✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16


soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16
 - Kunci tanggapan tema 7 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 kejadian dalam kehidupan subtema 1 kejadian kebangsaan masa penjajahan pembelajaran 1 tepatnya terdapat pada halaman 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16.

Selain membahas wacana tanggapan soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 7 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada pembelajaran 1 subtema 1.

Kunci tanggapan tematik tema 7 kelas 5 pada subtema 1 pembelajaran 1 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci tanggapan soal yang terdapat pada buku siswa ibarat ini diharapkan sanggup membantu akseptor didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal tema 7 yang nantinya berkhasiat pada ketika evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi final tahun (PAT), maupun pada ketika mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

Banyak kejadian dalam kehidupan. Ada kejadian pribadi, kejadian keluarga, kejadian masyarakat, bahkan ada juga kejadian yang dialami oleh bangsa dan negara.

Peristiwa sanggup dibedakan menjadi dua macam. Pertama, kejadian yang menyenangkan (peristiwa yang membuat kita senang). Kedua, kejadian yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih).

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 1

Amati gambar-gambar berikut!

Berikan tanda centang (v) pada kejadian menyenangkan.

Berikan tanda silang (x) pada kejadian tidak menyenangkan.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 2

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah sanggup meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?

Bangsa eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah lantaran rempah-rempah di Indonesia yang melimpah.

2. Seberapa tinggikah nilai irit rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?

Nilai irit rempah-rempah di mata bangsa-bangsa eropa sangat mahal ibarat harga emas.

3. Apa kekerabatan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Dengan adanya rempah-rempah yang melimpah membuat bangsa eropa yang tiba ke Indonesia ingin memonopoli perdagangan rempah-rempah, oleh lantaran itu terjadi perlawanan oleh rakyat yang menimbulkan terjadinya penjajahan di Indonesia.

Ayo Membaca

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat 

Mulai final kurun XV, bangsa Eropa berusaha melaksanakan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melaksanakan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis.

Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521.

Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra 

Adanya impian mencari kekayaan (gold)

Kekayaan yang mereka cari terutama yaitu rempah-rempah. Sekitar kurun XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal.

Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

Adanya impian membuatkan agama (gospel

Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut yaitu membuatkan agama kepada penduduk tempat yang dikuasainya.

Tugas mereka ini dianggap sebagai kiprah suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

Adanya impian mencari kejayaan (glory

Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory).

Dengan adanya anggapan ini, negaranegara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyak nya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Contohnya ibarat berikut :

1. Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang sanggup dipakai untuk mengarungi samudra luas.

2. Ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata sanggup dipakai untuk melindungi pelayaran dari bahaya bajak bahari dan sebagainya.

3. Ditemukannya kompas. Kompas dipakai sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk memilih arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga bila angkasa tertutup awan, mereka tidak sanggup meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah manapun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 6

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16

1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?

Bangsa barat merupakan bangsa yang berasal dari benua eropa.

2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa Barat melaksanakan penjajahan di Indonesia?

Faktor yang melatarbelakangi bangsa Barat melaksanakan penjajahan di Indonesia yaitu adanya impian mencari kekayaan (gold), kejayaan (glory) dan impian membuatkan agama (gospel).

3. Kapan bangsa Barat mulai melaksanakan penjelajahan samudra?

Mulai final kurun XV

4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?

Bangsa barat pertama kali mendarat di malaka.

5. Mengapa bangsa Barat melaksanakan penjelajahan samudra?

Karena bangsa barat ingin mendapat rempah-rempah dengan harga yang murah.

6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?

Penjajahan menyengsarakan kehidupan rakyat.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 7

Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut ibarat berikut.


soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16


Judul Teks :
Peristiwa kedatangan bangsa barat

Bagian yang paling menarik :
Kekayaan yang mereka cari yaitu rempah-rempah, harga rempah-rempah ketika itu sangat mahal ibarat harga emas.

Informasi Penting :Adanya impian mencari kekayaan (gold), Adanya impian membuatkan agama (gospel), Adanya impian mencari kejayaan (glory), Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pendapat saya wacana teks ini :
Teks wacana kejadian kedatangan bangsa barat sangat bermanfaat untuk menambah wawasan wacana sejarah bangsa indonesia.

Saya menyarankan teks ini lantaran :
Teks wacana kejadian kedatangan bangsa barat berisi wacana informasi yang sanggup menambah ilmu pengetahuan wacana sejarah bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 8

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia.

Informasi sanggup kau peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 9

Ayo Menulis

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia yaitu Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).

Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16

Gold ==>Adanya impian mencari kekayaan
Gospel  ==>Adanya impian membuatkan agama (gospel)
Glory  ==>Adanya impian mencari kejayaan (glory)

Tuliskan Pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16

Saya tidak sepakat dengan semboyan tersebut karna akhir ketiga semboyan tersebut bagi indonesia yaitu antara lain :
  • Indonesia semakin miskin lantaran kekayaanya diambil oleh bangsa-bangsa eropa
  • Masuknya agama nasrani menimbulkan sebagian rakyat indonesia juga menganut agama nasrani
  • Kekuasaan bangsa eropa semakin menjadi-jadi di indonesia,menyebabkan indonesia makin terpuruk, rakyat jadi sengsara,dan bagsa indonesia makin tertindas.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 10

Ayo Berlatih

Buatlah pengandaian berkaitan dengan kejadian kedatangan bangsabangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya saya menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, saya akan menolak kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia. Penjajah menyengsarakan kehidupan rakyat Indonesia. Sikap para penjajah awalnya baik. Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu suka menindas dan kejam.

Cengkih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak manfaatnya. Harganya pun cukup tinggi sehingga hingga sekarang masih banyak masyarakat yang membudidayakannya.

Untuk sanggup mengambil manfaat cengkih secara maksimal, setelah dipetik, cengkih kemudian dikeringkan dengan cara dijemur.

Selama proses penjemuran, terjadi perubahan warna pada cengkih, dari yang semula kuning dan merah menjadi hitam dan cokelat.

Pada proses pengeringan cengkih, terjadi perubahan benda yang disebabkan kalor (panas). Dari proses tersebut, kita ketahui imbas kalor atau energi panas (dalam hal ini sinar matahari) pada benda.

Pernahkah kau mengamati benda-benda yang ada di sekitarmu? Bendabenda yang ada di sekitarmu mempunyai sifat dan wujud yang berbedabeda.

Masih ingatkah kau wujud-wujud benda? Tahukah kau cara membedakannya?

Salah satu cara membedakan wujud benda yaitu dengan mengetahui sifat setiap benda itu.

Ayo Membaca

Sifat-Sifat Benda

Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas. Ketiganya mempunyai sifat yang berbeda. Mengapa kau perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifatsifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita.

Salah satu wujud benda yaitu padat. Kamu niscaya mempunyai banyak benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu sanggup memegangnya, sanggup memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat yang ada di sekitarmu sanggup diubah dengan beberapa perlakukan ibarat diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik ibarat menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.

Wujud berikutnya yaitu cair. Benda-benda cair sanggup ditemui dengan gampang di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi kolam kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kau melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam tubuh sungai akan mengalir dari sempurna yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga sanggup merambat melalui serat-serat halus dari materi ibarat materi kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori materi tersebut.

Wujud benda yang lain yaitu gas. Manusia sanggup memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada ketika bernapas. Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan cara meniup, kau sanggup membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kau juga sanggup menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu sanggup mencium amis napasmu sendiri. Kamu pun sanggup mencium bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, insan membuat parfum atau minyak wangi untuk membuatkan amis dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kau sanggup melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kau mengubah bentuknya?

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 13

Ayo Mencoba

Percobaan 1
  • Alat dan Bahan 
  • dua buah pensil
  • penghapus pensil
  • peraut pensil
  • buku catatan

Langkah Kegiatan :

Ambillah pensil yang masih utuh. Perhatikan bentuknya dan gambarlah.

Dengan memakai penyerut pensil, rautlah cuilan ujung pensil hingga sanggup dipakai untuk menulis. 

Perhatikanlah, gambarlah dan bandingkan gambar ini dengan gambar pensil yang utuh sebelumnya.

Ambil penghapus pensil, amati bentuknya dan gambarlah.

Gosokkan penghapus tersebut ke permukaan meja yang rata dan halus selama beberapa saat. 

Amati bentuknya, terutama pada cuilan yang digosokkan. Gambarlah dan bandingkan dengan gambar sebelumnya.

1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?

Ujung pensil akan berubah bentuk setelah diraut.

2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?

Ujung karet penghapus pensil akan berubah bentuk setelah digosokkan.

3. Apakah kesimpulanmu?

Bentuk benda padat sanggup berubah bila mendapat perlakuan tertentu, contohnya ditumbuk, dipotong, atau digosok.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 14 & 15

Percobaan 2


Alat dan Bahan :
  • gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
  • wadah lain yang transparan
  • nampan atau papan kayu

Langkah Kegiatan :



Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.

Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan hingga isi gelas tumpah. 

Perhatikan dengan saksama, kemudian gambarlah. Bandingkan dengan gambar sebelumnya.

Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.

Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.

1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas ketika sebelum dan setelah dimiringkan?

Permukaan air datar ketika sebelum dan setelah dimiringkan.

2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?

Bentuknya mengikuti wadahnya.

3. Bagaimana cara air tersebut sanggup mengalir?

Air mengalir ke tempat yang lebih rendah

4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?

Air lama-kelamaan akan habis. mengalir ke tempat yang lebih rendah

5. Bagaimana cara air tersebut sanggup mengalir?

Air mengalir ke tempat yang lebih rendah

6. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?

Air lama-kelamaan akan habis. mengalir ke tempat yang lebih rendah

7. Apakah kesimpulanmu?
Benda cair mempunyai sifat tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan yang damai selalu datar, mengalir ke tempat lebih rendah, menekan kesegala arah, dan meresap melalui celah-celah kecil.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 16

Percobaan 3

Alat dan Bahan
  • gelas plastik
  • ember
  • air
  • buku catatan

Langkah Kegiatan :

1. Isilah ember air hingga 3/4-nya.

2. Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.

3. Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.
Diskusikanlah :

1. Apakah yang terjadi pada ketika kau membenamkan gelas tersebut? Mengapa?

Gelas akan terangkat ke atas lantaran di dalam gelas berisi udara.

2. Apa yang terjadi pada ketika gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?

Ketika gelas dimiringkan akan keluar gelembung udara lantaran didalam gelas berisi udara.

3. Apakah kesimpulanmu dari percobaan ini?

Benda gas bersifat mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, menekan ke segala arah, dan berada di semua tempat.

4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan memakai poster. Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diharapkan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah aktivitas galeri berjalan dengan percaya diri.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16

Terima kasih ya, biar artikel wacana soal dan kunci tanggapan tema 7 kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi akseptor didik.

Kunci tanggapan yang sudah kau baca di atas juga sudah dilengkapi dengan materi pembelajaran yang sama persis dengan buku tematik tepadu kelas 5 tema 7 Kurikulum 2013 (K13) Revisi terbaru.

Semoga dengan adanya tumpuan soal yang sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan serta pembahasan ini sanggup mempermudah akseptor didik memahami materi pembelajaran dan juga sebagai sumber berguru menghadapi Ulangan Harian, UTS/PAS, UKK, Penilaian Akhir Tahun/Semester.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 1-16"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel