✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93 - Kunci tanggapan Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 3 tepatnya terdapat pada halaman 82, 85, 86, 92, 93.

Selain membahas wacana tanggapan soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 3 Subtema 2.

Kunci tanggapan tematik Tema 9 Kelas 5 pada Subtema 2 Pembelajaran 3 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci tanggapan soal yang terdapat pada buku siswa menyerupai ini dibutuhkan sanggup membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya mempunyai kegunaan pada ketika evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi final tahun (PAT), maupun pada ketika mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 3

Dayu dan Lani duduk santai sambil berbincang di taman sekolah. Mereka berbincang wacana iklan favorit. Ketika Lani menanyakan iklan favorit, Dayu sontak menjawab “Iklan makanan”. “Aku bahagia lagunya. Isi lagunya bagus”, lanjut Dayu. Leni pun bertanya “Kamu mengetahui isi lagunya? “ jawab Lani.

“Isinya wacana kuliner sehat dan bergizi, rasanya bisa nyaman di pengecap seluruh orang Indonesia,” jawab Dayu. “Kamu ahli Dayu bisa hafal isi lagu di iklan favoritmu,” Puji Lani kepada Dayu.

Itulah dongeng singkat wacana iklan favorit Dayu. Kamu tentu juga bisa menyaksikan iklan melalui media televisi. Televisi merupakan media iklan elektronik yang paling efektif.

Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam banyak sekali bentuk, kreasinya sanggup berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat memilih menarik tidaknya sebuah iklan.

Ayo Mengamati

Perhatikan pola iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

“Segar nyatanya memang menyegarkan”

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas.

Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.

Contoh iklan selanjutnya yaitu iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kau lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jikalau lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Bahasa iklan produk kuliner yang sangat menarik akan bisa menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jikalau menikmati mi instan tersebut.

Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu memperlihatkan adanya pilihan kata yang dipakai untuk memperlihatkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan warta yang dipentingkan.

Berdasarkan kedua pola iklan televisi di atas, sanggup dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang bisa menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
  1. Pilihan kata yang dipakai menarik, tepat, logis, dan sopan.
  2. Pilihan kata yang dipakai mempunyai sugesti bagi khalayak.
  3. Pilihan kata yang dipakai menonjolkan warta yang dipentingkan.
  4. Pilihan kata yang dipakai memperlihatkan sasaran.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 82

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik.

Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang bisa menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

1. Produk yang diiklankan : Susu 

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan : Bahasa iklan pada iklan susu di atas menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut meminumnya. Orang yang melihat iklan susu itu pun akan tersugesti dan segera ingin meminumnya.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93


2. Produk yang diiklankan : Shampo

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan : Bahasa iklan pada iklan shampo di atas menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menggunakannya. Orang yang melihat iklan shampo itu pun akan tersugesti dan segera ingin memakainya.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

3. Produk yang diiklankan : Yumi Mie

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan : Bahasa iklan pada iklan yumie mie di atas menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmatinya. Orang yang melihat iklan yumie mie itu pun akan tersugesti segera ingin menikmatinya.

Dalam pembuatan iklan sangat dibutuhkan adanya kolaborasi antara jasa pembuat iklan dan pemilik produk yang diiklankan. Semua pihak terkait hendaknya sanggup bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan iklan yang bagus.

Kerja sama tidak hanya dibutuhkan dalam dunia perjuangan menyerupai perjuangan periklanan. Kerja sama juga dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerja sama sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Membaca

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya bermacam-macam corak menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

Perhatikan gambar-gambar yang mencerminkan makna penting persatuan dan kesatuan berikut.

1. Festival Budaya Nusantara

Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari banyak sekali tempat di wilayah Nusantara. coba kau amati gambar kolase yang menyajikan banyak sekali pentas budaya tempat di atas.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Tampak indah bukan? Tentu lebih indah yang tampil bahu-membahu bukan? Itulah makna pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.

2. Toleransi dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan

Masyarakat Indonesia dikenal kemajemukannya, salah satunya kemajemukan agama. Kemajemukan masyarakat Indonesia bukan penghalang untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebaliknya, kemajemukan yang ada justru menjadi modal yang berpengaruh untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Persatuan dan kesatuan bangsa akan tetap kukuh dengan adanya semangat menjalin rasa kemanusiaan. Tingginya perilaku toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan dari segenap masyarakat Indonesia juga sanggup mendukung persatuan dan kesatuan bangsa.

Jadi, makna persatuan dan kesatuan tecermin pada perilaku masyarakat yang senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.

3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong

Menjalin rasa persahabatan, semangat kekeluargaan, dan tolong- menolong tercermin pada acara gotong royong antarwarga masyarakat. Dalam acara gotong royong, semua perbedaan ditepiskan.

Warga masyarakat saling bekerja sama dan pundak membahu menuntaskan pekerjaan untuk kepentingan bersama tanpa memandang perbedaan satu sama lain.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Dengan gotong royong, pekerjaan seberat apa pun terasa ringan dan pekerjaan cepat selesai. Itulah makna penting persatuan dan kesatuan yang tecermin dalam perilaku menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan perilaku saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 85

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati beberapa pola insiden dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan.

Berdasarkan pola tersebut sanggup diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan.

Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa? Diskusikan bersama sobat satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Laporan Hasil Diskusi makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut :
  1. Masyarakat yang bersatu akan lebih gampang menuntaskan problem di sekitarnya, sehingga tercapai masyarakat yang aman, tenteram, dan damai
  2. Masyarakat yang bersatu sanggup mengatasi konflik dalam masyarakat yang sanggup memecah belah
  3. Dapat menumbuhkan perilaku saling menghormati, bekerja sama, dan gotong royong dalam masyarakat
  4. Bangsa yang bersatu akan lebih cepat dan gampang dalam mencapai tujuan untuk menjadi masyarakat yang adil dan makmur
  5. Bangsa yang bersatu akan menyebabkan bangsa yang berpengaruh dan sanggup menuntaskan permasalahannya dengan lebih baik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 86

Ayo Berlatih

Menjalin persatuan dan kesatuan hendaknya kau biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk acara gotong royong dan bekerja sama dalam menuntaskan kiprah kelompok.

Masih banyak insiden dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kau alami atau kau saksikan sebagai pencerminan perilaku menjalin persatuan dan kesatuan.

Sekarang, identifikasilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pencerminan perilaku menjalin persatuan dan kesatuan. Tuliskan dalam kotak berikut.


Peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan perilaku menjalin persatuan dan kesatuan menyerupai berikut :
  • Mampu dan mau untuk menyerah bagi adik/saudara lain demi keharmonisan keluarga.
  • Dengan tertib melaksanakan antrian dalam penerimaan sembako atau antrian yang lainnya
  • Turut aktif dalam acara masyarakat
  • Menghormati adat/kebudayaan antara satu suku dengan suku yang lain
  • Tertib membayar pajak demi pembangunan bangsa.

Negara Indonesia kaya akan kebudayaan. Kamu telah memahami bermacam-macam kebudayaan Indonesia, mulai dari tarian daerah, nyanyian daerah, hingga rumah adat. Kekayaan budaya tempat Indonesia ini dikenal hingga ke luar negeri.

Salah satu cara bangsa Indonesia mengenalkan kebudayaan tempat kepada dunia internasional, yaitu melalui pementasan bermacam-macam kebudayaan tempat di tempat-tempat pariwisata. Dalam hal ini ada andil besar dari dinas kepariwisataan.

Untuk mengenalkan banyak sekali kebudayaan daerah, tentunya Dinas Kepariwisataan melaksanakan kolaborasi dengan para penyedia jasa kepariwisataan.

Penyediaan jasa kepariwisataan ini termasuk perjuangan ekonomi, alasannya yaitu penyedia jasa kepariwisataan melaksanakan usahanya demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan demikian, penyedia jasa kepariwisataan telah melaksanakan acara ekonomi. Apa acara ekonomi itu? Apa saja jenis perjuangan dalam acara ekonomi?

Ayo Membaca

Manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan untuk melanjutkan kehidupannya. Untuk memenuhi bermacam-macam kebutuhan tersebut, insan melaksanakan acara yang disebut acara ekonomi.

Kegiatan ekonomi setiap orang berbeda-beda tentu saja sesuai kemampuan masing-masing. Ada orang yang bekerja sebagai petani yang memproduksi materi pangan.

Ada orang yang menciptakan pakaian untuk dijual dan diperdagangkan. Petani membutuhkan pakaian dan pedagang pakaian membutuhkan pangan.

Makara jelaslah bahwa perbedaan acara ekonomi dalam masyarakat sangat mendukung sanggup terpenuhinya semua kebutuhan insan dengan cara saling bekerja sama.

Perlu disadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari, tidak seorang pun yang bisa memenuhi sendiri semua kebutuhan hidupnya tanpa bekerja sama dengan orang lain.

Kegiatan ekonomi sanggup diwujudkan dengan membuka banyak sekali jenis usaha. Apa sajakah bentuk perjuangan dalam acara ekonomi masyarakat Indonesia? Berikut banyak sekali perjuangan dalam acara ekonomi masyarakat Indonesia.

1. Pertanian

Usaha pertanian merupakan perjuangan yang paling banyak ditemukan dalam masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan keadaan alam Indonesia sebagai negara agraris. Hasil pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, ubi, dan palawija.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

2. Perkebunan

Perkebunan merupakan perjuangan pemanfaatan lahan dengan tanaman- tumbuhan keras. Perkebunan sanggup dibedakan atas perkebunan rakyat dan perkebunan besar.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Perkebunan rakyat yaitu perkebunan yang dikelola oleh rakyat. Perkebunan besar biasanya dikelola oleh pemerintah atau perusahaan perkebunan.

Hasil perkebunan besar, biasanya ditujukan untuk ekspor sehingga sanggup menghasilkan devisa bagi negara. pola hasil perkebunan antara lain karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu.

3. Peternakan

Peternakan yaitu perjuangan memelihara binatang piaraan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan sanggup digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan binatang besar (sapi, kerbau, dan kuda), binatang kecil (kambing, domba, kelinci, dan babi), dan unggas (ayam, itik, entok, dan burung).

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

4. Perikanan

Usaha perikanan dalam hal ini yaitu perjuangan perikanan darat, yaitu perjuangan memelihara ikan di perairan darat dengan cara menciptakan kolam.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Perikanan darat mencakup perikanan air tawar dan perikanan air payau. pola hasil perikanan air tawar contohnya ikan gurami, nila, bawal, dan lele. Hasil perikanan air payau contohnya ikan bandeng.

5. Kehutanan

Usaha kehutanan sanggup dilakukan dengan melaksanakan pencegahan terhadap penggundulan hutan dengan melaksanakan reboisasi atau peremajaan hutan.

Contoh hasil perjuangan kehutanan antara lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan. Usaha kehutanan juga penting untuk menjaga keseimbangan alam.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Pepohonan yang tumbuh di hutan membantu perembesan air ke dalam tanah. Dengan demikian, sanggup menghindari terjadinya banjir.

Selain itu, hutan menjadi tempat hidup serta berkembangnya banyak sekali satwa. Oleh alasannya yaitu itu, hutan dihentikan dirusak dan harus diremajakan

6. Pertambangan

Pertambangan yaitu perjuangan untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteran manusia. Mineral ini berada di dalam perut bumi.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Untuk mendapatkannya perlu dilakukan penggalian atau penambangan. pola hasil barang tambang antara lain emas, minyak bumi, dan watu bara.

7. Perindustrian

Industri yaitu perjuangan atau acara untuk mengubah materi mentah menjadi materi setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah berasal dari sumber daya alam.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Industri dilakukan untuk meningkatkan mutu atau nilai suatu barang. Usaha industri sanggup dilakukan oleh perorangan, kelompok, atau suatu perusahaan, baik pemerintah maupun swasta. pola hasil industri yaitu benang menjadi pakaian, pengolahan ikan menjadi ikan kaleng, dan karet menjadi ban.

8. Perdagangan

Perdagangan yaitu acara yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Perdagangan yang dilakukan antarnegara disebut ekspor impor. Ekspor yaitu perjuangan mengirim dan menjual barang keluar negeri. Impor yaitu perjuangan memasukkan dan membeli barang dari luar negeri.

9. Jasa

Usaha jasa yaitu perjuangan menyediakan jasa bukan produk benda untuk mendapat keuntungan atau laba. Perhatikan gambar di atas.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Pekerjaan menjadi pemandu wisata merupakan belahan dari perjuangan jasa. Usaha-usaha dalam bidang jasa antara lain perjuangan becak, ojek, angkutan umum, dan bidang pariwisata.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 92

Ayo Berlatih

Banyak acara ekonomi yang dilakukan masyarakat di lingkungan sekitar kita, contohnya jasa tata boga, jasa angkutan umum, jasa pangkas rambut, pembuat gula merah, dan perjuangan kepariwisataan.

Sekarang coba kau lakukan pengamatan acara ekonomi yang dilakukan masyarakat tempat tinggalmu. Identifikasilah kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan dari masyarakat tempat tinggalmu.

Hasil Identifikasi Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar :
  • Industri Kecil
  • Pertanian
  • Perdagangan
  • Perkebunan
  • Peternakan
  • Jasa (Tukang Cukur, Tukang Sol Sepatu)
  • Pertambangan

Produk Unggulan :
  • Tempe & Tahu.
  • Padi, Cengkeh, Jagung, Tebu.
  • Sembako
  • Kelapa Sawit, Karet. Teh dan Kopi.
  • Sapi, Kambing, Ayam.
  • Batu Bara, Minyak Mentah

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 93

Ayo Berdiskusi

Banyak benda-benda bekas di sekitarmu yang sanggup dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Tentu saja dengan cara mendaur ulang, contohnya memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral untuk materi menciptakan bunga plastik.

Selain itu, sanggup pula memanfaatkan kerang-kerang sebagai materi menciptakan hiasan atau pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesemuanya itu sanggup dijual di tempat wisata sebagai suvenir. Pernahkah kau menemukan acara ekonomi dengan memanfaatkan benda-benda bekas?

Diskusikan bersama dua orang temanmu dengan menyebutkan benda bekas, cara pengolahan, dan cara penjualan hasil pengolahan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Benda Bekas : Tutup Botol Bekas.

Cara Pengolahan : Tutup botol bekas dicuci bersih, kemudian dipilah-pilah menurut ukuran dan warna. Kemudian tutup botol diberi lubang di ke-4 sisi samping secara sejajar dengan menggunakan alat solder. Kemudian tiap tutup botol disambung menyamping dengan kawat kecil atau tali plastik khusus, hingga menyambung dengan panjang sesuai kebutuhan/sesuai selera, kemudian dirangkai sehingga terbentuk keranjang sampah atau pot bunga.

Cara Penjualan : Bekerja sama dengan pemilik warung / toko suvenir, koperasi sekolah, dan memperlihatkan melalui media online menyerupai facebook & Instagram.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, agar pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) sanggup mengatakan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kunci-jawaban-tema-9-kelas-5-halaman-96.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 9 Kelas 5 Halaman 82, 85, 86, 92, 93"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel