✔ Cara Melaksanakan Evaluasi Tengah Semester (Pts) Kurikulum 2013 Sd Edisi Revisi 2018

Hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 Telah dibagikan kepada akseptor didik SDN 1 Babat. 

Dari hasil Perguruan Tinggi Swasta tersebut ada beberapa orang bau tanah siswa yang menanyakan wacana prosedur Deskripsi pada rapor anaknya, ini merupakan hal konkret yang patut kita apresiasi sebagai bentuk kemitraan orang bau tanah wali murid dengan sekolah terjalin baik. 

Menindak lanjuti ha tersebut, berikut kami sampaikan sekilas prosedur pengolahan nilai Perguruan Tinggi Swasta kurikulum 2013 di SDN 1 Babat. Perhatikan gambar berikut :


Pada soal tersebut untuk tema 1 muatan pelajaran bahasa indonesia terdapat 2 Kompetensi Dasar yang di uji, yaitu Kompetensi Dasar (KD) 3.1 dan Kompetensi Dasar (KD) 3.4. Dengan pembagian soal dan bobot /skor soal sebagai berikut :
KD 3.1
Jenis soal                     : pilihan ganda
Jumlah Soal                 : 2 
Skor maksimal             : 2 (1 soal skornya 1)

KD 3.4
Jenis soal                     : pilihan ganda 1 dan Esai 2
Jumlah Soal                 : 3
Skor maksimal            : 5 (pilihan ganda skor 1 dan esai skor 2)

Selanjutnya pada tema 2 terdapat  1 Kompetensi Dasar (KD) yang di uji, yaitu KD 3.2. Dengan pembagian soal dan bobot /skor soal sebagai berikut :
KD 3.2
Jenis soal                     : pilihan ganda 4 dan Esai 1
Jumlah Soal                 : 5
Skor maksimal             : 6 (pilihan ganda skor 1 dan esai skor 2)

Bagaimana cara pengolahan nilanya ?????????????????
Sebentar saya ngopi dulu ya . . . . . .  . . !!!!

OK, kita lanjutkan.......!!!

Perhatikan lagi soal pada gambar di atas.

KD 3.1
Dari 2 soal semuanya salah
maka untuk KD 3.1, anak tersebut mendapat nilai Nol (0)

KD 3.4 (Skor Seluruh Soal = 5)
Soal nomor 3   : Skor 1
Soal nomor 4   : Skor 2
Soal nomor 5   : Skor 2

Dari 3 soal semuanya benar
Maka untuk KD 3.4 nilainya 100, dari mana sanggup 100, berikut penjelasannya :
Nilai    = (jumlah skor perolehan  / skor maksimal) x 100
            = (5 / 5) x 100
            = 100




KD 3.2 (Skor Seluruh Soal = 6)
Soal nomor 1   : Skor 1
Soal nomor 2   : Skor 1
Soal nomor 3   : Skor 1
Soal nomor 4   : Skor 1
Soal nomor 5   : Skor 2
Dari 5 soal, hanya 1 soal yang benar yaitu soal nomor 2 dengan bobot /skor soal berjumlah 1.

Maka untuk KD 3.2 nilainya yaitu :
Nilai    = (jumlah skor perolehan  / skor maksimal) x 100
            = (1 / 6) x 100
= 16,66667
= 17 (pembulatan)

PREDIKAT DAN DESKRIPSI

Dari 3 Kompetensi Dasar (KD) muatan pelajaran bahasa indonesia yang di uji, berikut rekapan hasil tanggapan akseptor didik :

KD 3.1                        = Nilai 0
KD 3.4                        = Nilai 100
KD 3.2                        = Nilai 17

Rata-Rata atau Nilai Akhir (NA) nya yaitu :
NA      = (Nilai KD 3.1 + Nilai KD 3.4 + Nilai KD 3.2) / 3 (dibagi 3)
            = 0 + 100 + 17
            = 117 / 3
            = 39



Untuk rentang predikat ditentukan menurut KKM sekolah.

Beda KKM maka berbeda pula rentang predikatnya.

untuk KKM sekolah SDN 1 Babat yaitu 65, maka rentang predikatnya yaitu sebagai berikut :
1.        < 65          = D Perlu bimbingan
2.        65 – 76     = C Cukup
3.        77 – 88     = B Baik
4.        89 – 100   = A Sangat Baik

Kembali ke Laptop, eh salah ........................

Kembali ke Gambar di atas.

Peserta didik pada gambar di atas mendapat Nilai Akhir (NA) 39, silakan perhatikan rentang predikat di atas dan untuk nilai 39 berada pada poin 1, yaitu < 65 maka predikatnya yaitu D.


Nilai 39 = D

Selanjutnya tinggal bab DESKRIPSI.

Berikut ini suara Kompetensi Dasar (KD) dari muatan pelajaran Bahasa Indonesia yang di ujikan :

KD 3.1
menggali gosip dari teks laporan buku wacana masakan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan imbas acara insan dengan pinjaman guru dan sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.

KD 3.4
menggali gosip dari teks pantun dan syair wacana musibah serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan pinjaman guru dan sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.

KD 3.2
menguraikan isi teks klarifikasi wacana proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota badan (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan pinjaman guru dan sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosa kata baku.

Kembali lagi ke pengolahan nilai di atas.

Hasil Perguruan Tinggi Swasta akseptor didik yang nilainya telah diolah yaitu :
KD 3.1             = Nilai 0
Predikat          = D (Perlu Bimbingan) perhatikan lagi rentang predikat di atas!

KD 3.4              = Nilai 100

Predikat           = A (Sangat Baik) perhatikan lagi rentang predikat di atas!



KD 3.2              = Nilai 17

Predikat           = D (Perlu Bimbingan) perhatikan lagi rentang predikat di atas!



NA                    = 39

Predikat           = D (Perlu Bimbingan)


Maka deskripsinya adalah :

Sangat Baik dalam + Bunyi KD dengan Nilai Tertinggi (KD 3.4)
Sangat baik dalam menggali gosip dari teks pantun dan syair wacana musibah serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan pinjaman guru dan sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.

Perlu Bimbingan dalam + Bunyi KD dengan Nilai Terendah (KD 3.1)
Perlu bimbingan dalam menggali gosip dari teks laporan buku wacana masakan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan imbas acara insan dengan pinjaman guru dan sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.

Selanjutnya menurut Soal pada gambar di atas dan pengolahan nilai yang telah di uraikan di atas, maka hasil Perguruan Tinggi Swasta akseptor didik yang ada di raport akan tampak ibarat berikut ini :

Muatan Bahasa Indonesia
NA                  = 39
Predikat           = D

Deskripsi
Ananda XXXXXXXX Sangat baik dalam menggali gosip dari teks pantun dan syair wacana musibah serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan pinjaman guru dan sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.
Perlu bimbingan dalam menggali gosip dari teks laporan buku wacana masakan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan imbas acara insan dengan pinjaman guru dan sobat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.

Loh Kok Bisa Begitu ya ...................
Nilainya 39 Predikat D kok deskripsinya malah sangat baik, ngantuk nie orang .................!!!

Kopai...........................mana.............kopai.............................!!! heeeeeeeeeeeeeeee!!!

Pertanyaan inilah yang dipertanyakan oleh beberapa wali murid akseptor didik. Dan Deskripsi sangat baik itu diambil dari nilai tertinggi KD yang di ujikan dan Perlu Bimbingan diambil dari Nilai Terendah KD yang di Ujikan sedangkan NA atau Nilai Akhir yaitu nilai Rata-Rata dari dari seluruh KD yang di ujikan dan predikat diambil dari NA yang interval atau rentang kategorinya diubahsuaikan dengan KKM sekolah.

NB :

Beda KKM beda Predikat
Berarti Nilai 70 dengan predikat C pada Sekolah A belum tentu sama dengan predikat Nilai 70 pada Sekolah B.


Sekian dan terima kasih.
Postingan ini hanya untuk pembahasan PENILAIAN TENGAH SEMESTER

Pengolahan Nilai Untuk Penilaian Akhir Semester atau (PAS) berbeda lagi cara pengolahan Nilainya. 

Ditunggu saja UPDATE terbaru berikutnya untuk Pengolahan NILAI PAS.

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Melaksanakan Evaluasi Tengah Semester (Pts) Kurikulum 2013 Sd Edisi Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel