✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14


 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 1 Tema Persatuan dalam Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut ini kami bagikan alternatif kunci tanggapan soal yang terdapat pada halaman 9, 10, 11, 14.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2

Pelangi indah lantaran warna yang berbeda-beda. Hidup berbangsa dan bertanah air indah kalau kita hidup rukun walaupun berbeda-beda.

Ayo Mengamati

Amati gambar wacana masyarakat yang hidup rukun dalam perbedaan berikut!

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Bacalah teks berikut!

Perbedaan yang Menguatkan

Kampung Cempaka yaitu sebuah kampung transmigran. Warganya berasal dari banyak sekali daerah padat di Pulau Jawa. Hal itu menimbulkan mereka berbeda suku maupun agama.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa

Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo. Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.

Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama bawah umur lain di Kampung Cempaka, mereka setiap final ahad berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah warga, membantu melaksanakan apa saja yang diharapkan warga.

Kadang-kadang mereka membantu warga lanjut usia, sekadar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka juga membantu orang bau tanah yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.

Dari Toni, mereka berguru menari Barongsai. Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada bawah umur sekampung. Sementara itu, setiap tiba ketika panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga menciptakan Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dibentuk untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya.

Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima sahabat itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Hal kecil dalam keseharian itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup tenang berdampingan dan nrimo saling menjaga.

Perbedaan tidak menghalangi persatuan. Dengan bersatu, kita sanggup melaksanakan banyak hal.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 9

Setelah mengamati gambar dan membaca teks wacana hidup rukun dalam perbedaan, tulis hal yang kau ingin ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!

Apa manfaat perbedaan dalam masyarakat?

Apa saja penyebab perbedaan yang ada dalam masyarakat?

Bagaimana cara bergaul dalam perbedaan latar belakang budaya?

Sikap apa saja yang diharapkan dalam menghadapi perbedaan?

Tukarkan pertanyaan yang telah kau buat dengan sahabat di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama-sama!

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 10

Tulis kesimpulan wacana persatuan melalui hidup rukun dalam perbedaan pada denah berikut!

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Apa perbedaan yang ada?
Jawaban : Perbedaan yang ada yaitu suku dan agama.

Bagaimana menyikapinya?
Jawaban : Cara menyikapinya yaitu dengan perilaku toleransi yang dimulai dari hal-hal kecil dalam keseharian.

Apa manfaat hidup rukun?
Jawaban : Manfaat hidup rukun yaitu mempunyai banyak teman, hidup tenang dan saling menjaga,dapat melaksanakan banyak hal bersama-sama.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 11

Ceritakan pengalamanmu wacana hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalmu sebagai penerapan persatuan!

Jelaskan wacana :
  • perbedaan yang ada,
  • kegiatan yang dilakukan teman/warga tolong-menolong secara rukun,
  • sikapmu atau perilaku keluargamu terhadap perbedaan yang ada, dan
  • manfaat yang kau rasakan dari persatuan dalam perbedaan.

Alternatif tanggapan diadaptasi dengan pengalaman iswa wacana hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Sampaikan pendapatmu kepada sahabat kelompokmu!

Ayo Berkreasi

Semangat persatuan bangsa Indonesia tercermin pada seni budaya lokal, salah satunya yaitu melalui tarian. Banyak tarian daerah Indonesia yang menyerukan persatuan.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Lego-Lego, Tari Adat Alor Bermakna Persatuan

Tarian watak yaitu salah satu kekayaan budaya yang disampaikan secara bebuyutan dari nenek moyang. Tarian watak kerap mempunyai pesan dan makna yang luhur. Salah satunya ada pada tari Lego-lego dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Tarian ini ditujukan untuk mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan negeri. Pada masing-masing daerah di Kabupaten Alor terdapat gaya tari dan nyanyian yang berbeda-beda, namun formasinya tetap  sama,  yakni  lingkaran.

Masing-masing nyayian dan pantun yang diungkapkan ketika menari, mempunyai arti serta impian yang berbeda-beda. Beberapa literatur menyatakan bahwa tarian ini sempat menjadi tari perang. Sekarang tarian ini lebih  sering  digunakan  untuk menyambut tamu.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Tamu disambut oleh masyarakat yang dituakan, kemudian diajak menuju sebuah pohon besar yang rindang, dengan beberapa warga wanita yang berpegangan tangan mengelilingi pohon. Tamu dipersilakan untuk ikut serta dalam tarian tersebut. Dengan gerakan kaki yang diatur sedemikian rupa, penari akan bergerak mengitari pohon. Pasa ketika yang sama, sirih pinang dan minuman sopi ditawarkan. Gerakan kaki dan nyayian di masing-masing daerah sanggup saja berbeda, namun bentuk deretan bundar dan komponen tradisional lainnya tetap sama.

Di dalam lingkaran, ada tiga lelaki yang mempunyai kiprah berbeda. Ada pemukul gong yang nadanya akan dipakai untuk menghitung langkah penari, kemudian ada seorang lelaki yang bernyanyi sekaligus mengucapkan pantun, dan seorang lagi bertugas membagikan sirih pinang serta minuman sopi.

Selain menjadi identitas setiap suku, tarian ini menjadi salah satu identitas pemersatu masyarakat Alor yang punya mimpi supaya masyarakat dan pendatang terus bersatu membangun kampung serta negeri.

Diskusikan dengan sahabat kelompokmu bagaimana melaksanakan tari Lego- lego. Setiap tari tradisional terdiri atas penari yang melaksanakan tarian secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok. Kegiatan menari lebih dari satu orang apalagi berkelompok dalam jumlah yang cukup besar membutuhkan kekompakan.

Posisi dalam menari perlu diperhatikan oleh seorang penari. Pengaturan posisi ini disebut dengan rujukan lantai.

Seorang penari harus memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi ketika menari. Pola lantai yaitu rujukan denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk menciptakan posisi dalam sebuah ruang gerak.

Perhatikan jenis rujukan lantai berikut!

Pola Lantai Vertikal (Lurus)

Tari klasik banyak memakai rujukan lantai vertikal. Penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini menunjukkan kesan sederhana, tetapi kuat.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Pola Lantai Diagonal

Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Pola Lantai Garis Melengkung

Penari membentuk garis lingkaran. Tari rakyat dan tari tradisional banyak memakai rujukan ini. Pola lantai ini memberi kesan lemah dan lembut.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 14

Temukan banyak sekali tari daerahmu! Sebutkan rujukan lantai tariannya!

Jawaban diadaptasi dengan tari yang dipilih siswa sesuai dengan wilayahnya masing-masing siswa.

Praktikkan rujukan lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah-langkahnya! Kamu sanggup menambah menggambar rujukan lantai tersebut.

Jawaban diadaptasi dengan tari yang dipilih siswa sesuai dengan wilayahnya masing-masing siswa.

Diskusikan rujukan lantai tarian tersebut dengan sahabat kelasmu!

Kamu gres saja mencoba rujukan lantai dalam menari. Kerja sama yang baik harus dimiliki oleh seorang penari supaya menghasilkan tarian yang indah.

Perbedaan yang dimiliki oleh para penari dilarang menghalangi semangat persatuan dalam menghasilkan tarian yang indah.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci tanggapan tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 pembelajaran 2 ini sanggup menunjukkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel