✔ Kunci Balasan Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14


 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber berguru di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang sempurna berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 2, 4, 6, 14.

Baca Juga :

Tema 1 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Perhatikan banyak sekali tumbuhan di sekitarmu.

Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan?

Yuk, kita cari tahu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 2

Ayo Berdiskusi

Amatilah gambar berikut.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

Mintalah temanmu untuk menjawabnya kemudian diskusikanlah.

Pertanyaan : 1

Jelaskan apa yang akan terjadi jikalau tidak ada tumbuhan?

Jawaban :

Beberapa hal yang akan terjadi jikalau tidak ada tumbuhan yaitu insan dan binatang tidak mempunyai sumber masakan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.


Pertanyaan 2 :

Apa manfaat tumbuhan bagi hewan?

Jawaban :

Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan.

Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh insan dan binatang sebagai materi makanan.

Jadi, tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Ayo Membaca

Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Edo ingin berguru lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Edo berikut ini.

Liburan sekolah telah tiba. Edo mengunjungi pamannya di desa. Dia seorang petani jagung. Edo tiba ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja.

Edo juga ingin belajar. Ibu guru menawarkan kiprah selama liburan. Ibu guru ingin belum dewasa menawarkan laporan wacana satu hal yang menarik dan bermanfaat yang dilihat selama liburan.

Edo ingin mengetahui wacana tumbuhan jagung, terutama wacana perkembangbiakannya.

Berikut yaitu laporan pengamatan Edo.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tumbuhan yang dijadikan materi masakan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menyebabkan jagung sebagai masakan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tumbuhan penghasil karbohidrat yang sangat diharapkan oleh tubuh.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung sanggup dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk ibarat tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung mempunyai helai-helai rambut halus pada potongan ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di potongan bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang sanggup diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan potongan tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh insan yaitu biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang bau tanah sanggup ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Edo bahagia sekali. Ia menikmati tinggal di lingkungan yang berbeda. Edo juga bahagia memperoleh pengetahuan gres wacana tumbuhan jagung yang merupakan salah satu masakan kesukaannya.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 4

Tulislah inspirasi pokok dan gosip penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Alternatif Jawaban :

Paragraf 1 : Jagung merupakan salah satu tumbuhan yang dijadikan materi masakan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia.

Paragraf 2 : Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung

Paragraf 3 : Pembuahan pada jagung terjadi ketika serbuk sari jatuh di kepla putik.

Paragraf 4 : Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung.

Paragraf 5 : Supaya jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen.

Ayo Mengamati

Salah satu pola tumbuhan yang berkembang biak dengan bunga yaitu tumbuhan jagung. Tepung sari pada bunga jagung akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di potongan bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif. Tahukah kau bagaimana proses perkembangbiakan generatif?

Amatilah gambar bagian–bagian bunga berikut ini.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

1. Perkembangbiakan generatif (secara kawin) terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

2. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

3. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.

4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).

5. Hasil dari pembuahan yaitu zigot.

6. Zigot bermetamorfosis lembaga, forum bermetamorfosis bakal biji, bakal biji bermetamorfosis biji dan bakal buah, kemudian bakal buah bermetamorfosis daging buah.

7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

8. Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif antara lain: padi, mangga, durian, dan jambu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 6

Ayo Berdiskusi

Amatilah lingkungan di sekitarmu. Temukan satu jenis tumbuhan yang sedang berbunga. Gambarkan bagian-bagian bunga dan tuliskan cara penyerbukannya pada kolom berikut ini.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Sampaikan balasannya kepada sobat kelompokmu. Adakah perbedaan dengan hasil temanmu?

Apakah perbedaannya? Diskusikan perbedaan tersebut dengan temanmu! Menurutmu, apa manfaat perkembangbiakan generatif?

Carilah informasinya dan tuliskan pada tempat yang disediakan.

Manfaat perkembang biakkan generatif adalah sanggup melaksanakan pengembangan varietas tumbuhan gres dengan penyilangan, menghasilkan bibit yang mempunyai akar dan batang kuat, melestarikan keanekaragaman hayati, menghasilkan tumbuhan yang lebih tahan hama.

Coba bayangkan seandainya tumbuhan tidak berkembang biak. Apa yang akan terjadi?

Ayo Berlatih

Bunga yang indah bukan hanya tumbuh di Indonesia. Negara-negara lain ibarat negara tetangga pun mempunyai bunga yang cantik. Karena kondisi geografis yang hampir sama, bunga yang tumbuh tidak jauh berbeda jenisnya. Perhatikan jenis-jenis bunga yang tumbuh di negara-negara tetangga.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Bunga kembang sepatu tumbuh di Indonesia dan Malaysia. Bunga ini sanggup digunakan sebagai pewarna. Di Malaysia, bunga kembang sepatu dinamakan Bunga Raya dan merupakan bunga nasional.

Perhatikan bunga kamboja pada gambar disamping. Bunga ini sering digunakan dalam perlengkapan tari di Bali. Dor Champa atau bunga kamboja sanggup ditemukan di Indonesia dan Laos. Di negara tersebut bunga ini digunakan untuk dekorasi upacara keagamaan dan penyambutan tamu.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Malaysia, Laos, dan Indonesia hidup berdampingan. Meskipun berbeda negara, namun ketiganya mempunyai persamaan dalam kehidupan sosial dan budaya. Masih banyak negara lainnya yang mempunyai kesamaan. Oleh alasannya yaitu itu, mereka menggabungkan diri dalam suatu organisasi yang berjulukan ASEAN, yaitu persatuan negara-negara se-Asia Tenggara. Berikut yaitu ke-10 negara ASEAN.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Untuk menambah wawasanmu wacana negara-negara ASEAN, bacalah gosip berikut dengan saksama.

ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga

Kamu niscaya pernah mencicipi nyamannya hidup bertetangga. Hal ini terasa ketika semua keluarga saling mendukung, saling membantu, dan bekerja sama. Kenyamanan dalam bertetangga perlu diwujudkan lantaran tiap keluarga mempunyai kepentingan yang sama.

Hal itu juga yang mendasari terbentuknya ASEAN. ASEAN yaitu sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di daerah Asia Tenggara. Negara-negara ini bersatu lantaran adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan daerah menjadi dasar pertimbangan para tokoh-tokoh dunia pendiri ASEAN. Pada tahun 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok. Saat itu, tokoh-tokoh dari lima negara yang terlibat dalam diskusi menjadi pelopor dan pendiri organisasi ini.

Lima negara yang menjadi anggota pertama ASEAN di tahun 1967 yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Para utusan dari kelima negara tersebut, yang sekaligus merupakan tokoh-tokoh pendiri ASEAN, yaitu Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).

ASEAN harus sanggup menawarkan manfaat bagi semua anggotanya. Untuk itu, banyak sekali kolaborasi dikembangkan untuk memajukan kesejahteraan semua anggotanya. Kerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, serta politik dikembangkan demi kemajuan semua anggota. Manfaat yang dirasakan oleh anggota-anggota ASEAN, menciptakan semakin banyak negara yang kemudian bergabung dengan organisasi ini. Saat ini ada sepuluh negara yang menjadi anggota ASEAN. Berdasarkan urutan waktu bergabungnya, negara anggota ASEAN tersebut adalah:

1. lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, yang bergabung pada tanggal 8 Agustus 1967

2. Brunei Darussalam, bergabung pada tanggal 7 Januari 1984

3. Vietnam, bergabung pada tanggal 28 Juli 1995

4. Laos dan Myanmar, bergabung pada tanggal 23 Juli 1997

5. Kamboja, bergabung pada tanggal 30 April 1999

Masyarakat negara-negara ASEAN mempunyai kehidupan sosial budaya yang unik. Kamu sanggup mempelajarinya dengan membaca teks berikut.

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat ASEAN

A. Brunei Darussalam

Kampung Ayer yaitu des a terapung di Brunei Darussalam. Tahun 1400 Kampung Ayer sempat menjadi sentra pemerintahan. Saat ini banyak penduduknya yang mempunyai bahtera pribadi dan disimpan di bawah rumah apung mereka.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Budaya Brunei banyak dipengaruhi oleh pedoman Islam. Mayoritas penduduknya yaitu orang Melayu. Kata “Brunei” berasal dari kata “Nah Baru” yang diucapkan oleh Awang Alak Betatar, penemu negara ini. Kata “Daruss alam” berar ti “Tempat yang Damai” atau “Rumah

Keamanan”. Dalam percakapan, menunjuk dengan jari telunjuk dianggap kasar. Secara tradisional, orang Brunei tidak berjabat tangan dengan lawan jenis. Melepaskan sepatu yaitu kebiasaan umum orang Brunei sebelum memasuki rumah orang lain.

B. Malaysia

Patung Dewa Murungga di Malaysia merupakan patung berukuran 42.7 meter. Patung ini terletak di Batu Caves, gua yang merupakan salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murungga.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Malaysia mempunyai kota yang berjulukan George Town, yaitu kota yang terdaftar dalam UNESCO World Heritage. Kota ini terletak di Pulau Penang. George Town yaitu kota yang mempunyai ragam jenis budaya. Banyak gedung peninggalan masa

Eropa dan bangunan bernuansa Melayu Tionghoa. Tiga kaum utama di Malaysia yaitu Melayu, Cina, dan India. Musik tradisionalnya banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Islam, India, dan Indonesia. Makanan khasnya yaitu nasi lemak.

C. Filipina

Budaya Filipina merupakan hasil perpaduan antara budaya barat dan timur. Kehidupan budayanya dipengaruhi oleh budaya Melayu, Cina, dan Spanyol.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Bahasa Filipina yaitu bahasa Nasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk urusan perdagangan atau pergaulan. Ada delapan dialek utama yang digunakan oleh masyarakat Filipina, yaitu Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray, Pampango, dan Pangasinense.

‘Po’ dan ‘opo’ yaitu sebutan orang Filipina terhadap orang yang lebih tua. Mereka memanggilnya dengan memakai kata-kata ibarat “Kuya”, “Ate”, “Manong” atau “Manang” yang memperlihatkan rasa penghormatan. Jabat tangan yaitu bentuk salam yang paling sering dijumpai di Filipina.

Tarian Tinikling merupakan tarian masyarakat Filipina. Tarian ini menceritakan wacana burung Tinikling yang berjalan melompat menghindari perangkap bambu petani padi.

D. Kamboja

Banyak candi di Kamboja terbuat dari batu. Dewa-dewa dari agama Hindu dan Buddha terukir pada tembok.

Tari Apsara lahir pada 2.000 tahun lalu. Relief tarian banyak ditemukan di bangunan-bangunan keagamaan di Kamboja.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Orang Khmer mengenakan syal kotak-kotak yang disebut Krama. Pria dan perempuan Khmer mengenakan bandul Buddha pada kalungnya. Tujuannya yaitu untuk menjaga dari roh jahat dan membawa keberuntungan. Makanan terkenal Kamboja yaitu chha yang berarti tumisan.

E. Myanmar

Myanmar disebut sebagai negara seribu Pagoda. Hal ini disebabkan lantaran sangat gampang menemukan kuil-kuil suci Buddha. Mayoritas penduduk Myanmar yaitu keturunan Tibet. Bahasa yang digunakan yaitu bahasa Birma.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Pakaian tradisional Myanmar yang disebut Longyi ibarat sarung Indonesia, namun kain ini membelit potongan tubuh mereka mulai dari perut hingga betis. Longyi yang berbahan kain katun bukan saja dikenakan laki-laki dewasa, namun juga belum dewasa dan wanita.

F. Vietnam

Permainan ‘Menangkap Jangkrik dengan Mata Tertutup ’adalah permainan tradisional anak Vietnam. Anak yang berada di tengah bulat matanya ditutup kain. Menangkap s alah s atu sobat dan menebak namanya.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Vietnam terkenal dengan baju khasnya yang disebut Ao Dai. Topi caping pun banyak ditemui di sana. Orang Vietnam gemar duduk di dingklik, yaitu kursi yang sangat pendek. Bukan hanya untuk makan, bahkan untuk mengobrol pun mereka bahagia duduk di atas dingklik. Mayoritas orang Vietnam mempunyai nama keluarga Nguyen. Hal ini disebabkan lantaran Dinasti Nguyen berkuasa mulai 1803-1945 dan merupakan dinasti terakhir di Vietnam.

G. Laos

Nama Laos ber relasi dengan penemunya, yaitu Ai Lao. Orang Laos terkenal kesabaran dan kesederhanaannya. Hal ini terkait dengan pedoman agama Buddha yang banyak dianut masyarakatnya. Olahraga tradisional di Laos yaitu Kataw, ibarat olahraga bola voli, namun memakai kaki untuk menangkap dan memukul bola. Bola terbuat dari anyaman bambu.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Tahun gres Laos disebut Bun Pi Mai. Semua penduduk membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru, dan mencuci patung-patung Buddha.

Makanan utama bangsa Laos yaitu nasi atau beras ketan yang dimakan dengan tangan langsung. Orang Laos menyebut dirinya ”luk khao niaow”, yang artinya “anak turun nasi ketan”.

Upacara sakral proteksi sedekah, atau dikenal dengan Sai Bat merupakan upacara di Laos. Para biksu membawa bakul kecil mengitari sebagian kecil kota untuk mendapatkan sedekah dari penduduk setempat yang lebih banyak didominasi beragama Buddha.

H. Singapura

Singapura mempunyai lambang negara, yaitu Merlion. Merlion yaitu patung berkepala singa dan berbadan ikan. Menurut mitos, Singapura dahulunya yaitu kampung ikan. Kampung ini berjulukan Temasek yang beras al dar i bahas a Jawa yang ar tinya lautan. Singapura berasal dari kata Sanseker ta yang berar ti kota Singa.

Penduduk Singapura berasal dari Cina, Melayu, India, dan Eropa. ‘Kaum Baba’ yaitu sebutan bagi keturunan Cina-Melayu. Singapura mempunyai empat bahasa resmi, yaitu Melayu, Mandarin, Inggris, dan Tamil.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Masyarakat Singapura mempunyai budaya jalan kaki. Sekitar 80 persen masyarakatnya menentukan untuk berjalan kaki ke mana-mana. Hal ini disebabkan harga kendaraan, yaitu kendaraan beroda empat dan materi bakar sangat mahal.

Kepiting cabe yaitu masakan yang sangat digemari masyarakat Singapura.

I. Thailand

Thailand yaitu satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa.

Thailand dalam bahasa Thai yaitu Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Sejak tahun 1800-an, Thailand berubah nama, antara lain Siam (dari bahasa Sansekerta yang artinya gelap atau cokelat) dan Thailand.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Ramakien yaitu kisah nasional Thailand yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Di Thailand, Kepala yaitu potongan tubuh yang paling dihormati.

Tidak ada orang yang akan berani menyentuh kepala, bahkan kepala anak-anak. Sebaliknya, potongan kaki dianggap potongan yang paling hina lantaran digunakan sebagai alat untuk menapak di tanah. Oleh alasannya yaitu itu, kaki dihentikan dihadapkan ke patung suci atau orang lain.

Indonesia dan Thailand mempunyai tradisi minum teh. Di beberapa daerah di Indonesia, kebiasaan minum teh dilakukan secara turun temurun. Salah satunya yaitu teh yang diseduh di poci. Oleh alasannya yaitu itu, teh tersebut dinamakan dengan teh poci.

Di Thailand, teh disajikan dengan susu dan rempah-rempah. Teh tersebut dinamakan Thai Ice Tea dan disajikan dingin.

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?

Diskusikanlah budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dengan temanmu. Kamu sanggup menemukan pelengkap gosip melalui gurumu atau buku bacaan di perpustakaan.

Kondisi Geografis Asia Tenggara

Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:

Samudra Hindia dan Teluk Benggala di potongan barat;

Laut Cina Selatan di utara; dan

Samudra Pasifik di timur.

Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua dataran yaitu:

1. Daratan Berbentuk Semenanjung

Wilayah yang berbentuk semenanjung yaitu Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia potongan barat.

2. Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan

Wilayah yang berbentuk formasi kepulauan yaitu Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia potongan timur, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 14

Ayo Menulis

Kamu sudah berguru keunikan negara-negara ASEAN mulai dari kondisi geografis, bunga, hingga kebudayaannya.

Pilihlah dua negara ASEAN. Carilah perbedaan dan persamaan karakteristik dari kedua negara tersebut mulai dari tumbuhan yang hidup, khususnya bunga yang menjadi ciri khas negara dan kondisi sosial budaya mereka. Kamu sanggup menyebutkan nama bunga, nama sebutan (apabila ada), pemanfaat, dan tempat tumbuhnya.

Tulislah pemikiranmu wacana karakteristik negara pada diagram Venn yang telah disiapkan.

Perhatikan caranya berikut ini.

1. Tentukan dua negara yang akan kau cari informasinya lebih dalam lagi. Tulislah di kotak yang tersedia.

2. Tulis masing-masing karakteristiknya di bulat sesuai dengan negaranya.

3. Di tengah lingkaran, kau sanggup menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Terima kasih sudah membaca artikel ini, agar kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 ini sanggup menawarkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Balasan Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel