✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50 - Pembelajaran Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.
Dalam Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema Makanan Sehat terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut ini kami bagikan alternatif kunci tanggapan soal yang terdapat pada halaman 46, 47, 48, 49, 50.
Baca Juga :
- Lengkap - Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap - Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap - Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap - Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap - Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap - Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap - Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap - Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Pembelajaran 1
Cermati gambar di atas!
Kelompok masakan mana yang akan kau pilih?
Kelompok makanan yang akan saya pilih ialah susu, jeruk, wortel, tomat, kol, pisang dan sawi.
Mengapa kau menentukan kelompok masakan tersebut?
Karena kelompok masakan tersebut sehat dan baik untuk badan kita.
Ayo Membaca
Bacalah percakapan di bawah ini dengan cermat!Dayu : “Semalam saya melihat iklan perihal obat sakit perut gres untuk anak- anak di televisi, lho!”
Udin : “Wah, sudah ada iklan gres lagi? Sepertinya itu produk baru, ya?” Dayu : “Betul! Iklan itu menarik alasannya ialah iklannya dibentuk ibarat film.”
Lani : “Ternyata media iklan itu bermacam-macam, ya! Kalau kamu, suka iklan di media cetak ibarat di koran dan majalah atau media elektronik?”
Udin : “Kalau saya lebih suka media elektronik alasannya ialah gambarnya sanggup bergerak dan ada suaranya. Kaprikornus lebih seru!”
Lani : “Kalau saya suka kedua-duanya. Sekalipun iklan di media elektronik memang terdengar lebih seru, tetapi iklan di media cetak juga banyak yang bagus. Gambar-gambar yang dipergunakan mempunyai warna yang cerah dan kalimat iklannya juga bagus-bagus.”
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 46
Dari percakapan di atas, tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu.Apabila kau menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.
Iklan Media Elektronik | Iklan Media Cetak |
---|---|
Iklan hanya sekilas dan berlangsung pada ketika itu saja. | Iklan media cetak sanggup dibaca atau dilihat kapan saja/berulang-ulang |
Menggunakan indera pengelihatan dan pendengaran | Iklan media cetak hanya ditangkap memakai indera pengelihatan |
Menggunakan gambar bergerak dan memakai suara | Iklan media cetak hanya memakai gambar membisu dan tidak ada suara. |
Liputan bersifat informatif dengan narasi yang cukup panjang. | Penggunaan kalimat dalam media cetak terbatas hanya beberapa baris saja. |
Bersifat pribadi dan nyata, serta sanggup menyajikan insiden yang sebenarnya. | Iklan media cetak hanya menyajikan gambar dan goresan pena saja |
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 47
Ayo Berdiskusi
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertas gambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom ibarat di bawah ini.Diskusikan dengan sobat sekelompokmu perihal iklan-iklan yang pernah dilihat / ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan kau mengelompokkannya dalam media tersebut.
Ayo Mengamati
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih ialah iklan yang memakai bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.
2. Berikan tanggapan dalam bentuk berikut ini.
Saya pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang saya ingat adalah
Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari iklan itu adalah
Dari aktivitas di atas, apa yang sanggup kau simpulkan?
Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga). Gunakan tanggapan tersebut sebagai materi untuk menciptakan kesimpulan.
Siang itu, siswa-siswi kelas V sedang beristirahat di depan kelas.
Perhatikan percakapan mereka!
Lani : “Aduh, perutku sakit!” Dayu : “Wah, kenapa Lan?”
Lani : “Sepertinya magku kambuh.”
Dayu : “Kemarin magku juga kambuh, Lan. Dokterku menunjukkan obat mag ibarat yang ada di iklan televisi. Bahkan, ada obat mag yang mempunyai aneka rasa. Mungkin kau pernah meminumnya.”
Lani : “Oh, iya, saya jadi teringat! Ternyata saya mempunyai obat mag yang kau maksud di dalam tasku, Yu. Terima kasih atas perhatiannya, ya!”
Lani : “Lalu, apa kata doktermu waktu itu, Dayu? Apa yang menjadikan mag kita kambuh?”
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 48
Masih ingat dongeng Dayu dengan magnya? Coba kau ulas kembali penyebab seseorang sanggup terjangkit mag. Penyebab seseorang sanggup terjangkit mag karena makan tidak teratur atau terlambat makan pada waktu jam makan tiba.
Selain gangguan mag, sistem pencernaan kita sanggup mengalami gangguan lainnya. Ada beberapa faktor yang menyenyebabkan gangguan tersebut, contohnya mengonsumsi masakan tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur.
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 49
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah peta pikiran mengenai banyak sekali macam gangguan umum dari sistem pencernaan manusia. Peta pikiran tersebut harus sanggup meliputi beberapa hal berikut.Keterangan mengenai setiap gangguan sistem pencernaan.
Penyebab gangguan tersebut.
Gejala dari gangguan tersebut.
Cara mengatasi gangguan tersebut.
Setelah selesai, presentasikan peta pikiran kelompokmu di depan kelas kemudian pajang di tembok kelasmu.
Ayo Mencoba
Bekerjalah dalam kelompok. Pilihlah satu macam gangguan pencernaan. Rancanglah poster yang membuktikan perihal gangguan pencernaan tersebut.Isi poster tersebut harus sama dengan isi peta pikiran yang telah kau buat sebelumnya. Namun, ukuran poster harus cukup besar. Perhatikan beberapa hal berikut.
Judul Poster : Judul harus sanggup terbaca dari jarak minimal 2 meter dan menarik perhatian.
Informasi : Disajikan dalam bentuk poin, goresan pena harus rapih dan cukup besar supaya terbaca dari jarak minimal 1 meter.
Informasi terdiri atas keterangan mengenai topik pem- bahasan, penyebab gangguan, tanda-tanda dari gangguan, dan cara mengatasi gangguan tersebut.
Grafik : Poster akan lebih menarik bila dilengkapi dengan grafik atau gambar-gambar yang memudahkan pembaca mengerti gosip yang disampaikan.
Sumber : Cantumkan pula sumber gosip yang digunakan.
Refleksi : Tuliskan pesan dan kesan mengenai kiprah ini dan pelajaran yang didapat.
Apabila memungkinkan, pasang foto anggota kelompok.
Berdasarkan teladan poster di atas, diketahui bahwa diare ditandai oleh buang air besar dengan tinja encer atau lembap dengan frekuensi lebih sering dari biasanya (normalnya). Oleh alasannya ialah itu, orang yang mengalami diare akan lebih sering ke toilet untuk buang air besar dengan volume tinja yang lebih banyak dari biasanya. Diare sanggup menjadi tanda-tanda penyakit yang lebih serius ibarat disentri dan kolera. Gejala yang biasanya ditemukan ialah buang air besar terus-menerus disertai rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual, dan muntah.
Pemberian cairan dan elektrolit (seperti larutan garam) akan sangat membantu memulihkan keadaan badan yang kekurangan cairan dan elektrolit. Minum cairan oralit merupakan cara pengobatan yang paling efektif terhadap tanda-tanda diare. Apabila cairan oralit tidak tersedia, maka kau sanggup membuatnya sendiri.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 50
Bersama dengan kelompokmu, buatlah cairan oralit
Sediakan semua materi dan alat yang diharapkan dan ikuti langkah-langkah pembuatannya dengan cermat
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. 1/2 sendok teh garam
2. 6 sendok teh gula pasir
3. 1 liter air hangat
4. Pisang secukupnya untuk menambah kalium dan rasa
Cara pembuatan:
1. Larutkan gula dan garam dalam air hangat.
2. Pisang sanggup dilumatkan secukupnya atau dicampur atau dimakan begitu saja.
Buatlah laporan percobaan sederhana dan tuliskan juga manfaat dari larutan oralit yang kau buat!
Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci tanggapan tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 1 ini sanggup menunjukkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.
Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50"
Posting Komentar