✔ Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht, Memancing Murid Semoga Kreatif Bertanya Dan Menjawab Pertanyaan
WWW.INFOKEMENDIKBUD.ONLINE _GURU dituntut kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan. Seperti yang diterapkan guru praktikan dari pendidikan agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini.
Begini Cara Guru Memancing Siswa Agar Kreatif Bertanya dan Menjawab Pertanyaan.
Guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di MTs Negeri 1 Kota Kediri, Jumat (10/2/2017). Metode ini dirancang untuk meningkatkan penguasaan akademik, mata pelajaran fikih kelas tujuh bahan salat jamak dan qasar.
Model pembelajaran ini terkesan unik alasannya ialah setiap siswa mempunyai nomor masing-masing yang ditempelkan di kepala. Jika satu kelompok terdiri dari empat anak, maka nomor setiap anak ialah satu hingga empat. Kegiatan ini juga meningkatkan motivasi berguru siswa supaya bertanggungjawab terhadap kiprah kelompok yang diberikan guru.
Langkah-langkah penerapan metode ini terbagi menjadi enam tahap:
Pertama, guru praktikan menyediakan lembar kerja siswa (LKS) dan memilih bahan yang akan didiskusikan. Sebelum diskusi berlangsung, guru terlebih dulu menyajikan bahan supaya siswa mempunyai pengetahuan awal perihal bahan salat jamak dan qasar.
Kedua, pembentukan kelompok. Di ruang kelas yang berjumlah 28 siswa, guru praktikan membagi siswa menjadi tujuh kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat anak yang mempunyai kemampuan beragam. Dengan diberikan soal yang sama, mereka tampak bahagia sanggup berkerja tim satu sama lain. Suasana pembelajaran pun menyenangkan dan siswa antusias mengikuti pelajaran fikih.
Ketiga, tiap kelompok mempunyai buku paket yang dipakai untuk memudahkan dalam menuntaskan soal diskusi yang diberikan guru.
Keempat, diskusi masalah. Setiap siswa berpikir bersama dan meyakinkan setiap anggotanya mengetahui tanggapan dari pertanyaan yang ada.
Kelima, guru memanggil satu nomor. Setiap kelompok dengan nomor kepala yang disebutkan guru ialah siswa yang berhak menjawab pertanyaan hasil diskusi, lalu mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
Keenam, menarik kesimpulan. Guru dan siswa menyimpulkan tanggapan dari soal yang berafiliasi dengan bahan salat jamak dan qasar. Guru memberi reward kepada kelompok yang mempunyai poin terbanyak dalam menjawab soal.
Model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini memberi kesempatan siswa memakai keterampilan bertanya, berdiskusi, dan membuatkan talenta kepemimpinan.
Selain, berguru kelompok sanggup menunjukkan pelajaran bagi siswa untuk saling menghargai pendapat orang lain.
Demikian isu dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.ONLINE, Kami senantiasa menunjukkan isu dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari banyak sekali sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "✔ Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht, Memancing Murid Semoga Kreatif Bertanya Dan Menjawab Pertanyaan"
Posting Komentar