✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 - Kunci tanggapan Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 2 tepatnya terdapat pada halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79.

Selain membahas perihal tanggapan soal-soal, terdapat juga rangkuman bahan Tema 9 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 2 Subtema 2.

Kunci tanggapan tematik Tema 9 Kelas 5 pada Subtema 2 Pembelajaran 2 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Dengan adanya pembahasan kunci tanggapan soal yang terdapat pada buku siswa ibarat ini dibutuhkan sanggup membantu penerima didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berkhasiat pada dikala evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi selesai tahun (PAT), maupun pada dikala mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga : 

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 2

Minggu pagi Siti membantu ibu membersihkan rumah. Siti membersihkan debu yang ada pada barang-barang dalam ruang keluarga dengan hati-hati.

Siti membersihkan ruang tamu dibantu adik. Banyak barang dalam ruang keluarga Siti. Ada meja, kursi, televisi, radio, dan komputer. Televisi, radio, dan komputer sengaja ayah Siti taruh di ruang keluarga.

Tujuannya semoga semua anggota keluarga bisa berkumpul dalam satu ruangan, meskipun berbeda-beda aktivitas. Saat keluarga Siti membersihkan rumah, mereka kadang kala sambil mendengarkan lagu-lagu dari radio.

Di ruang keluarga, Siti sering ditemani ayah mencari informasi dari internet melalui komputer. Sementara itu, adik didampingi ibu duduk di dingklik nonton televisi.

Keluarga Siti hidup rukun. Kerukunan keluarga Siti juga tampak dikala bekerja sama membersihkan rumah.

Di ruang keluarga Siti ada beberapa alat elektronik. Siti membersihkannya dengan hati-hati. Apa sajakah alat-alat elektronik yang ada di ruang keluarga Siti?

Ayo Mengamati

Perhatikan alat-alat elektronik yang ada di ruang keluarga Siti berikut.

1. Televisi

Sebagai salah satu media elektronik, televisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat.

Televisi berfungsi untuk menghibur, mendidik, dan memberi informasi. Televisi menawarkan banyak informasi bagi pemirsa. Salah satu bentuk informasi yang ditayangkan televisi yaitu iklan.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bab yang tidak sanggup dipisahkan dari masyarakat pada umumnya.

Televisi mempunyai banyak keunggulan dalam memberikan iklan. Oleh alasannya yaitu itu, iklan melalui televisi lebih menarik dan mempunyai nilai pesan yang tinggi.

Televisi sebagai media audio visual menayangkan iklan yang sanggup dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga sanggup menarik perhatian masyarakat.

2. Radio

Sama halnya dengan televisi, radio juga mempunyai fungsi penting bagi masyarakat umum. fungsi radio yaitu sebagai sarana penerangan, pendidikan, hiburan, dan sarana propaganda.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Bukti bahwa radio mempunyai fungsi sebagai sarana propaganda terlihat dengan banyaknya pemasangan iklan yang menentukan siaran radio sebagai sarana pemasangan iklannya.

Iklan radio berupa kombinasi dari bunyi dan kata-kata (voice) dan efek bunyi (sound effect). Iklan radio hanya sanggup didengar tidak sanggup dilihat ibarat iklan televisi. Oleh alasannya yaitu itu, radio dikenal sebagai media audio.

3. Komputer

Seperti televisi dan radio, komputer juga sebagai media elektronik. Komputer yaitu suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa tugas.

Komputer bisa mendapatkan input, memproses input sesuai kode yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer bisa menjadi sarana promosi atau iklan bisnis.

Banyak perusahaan besar, pribadi, dan pengusaha yang memakai layanan internet di komputernya untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya.

Layanan internet di komputer sebagai sarana promosi atau iklan sanggup menjangkau wilayah yang sangat luas dengan biaya murah.

Itulah peralatan elektronik yang ada di ruang keluarga Siti. Televisi, radio, dan layanan internet di komputer ternyata mempunyai salah satu fungsi yang sama, yaitu sebagai sarana promosi atau iklan.

Oleh alasannya yaitu itu, ada istilah iklan elektronik. Berdasarkan media yang menyajikan iklan elektronik, televisi radio, dan layanan internet di komputer sanggup disebut sebagai unsur iklan elektronik.

Masih ingatkah kau dengan pengertian iklan elektronik?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 70

Ayo Berlatih

Apakah yang dimaksud iklan elektonik? Tuliskan dalam kolom berikut.

Iklan elektronik yaitu iklan yang memakai media berbasis perangkat elektronik ibarat radio, televisi, dan media digital interaktif (internet).

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan semoga menarik perhatian masyarakat ibarat berikut.

Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan semoga menarik.

1. Perhatian (Attention)

Iklan yang baik harus sanggup menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat (Interest)

Setelah menerima perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan (Desire)

Iklan hendaknya meliputi cara untuk menggerakkan harapan konsumen.

4. Rasa Percaya (Conviction)

Untuk menerima rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang banyak sekali kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya ibarat pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Tindakan (Action)

Tindakan merupakan tujuan selesai dari produsen untuk menarik konsumen semoga membeli atau memakai produk dan jasanya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 71, 72 & 73

Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum.

Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Beri evaluasi terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar.

Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Penilaian : Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan : Iklan tersebut yaitu iklan televisi terdiri dari unsur gambar, gerak dan suara. namun kurang menarik alasannya yaitu tidak mempunyai tulisan. 

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Penilaian : Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan : Karena iklan tersebut merupakan iklan televisi yang mempunyai unsur gambar, suara, gerak dan tulisan.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Penilaian : Sesuai dengan unsur iklan.

Alasan : Karena iklan tersebut merupakan iklan internet yang mempunyai unsur gambar, gerak, bunyi dan tuisan.

Siti dan adik selesai membersihkan ruang keluarga. Ibu dan ayah pun selesai membersihkan halaman dan lingkungan rumah. Saatnya keluarga Siti beristirahat.

Siti dan keluarganya beristirahat di ruang keluarga sambil menonton televisi. Sebelum menyajikan minuman, ibu menanyakan minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik.

Ternyata minuman yang diinginkan ayah, Siti, dan adik berbeda-beda. Ayah ingin kopi panas, Siti ingin air putih dingin, dan adik ingin es teh. Berbeda lagi dengan minuman yang diinginkan ibu Siti. Beliau menginginkan teh panas.

Siti membantu ibu menyiapkan minuman. Ibu menyiapkan hidangan kecilnya. Ibu ingin menciptakan bakwan.

Adonan bakwan sudah ibu siapkan sebelum memulai bekerja bakti membersihkan rumah. Jadi, ibu tinggal menggorengnya. Inilah adonan bakwan yang siap digoreng ibu.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Coba kau perhatikan adonan bakwan yang dibentuk Ibu Siti. Adonan bakwan yang terdiri atas tepung terigu dan sayuran tidak tercampur secara merata. Materi dalam adonan sifat dan bentuknya masih kelihatan.

Berdasarkan ciri adonan tersebut, sanggup kau ketahui bahwa adonan bakwa yang siap digoreng Ibu Siti merupakan zat adonan heterogen. Ibu segera menggoreng adonan bakwan.

Sementara itu, Siti sibuk menyiapkan banyak sekali minuman. Inilah minuman yang dibentuk Siti.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79Air dalam gelas pada gambar hanya terdiri atas satu zat, yaitu air mineral. Air dalam gelas tersebut tidak berubah rasa dan tidak berubah bentuk. Oleh alasannya yaitu itu, air putih dalam gelas tersebut merupakan zat tunggal.




soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79
Segelas es teh yang dibentuk Siti merupakan zat adonan heterogen. referensi adonan heterogen yaitu teh dengan air. Selain itu, ada perasan jeruk nipis dan es.





soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79
Segelas kopi yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga materi, yaitu air, gula putih, dan abu kopi. Perhatikan dasar gelas pada adonan kopi tersebut. Dalam dasar gelas tampak adanya endapan kopi yang tidak larut tepat dengan air dan gula. Berdasarkan ciri adonan kopi tersebut sanggup kau pahami bahwa air kopi termasuk zat adonan heterogen.



soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79
Segelas teh manis yang dibentuk Siti pada gambar merupakan perpaduan tiga bahan yaitu air, teh, dan gula putih. Perpaduan antara air, gula, dan teh pada gelas tampak tercampur merata atau sempurna. Materi (air, teh, dan gula putih) tidak memisah. Berdasarkan ciri teh manis tersebut sanggup kau pahami bahwa teh manis termasuk zat adonan homogen.






Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 75

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui beberapa referensi zat pada materi. Sekarang, diskusikan dengan sobat satu kelompokmu untuk mencari referensi lain bahan yang termasuk zat tunggal, zat adonan homogen, dan zat adonan heterogen.

Berikan alasan mengapa bahan tersebut termasuk zat tunggal, zat adonan homogen, atau zat adonan heterogen.

Setiap kelompok minimal menciptakan lima referensi materi. Buatlah laporan hasil diskusi kelompokmu. Kumpulkan kesudahannya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Ayo Mengamati

Siti dan ibu selesai bersamaan. Siti dan ibu membawa air dan hidangannya ke ruang tamu. Sementara itu, ayah dan adik Siti sedang menonton pertunjukan tari di televisi.

Siti tertarik pada tarian yang ditampilkan penari di televisi. Setiap tarian menampilkan banyak sekali variasi pola lantai. Ingatkah kalian yang dimaksud pola lantai?

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

“Wah, cantik ya, yah! deretan penarinya berubah-ubah, teriak Siti”. Pada waktu masih kecil, Ayah Siti arif menari. Ayah Siti juga sering ikut latihan menari di keraton.

Oleh alasannya yaitu itu, Ayah Siti paham betul apa yang diserukan oleh Siti. Ayah pun menanggapi undangan Siti, “Itu yang dinamakan variasi pola lantai, Nak”. Kemudian, ayah mengambarkan mengenai pola lantai kepada Siti.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Gambar 1 memperlihatkan pola lantai yang dilalui oleh seorang penari. Gambar 2 memperlihatkan garis di lantai yang dibentuk oleh deretan kelompok.

Pada dasarnya, ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus menawarkan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung menawarkan kesan lembut tetapi lemah.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

1. Pola Lantai Vertikal (Lurus)

Ciri pola lantai vertikal (lurus) yaitu penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak dipakai pada tari klasik. Pola lurus memberi kesan sederhana tetapi kuat. Berikut gambar pola lantai vertikal.



soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

2. Pola Lantai Diagonal

Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Berikut gambar pola lantai diagonal.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

3. Pola Lantai Garis Melengkung

Pada pola lantai garis melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan. Berikut referensi pola lantai garis melengkung.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 78

Ayo Berkreasi

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Buatlah lima referensi bentuk pola lantai yang ditulis atau digambar pada selembar kertas. Dari bentuk pola lantai yang kalian buat tersebut, coba peragakan di depan guru dan kelompok lain.

5 referensi pola lantai :
  • Horizontal
  • Vertikal
  • Diagonal
  • Lingkaran
  • Angka delapan

Siti mengangguk-angguk sehabis mendengar klarifikasi ayahnya. Tidak lupa Siti berterima kasih kepada ayahnya.

Ibu mengajak ayah, Siti, dan adik menikmati hidangan kembali sambil menonton program televisi selanjutnya.

Tarian kawasan merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa. Sudah seharusnyalah kita peduli terhadap tarian daerah.

Bentuk kepedulian terhadap tarian kawasan sanggup kau tunjukkan dengan cara menyaksikan tarian daerah, mengamati gerakan pola lantai tarian daerah, dan berguru tarian daerah.

Siapa lagi yang akan peduli terhadap kebudayaan negeri sendiri kalau bukan kita sendiri. coba kau renungkan kalau warga negara Indonesia tidak ada yang mengenali tari-tarian kawasan sendiri. Apa yang akan terjadi?

Tentu kita akan malu, kalau tidak mengenal tarian kawasan Indonesia. Justru orang absurd yang mempelajari dan arif menarikannya.

Artinya, mereka saja tertarik. Mengapa kita tidak tertarik dengan tarian Indonesia? Mari kita hargai budaya kita.

Alangkah bagusnya kalau di kelasmu banyak yang menguasai banyak sekali tari daerah. Kita akan bangga, bukan? Mari kita pelihara budaya Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 79

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui pengertian pola lantai tarian daerah. Sekarang, coba kau cari referensi gerakan tarian kawasan dari internet atau dari kaset video tarian daerah.

Mintalah Bapak / Ibu / Saudara untuk mendampingimu dikala mengamati gerak tarian kawasan tersebut. Tuliskan tarian yang kau amati dan pola lantai tariannya. Lakukan kegiatan ini secara kelompok.

Jawabannya di sesuaikan dengan gerakan tarian kawasan dari video / internet yang diperagakan oleh masing-masing siswa. 

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) sanggup menawarkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kunci-jawaban-tema-9-kelas-5-halaman-82.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel