✔ Proses Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

merupakan proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil bela ✔ Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
.com - Proses Penilaian Kurikulum 2013 merupakan proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik.

Mengelola pembelajaran, dan penilaian kurikulum 2013 yang bermutu yaitu kiprah satuan pendidikan dan guru sebagai tenaga pendidik.

Proses evaluasi kurikulum 2013 dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Dalam Juknis Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru dijelaskan bahwa Penilaian formatif berfungsi memberi umpan balik terhadap kemajuan berguru siswa, memperbaiki proses pembelajaran, dalam rangka meningkatkan prestasi belajar. Penilaian sumatif berfungsi menilai pencapaian akseptor didik dalam suatu periode tertentu.

Judul : Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Link : Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Rekomendasi Bacaan



Cara melaksanakan evaluasi hasil berguru siswa sudah di atur dalam Panduan Penilaian kurikulum 2013 Revisi 2017, yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Cara Penilaian Kurikulum 2013 SD
Ada 4 aspek evaluasi kurikulum 2013, yaitu evaluasi perilaku spiritual, perilaku sosial, Pengetahuan dan Keterampilan.

Penilaian perilaku yaitu evaluasi terhadap prilaku siswa dalam proses pembelajaran. Cara Penilaian Sikap Spiritual yaitu dengan mengamati kompetensi perilaku spiritual (KI-1), yaitu menerima, menjalankan dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya, yang kemudian dituangkan dalam Rubrik Penilaian Sikap Spiritual.

Sedangkan cara menilai Sikap Sosial yaitu dengan mengamati Kompetensi Sikap Sosial (KI-2), ibarat jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara.

Panduan Penilaian kurikulum 2013 pdf revisi terbaru, sanggup anda download pada link di selesai artikel ini, yang tentunya sangat bermanfaat dalam proses evaluasi kurikulum 2013.

Format Penilaian Kurikulum 2013
Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013, Format Penilaian Kurikulum 2013 dibuat dengan memakai rubrik, cara menciptakan rubrik evaluasi K13 bisa dilihat pada buku panduan evaluasi kurikulum 2013 SD. atau bisa juga menyebarkan rubrik-rubrik evaluasi yang sudah tersedia pada buku guru kurikulum 2013.

Pelaksanaan Penilaian Sikap Kurikulum 2013
Pelaksanaan Penilaian Sikap dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang dilakukan, baik pada ketika pembelajaran, maupun diluar pembelajaran.

Prosedur Penilaian Sikap Kurikulum 2013
  • mengamati prilaku siswa, prilaku yang diamati selama proses pembelajaran berlangsung, maupun diluar jam pembelajaran.
  • mencatat perilaku prilaku siswa dengan keterangan sangat baik, baik, cukup, dan sudah mampu.
Cara Mengelolah Penilaian Sikap
Hasil Penilaian perilaku direkap oleh guru, minimal dua kali dalam satu semester. Hasil evaluasi perilaku dibentuk dalam bentuk deskripsi evaluasi perilaku dan dilaporkan ke kepala sekolah dan orang renta siswa dalam bentuk buku rapor.

Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013
Penilaian Pengetahuan (KI-3) diukur melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian dalam bentuk tes tertulis dilakukan melalui evaluasi harian, evaluasi tengah semester, dan evaluasi akhir.

Penilaian Pengetahuan Kurikulum 2013 dihitung per KD Muatan Pelajaran, Nilai rata-rata KD Muatan Pelajaran kemudian dijadikan nilai akhir.

Nilai KD ditentukan dengan Rumus
(Skor Perolehan : Skor Maksimum) x 100

Pengolahan Hasil Penilaian Pengetahuan
Hasil Penilaian Pengetahuan K13, diolah secara kuantitatif, dengan memakai angka bilangan bundar tanpa desimal (0-100), predikat dan deskripsi.

Deskripsi dalam penilaian kurikulum 2013 berupa kalimat nyata ihwal pencapaian kemampuan siswa dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD.

Menentukan Nilai Akhir
Cara memilih Nilai Akhir (NA) setiap KD sanggup dilakukan sesuai acara evaluasi yang dilakukan dan pembobotan. Perhitungan NA KD menurut hasil perhitungan pada NPH, NPTS dan NPAS dengan rumus:
NA KD = ((2xNPH) + NPTS + NPAS) / 4
Catatan penting yang perlu diketahui yaitu jikalau suatu KD muatan pelajaran tidak muncul di Penilaian Tengah Semester (PTS), maka perhitungan penilaian kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
NA KD = ((2xNPH + NPAS)/3
Terdapat perbedaan pada jumlah pembaginya, jikalau semua KD diujikan pada acara PTS, maka pembaginya yaitu empat, namun jikalau ada KD yang tidak diujikan pada acara Perguruan Tinggi Swasta maka pembaginya yaitu tiga.

Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Pdf
Jika anda memakai aplikasi dalam format excel dalam mengolah nilai rapor Kurikulum 2013, sebaiknya anda juga memahami Sistem evaluasi kurikulum 2013 yang terdapat pada juknis. Hal ini untuk mengetahui seberapa efektifkah aplikasi yang anda gunakan, tata cara perhitungan nilainya apakah sudah sesuai dengan juknis kurikulum 2013 revisi terbaru, Jika anda membutuhkan juknis sistem evaluasi Kurikulum 2013 PDF, silakan download pada link berikut ini:

Download Juknis Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru (unduh)

Demikian Informasi Tentang Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Terima kasih sudah membaca artikel ini, jikalau ada pertanyaan ihwal cara evaluasi k13, silakan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang tersedia di selesai artikel ini. Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Proses Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. link artikel ini yaitu https://www.sanjayaops.com.2018/11/penilaian-kurikulum-2013-revisi-terbaru.html

Belum ada Komentar untuk "✔ Proses Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel