✔ Pemetaan Kd Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2



 dipakai sebagai dasar perancangan aktivitas penilaian ✔ Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2

Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2 - Download Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Pemetaan KD Kurikulum 2013 dipakai sebagai dasar perancangan aktivitas penilaian, baik yang bersifat harian, tengah semester maupuan per semester.

Contoh Pemetaan KD Kurikulum 2013 dalam format file Ms. Excel sanggup Anda downolad pada link yang sudah sanjayaops.com sediakan di simpulan artikel ini.

Oh ya, untuk review artikel ini sanggup memakai kata kunci Pemetaan KD K13, Perangkat pembelajaran K13 SD/MI, kurikulum 2013. Selamat membaca.

Judul : Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2

KD Kelas 1 Kurikulum 2013 semester 1 & Semester 2 pada setiap tema dipetakan kedalam 4 subtema pembelajaran, masing-masing subtema pembelajaran terdiri dari 6 pembelajaran.

Setiap pembelajaran pada pemetaan kd Kelas 1 Kurikulum 2013 semester 1 & semester 2 ini saya susun sesuai buku guru Kelas 1 edisi revisi 2017.

KD Kurikulum 2013 yang terdapat pada pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 2 dalam bentuk file excel.

Terdiri dari KD K13 dari K1-1 (sikap spiritual), KD K13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan).

KD K13 dari aspek perilaku spiritual (KI-1) dan KD K13 dari aspek perilaku sosial (KI-2) hanya terdapat pada mata pelajaran PPKn dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Untuk Pemetaan KD K13 Kelas 1 mata pelajaran pendidikan agama dan kebijaksanaan pekerti dipetakan secara tersendiri sebab tidak termasuk kedalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 revisi 2017.


Melakukan pemetaan kd kurikulum 2013 pada kelas 1 semester 1 dan semester 2 tentunya sangat perlu dilakukan sebab sanggup mempermudah dalam melaksanakan penilaian hasil berguru penerima didik,

mempermudah menciptakan soal evaluasi, mempermudah dalam menciptakan kisi-kisi soal serta sanggup mempermudah dalam melaksanakan analisis soal.

Berikut ini deskripsi setiap kd yang terdapat dalam pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 yang muncul pada buku guru kelas 1 semester 1 revisi 2017.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran PPKn

3.2 Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan aktivitas sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda Pancasila”.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara ekspresi dan tulis yang sanggup dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang sempurna untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk ekspresi dan tulis.

Baca juga : RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 5 Semester 2 Revisi 2018

3.3 Menguraikan lambang suara vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
4.3 Melafalkan suara vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.4 Menentukan kosakata perihal anggota badan dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyampaikan klarifikasi (berupa gambar dan tulisan) perihal anggota badan dan panca indera serta perawatannya memakai kosakata bahasa Indonesia dengan proteksi bahasa tempat secara ekspresi dan/atau tulis.
3.1 Menjelaskan aktivitas persiapan membaca permulaan (cara duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, menentukan tempat dengan cahaya yang terang, dan tabiat membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan aktivitas persiapan membaca permulaan (duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, menentukan tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
3.2 Mengemukakan aktivitas persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2 Mempraktikkan aktivitas persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, menciptakan garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak aneka macam bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk karakter di tempat bercahaya terang) dengan benar.
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
3.5 Mengenal kosakata perihal cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan klarifikasi perihal cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang sempurna dan dibantu dengan bahasa daerah.
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan insiden siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.7 Menyampaikan klarifikasi dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa tempat mengenai insiden siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan memakai bahasa yang santun secara ekspresi dan goresan pena yang sanggup dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan memakai bahasa yang santun kepada orang lain secara ekspresi dan tulis.
3.10 Menguraikan kosakata kekerabatan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
4.10 Menggunakan kosakata yang sempurna dalam percakapan perihal kekerabatan kekeluargaan dengan memakai proteksi gambar/bagan silsilah keluarga.


Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran Matematika

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
4.1 Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
3.2 Menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan memakai kumpulan benda nyata serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan hingga dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan wangsit nilai tempat.
3.3 Membandingkan dua bilangan hingga dua angka dengan memakai kumpulan benda benda konkret.
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan hingga dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan memakai kumpulan benda-benda konkret.
3.4 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99.
3.6 Mengenal bangkit ruang dan bangkit datar dengan memakai aneka macam benda konkret.
4.6 Mengelompokkan bangkit ruang dan bangkit datar menurut sifat tertentu dengan memakai aneka macam benda konkret.
3.5 Mengenal contoh bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
4.5 Memprediksi dan menciptakan contoh bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku memakai benda/situasi konkret.
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan memakai benda/situasi konkret.


Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran SBDP

3.2 mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2 menirukan elemen musik melalui lagu.
3.3 mengenal  gerak anggota badan melalui tari.
4.3 meragakan gerak anggota badan melalui tari.
3.1 mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
4.1 menciptakan karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
3.4 mengenal materi alam dalam berkarya.
4.4 menciptakan karya dari materi alam.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran PJOK

3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, potongan badan yang boleh dan dilarang disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, potongan badan yang boleh dan dilarang disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
3.4 Memahami menjaga perilaku badan (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara elastis serta seimbang dalam rangka pembentukan badan melalui permainan sederhana dan atau  tradisional.
4.4 Mempraktikkan perilaku badan (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara elastis serta seimbang dalam rangka pembentukan badan melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Memahami gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 Memahami contoh gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan contoh gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


Deskripsi pemetaan kd Kelas 1 K13 semester 1 tersebut merupakan kd yang muncul pada pembelajaran semester 1 menurut buku guru Kelas 1 edisi revisi 2017.

Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 edisi revisi 2017 silakan download pada link berikut:

Demikian info perihal pemetaan kd kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 & semester 2

Jika Anda membutuhkan Pemetaan KD Kurikulum 2013 Semester 2 Revisi 2018 silakan mengunjungi artikel perihal Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 2. semoga bermanfaat.

Jika bapak/ibu menemukan ketidak sesuaian antara KD yang terdapat dalam pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 dan dan semester 2 ini dengan kd yang terdapat pada buku guru Kelas 1 semester 1 dan semester 2 revisi 2017, mohon biar sudi kiranya berkomentar pada kolom komentar biar sanggup dilakukan perbaikan.

Baca juga :

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 dan semester 2.

Link artikel ini yaitu https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=pemetaan-kd-kelas-1-k13-semester-1-2018-2019.

Belum ada Komentar untuk "✔ Pemetaan Kd Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel