. Dr. Wahidin
B. Moh. Hatta
C. Adam Malik
D. Jokowi
11. Pengertian budaya yakni . . .
A. Suatu cara hidup untuk berkembang dan dimiiki oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi
B. cara hidup manusia
C. hasil karya manusia
D. sikap yang dilakukan manusia
12. Orang yang melaksanakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen disebut . . .
A. pedagang
B. konsumen
C. distribusi
D. distributor
13. Jenis perjuangan yang eksklusif memanfaatkan sumber daya alam yakni . . .
A. perkebunan
B. perdagangan
C. perindustrian
D. perhotelan
14. Pak Amir yakni seorang nelayan, setiap hari ia menangkap ikan di laut. Menangkap ikan di maritim yang dilakukan pak Amir disebut . . .
A. distributor
B. pertambangan
C. konsumsi
D. produksi
15. Berikut ini kegiatan ekonomi dibidang agraris, kecuali . . .
A. pertanian
B. pertambangan
C. perkebunan
D. perternakan
16. Sikap yang sempurna dalam mengisi kemerdekaan sebagai seorang pelajar adalah, kecuali . . .
A. menonton televisi
B. berguru dengan tekun
C. mengikuti upacara dengan hidmat
D. mengikuti kegiatan yang positif
17. Budaya bangsa atau budaya nasional bersumber dari . . .
A. kebudayaan melayu
B. kebudayaan asing
C. kebudayaan daerah
D. kebudayaan luar
18. Lambang negara kita yakni . . .
A. pancasila
B. burung garuda
C. bhineka Tunggal Ika
D. pohon beringin
19. Keragaman merupakan kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan diberbagai bidang. Keragaman juga dikenal dengan istilah . . .
A. plural
B. estetika
C. etika
D. artistik
20. Salah satu penyebab faktor keberagaman budaya di Indonesia yakni . . .
A. pernah dijajah belanda ratusan tahun
B. kondisi negara yang pernah mengalami krisis
C. kondisi negara berbentuk kepulauan
D. kemajuan teknologi dan komunikasi
21. Keragaman budaya tempat akan memperkaya . . .
A. budaya lokal
B. budaya asing
C. budaya internasional
D. budaya nasional
22. Mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian . . .
A. nelayan
B. pedagang
C. petani
D. pegawai
23. Berikut ini merupakan tiga pola cara menghargai keragaman budaya, kecuali . . .
A. gembira dengan kebudayaan tempat dan nasional
B. melestarikan nilai-nilai budaya yang ada
C. tidak mengejek suku bangsa lain
D. bersikap hirau tak hirau terhadap budaya lain
24. Rumah limas merupakan rumah moral yang berasal dari . . .
A. sumatera barat
B. sumatera utara
C. jawa barat
D. sumatera selatan
25. Pola atau skema yang dilakukan oleh penari dengan berpindah pergerakan posisi disebut . . .
A. pola lantai
B. pola baris
C. pola gerakan
D. pola gaya
Untuk menjawab soal nomor 26-28 perhatikan perihal berikut!
Air Sumber KehidupanAir sangat penting bagi manusia, insan memerlukan air untuk memasak, mencuci, mandi, minum, dan sebagainya.
Sebagian masyarakat ada yang menggali sumur untuk mendapat air. Untuk mengambil air dari dalam sumur memakai timba, bagian-bagian timba meliputi ember, tali, dan katrol. Untuk memakai timba, terlebih dahulu tali disampirkan pada katrol, posisi katrol sanggup dikaitkan pada tiang penyangga yang sempurna berdiri di atas sumur. Salah satu ujung tali yang telah dikaitkan oada katrol diikatkan pada gagang ember, sesudah itu timba ditarik dikala baskom berisi air.
Cara mengambil air dengan timba yaitu dengan menjatuhkan baskom ke dalam sumur sambil salah satu ujung tali timba tetap dipegang. Tali timba yang dipegang dikendurkan supaya baskom dalam sumur tenggelam. Setelah baskom berisi air, timba ditarik pelan-pelan. Saat baskom berisi air hingga di bibir sumur, baskom segera diambil dan airnya dituangkan ke wadah yang telah disiapkan.
26. Bagaimana cara sebagian masyarakat mendapat air?
A. mencari ke sungai
B. menggali sumur
C. langganan PDAM
D. mencari mata air
27. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf pertama yakni . . .
A. mengapa insan memerlukan air?
B. bagaimana cara menggali sumur?
C. pentingkah air bagi manusia?
D. apa manfaat katrol?
28. Ide pokok pada paragraf kedua yakni . . .
A. cara mengambil air dengan timba
B. cara sebagian masyarakat mengambil air
C. manfaat katrol bagi manusia
D. air penting bagi keidupan
29. ......................... nama mu? Kata tanya yang sempurna untuk mengisi titik-titik tersebut yakni . . .
A. apa
B. siapa
C. bagaimana
D. mengapa
30. Perhatikan cara memasak mie berikut!
(1) tuangkan air hangat secukupnya
(2) buka mie dari bungkusnya
(3) siapkan wadahnya
(4) masukkan bumbunya
(5) mie siap dihidangkan
Urutan cara memasak mie yang benar yakni . . .
A. 4-2-3-5-1
B. 4-2-3-1-5
C. 1-4-3-2-5
D. 3-2-1-4-5
Baca Juga : Soal UKK Tema 8 Kelas 4 dan Kunci Jawaban
Soal Isian Singkat Tema 8 Kelas 5
1. Istilah lain dari absorpsi air tanah disebut . . .
2. Apabila kita kekurangan minum, maka kita akan mengalami . . .
3. Salah satu perjuangan ekonomi yang berasaskan kekeluargaan yakni . . .
4. Koperasi simpan pinjam disebut juga dengan koperasi . . .
5. Koperasi serba perjuangan yakni . . .
6. Masjid merupakan tempat beribadah umat beragama . . .
7. Rumah limas merupakan rumah moral dari tempat . . .
8. Garis imajiner yang dilalui penari dikala melaksanakan gerak tari disebut . . .
9. Tari serampang dua belas berasal dari . . .
10. Tarian yang mempunyai huruf lincah dengan rangkaian gerak patah-patah merupakan ciri khas tari tempat dari . . .
Soal Uraian Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
1. Bagamana cara menghadapi pengaruh krisi air bersih?2. Tuliskan urutan proses terjadinya siklus air!
3. Tuliskan 5 agama yang ada di Indonesia!
4. Tuliskan 3 pola sikap mu sebagai seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan!
5. Tuliskan interval yang terdapat pada tangga nada diatonis mayor!
Download Soal UKK Kelas 5 Tema Lingkungan Sahabat Kita
Contoh Soal Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI ini terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan SBDP.Sedangkan soal mata pelajaran matematika dibentuk oleh guru kelas dan diujikan secara terpisah, begitu juga dengan soal ujian mata pelajaran Pendidikan Agama Isalm dan Budi Pekerti (PAdB), serta Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dibentuk secara terpisah oleh guru mata pelajaran masing-masing.
Untuk memudahkan Anda dalam memahami Naskah Soal Ujian Tema 8 Kelas 5 SD/MI Semester 2, Mimin telah menyiapkan Soal tematik dalam bentuk file pdf yang sanggup di download pada link tautan berikut ini:
Semoga dengan adanya pola soal ujian tersebut sanggup memperlihatkan refrensi bagi Anda dalam menyusun naskah soal, dan mempermudah melaksanakan penilaian.
Selain itu semoga akseptor didik Kelas 5 SD/MI sanggup terbantu dalam mempelajari materi-materi Tema 8 yang ada pada soal-soal tersebut untuk persiapan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas.
Demikianlah Artikel yang Berjudul Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga gosip yang disampaikan dalam postingan ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.Artikel yang sedang Anda baca ini berjudul Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.
Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Evaluasi Tamat Tahun (Pat-Pas) Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita"
Posting Komentar