✔ Soal Evaluasi Final Tahun (Pat-Pas) Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku
Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 4 SD/MI Tema 6 Cita-Citaku, jadi sanggup dimanfaatkan oleh guru sebagai refrensi dalam menyusun naskah soal.
Selain itu sanggup juga dimanfaatkan oleh akseptor didik sebagai sumber berguru latihan mengerjakan soal, sebagai bentuk persiapan menghadapi ujian semester 2.
Ujian sekolah pada semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS) sedangkan pada semester genap, disebut dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT).
Baca Juga : Soal Ujian Kelas 4 SD Tema 7 Semester 2
Penilaian Akhir Tahun (PAT) dalam Kurikulum 2013 yaitu aktivitas yang dilakukan guru untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa diakhir semester 2.
Cakupan Penilaian terdiri dari seluruh indikator yang mempresentasikan Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari pada Kelas 4 SD/MI semester genap.
Kurikulum 2013 pada kelas 4 masih memakai revisi 2017 berbeda dengan pembelajaran pada kelas 3 dan kelas 6 yang sudah memakai hasil revisi 2018.
Soal Penilaian Akhir Semester/Tahun pada aspek pengetahuan tema Cita-Citaku terdiri dari pilihan ganda, esai/isian singkat, dan uraian.
Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, guru perlu menciptakan kisi-kisi soal yang meliputi muatan pelajaran, kompetensi dasar, indikator soal, jenis soal, bobot/skor, nomor soal dan kunci jawaban.
Baca Juga : Soal Ujian Kelas 4 Tema 8 Semester 2
Kisi-kisi soal tersebut dibentuk menurut Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) pada Tema 6, perlu dilakukan identifikasi proporsi semua KD mata pelajaran yang akan dinilai pada simpulan semester biar sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan soal yang akan dibuat.
Kompetensi Dasar Tema Cita-Citaku
Bahasa Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara verbal dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.PPKn
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkatkota/kabupaten hingga tingkat provinsi.Contoh Soal Kelas 4 Tema 6
Bahasa Indonesia KD 3.6
1. Berikut merupakan ciri puisi usang adalah....A. jumlah bait terbatas
C. mempunyai rima yang teratur
B. jumlah larik dalam satu bait tidak terbatas
D. mempunyai bentuk yang simetris
2. Langkah pertama dalam menciptakan puisi adalah....
A. memilih tema Puisi
C. memilih kerangka Puisi
B. memilih pembaca Puisi
D. memilih kata-kata dalam puisi
3. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang disebut . . .
A. Bait Puisi
B. Baris Puisi
C. Kalimat Puisi
D. Kata Puisi
4. Puisi terdiri atas kumpulan kata yang tersusun menjadi . …
5. Bunyi vokal simpulan pada baris-baris puisi disebut . . .
6. Tuliskan 3 Ciri-ciri puisi!
PPKn KD 3.3
7. Keragaman di lndonesia menjadi modal utama dalam....A. mengusulkan pemekaran wilayah
C. mempererat semangat suku bangsa
B. mempertahankan keutuhan NKRI
D. mengembangkan semangat kesukuan
8. Salah satu perilaku kasatmata dalam menghadapi perbedaan ras antarteman yaitu . . . .
A. menutup diri terhadap ras lain
C. waspada terhadap efek ras lain
B. membatasipergaulan dengan
D. bergaul tanpa mempermasalahkan ras lain perbedaan ras
9. Ras Melanesoid antar lain mendiami daerah....
A. Mentawai
C. Jarnbi
B. Papua
D. Riau
10. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang . . .
11. Umat agama Hindu merayakan hari raya . . .
12. Sebutkan 6 agama dan pola hari perayaannya!
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) KD 3.2
13. Proses metamorfosis pada belalang sehabis bertelur yaitu . . .A. Nimpa tak bersayap
B. Nimpa Bersayap
C. Belalang dewasa
D. Belalang cukup umur siap berteluar
14. Ular di sawah dihentikan diburu hingga habis. Ular mempunyai kegunaan untuk . . . .
A. menyuburkan padi
C. mengurangi populasi ulat
B. memangsa hama tikus
D. menjaga sawah dari pencurian
15. Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami . . .
A. Metamorfosis
B. Perubahan Warna
C. Perkembang biakan
D. Pendewasaan
16. Berudu bernafas memakai . . .
17. Kecoa yaitu binatang yang mengalami metamorfosis . . .
18. Tuliskan tahapan metamorfosis katak dengan lengkap!
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) KD 3.1
19. Orang yang menekuni bidang pertanian disebut....A. peternak
C. pelayan
B. nelayan
D. petani
20. Kegiatan yang paling sempurna bagi masyarakat di wilayah dataran tinggi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yaitu usaha....
A. pertanian
C. perindustrian
B. perkebunan
D. penangkapan ikan
Baca Juga : Soal UTS/PTS Kelas 4 Tema 7 Semester 2
21. Sumber daya alam nonhayati antara lain ….
A. tanah, air, dan ikan
C. batu, pasir, dan air
B. emas, perak, dan padi
D. minyak bumi, kapur, dan udara
22. Orang yang mata pencahariannya menangkap ikan disebut …
23. Di dataran rendah biasanya orang sanggup menanam . .
24. Tuliskan 3 manfaat tumbuhan dan binatang sebagai sumber daya alam hayati!
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.2
25. Lagu "lndonesia Pusaka" dinyanyikan dengan tempo....A. adagio
C. moderato
B. andate
D. cepat
26. Lagu dengan tempo andante dinyanyikan dengan tempo . . . .
A. lambat
C. cepat
B. sedang
D. moderato
27. Tuliskan pengertian tempo lagu!
KD 3.3
28. Kejadian di sekitar sanggup menjadi sumber ilham gerakan tari. Salah satu gerakan khas dalam tari Saman adalah. …A. menepuk dada
B. melepas topeng
C. menggoyangkan leher
D. mengibaskan selendang
29. Tari yang berasal dari Nangroe Aceh Darussalam yaitu . . .
A. lilin
B. kecak
C. Tor-Tor
D. Seudati
KD 3.4
30. Berikut unsur yang harus diperhatikan dalam menciptakan mozaik yaitu . . . .A. gambar
C. komposisiwarna
B. alat dan bahan
D. teknik pembuatan
31. Kolase yaitu teknik untuk menciptakan karya seni rupa dua dimensi dengan cara . . .
32. Apa yang dimaksud dengan mozaik?
Download Soal UKK Kelas 4 Tema Cita-Citaku
Contoh Soal Kurikulum 2013 Kelas 4 SD/MI ini terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan SBDP.Baca juga : Soal Ujian Kelas 4 Tema 9 Semester 2
Sedangkan soal mata pelajaran matematika dibentuk oleh guru kelas dan diujikan secara terpisah, begitu juga dengan soal ujian mata pelajaran Pendidikan Agama Isalm dan Budi Pekerti (PAdB), serta Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dibentuk secara terpisah oleh guru mata pelajaran masing-masing.
Untuk memudahkan Anda dalam memahami Naskah Soal Ujian Tema 6 Kelas 4 SD/MI Semester 2, Mimin telah menyiapkan Soal tematik dalam bentuk file pdf yang sanggup di download pada link tautan berikut ini:
Semoga dengan adanya pola soal ujian tersebut sanggup memperlihatkan refrensi bagi Anda dalam menyusun naskah soal, dan mempermudah melaksanakan penilaian.
Selain itu semoga akseptor didik kelas 4 SD/MI sanggup terbantu dalam mempelajari materi-materi Tema 6 yang ada pada soal-soal tersebut untuk persiapan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas.
Download Juga :
- Soal PAT Kelas 5 Tema 6 Semester 2
- Soal PAT Kelas 5 Tema 7 Semester 2
- Soal PAT Kelas 5 Tema 8 Semester 2
- Soal PAT Kelas 5 Tema 9 Semester 2
- Soal PAS Kelas 5 Tema 1 Semester 1
- Soal PAS Kelas 5 Tema 2 Semester 1
Demikian artikel yang berjudul Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga info yang disampaikan dalam postingan kami kali ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para pembaca semuanya.Jangan lupa untuk membuatkan artikel ini dengan teman-teman Anda, ataupun sejawat yang sama-sama berprofesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar.
Artikel yang sudah anda baca ini berjudul Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.
Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Evaluasi Final Tahun (Pat-Pas) Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku"
Posting Komentar