✔ Bentuk-Bentuk Aktivitas Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan Di Sd

meningkatkan kecakapan literasi di sekolah dasar ✔ Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD

Selamat berjumpa sobat sanjayaops dimanapun berada, pada kesempatan ini, sanjayaops akan ebrbagi gosip perihal cara meningkatkan literasi perpustakaan di sekolah dasar. kata kunci untuk review artikel ini yaitu literasi, sekolah dasar. selamat membaca.

Judul : Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD
Link : Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD

Rekomendasi Bacaan

Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD

Pemanfaatan perpustakaan dan sudut baca sekolah bertujuan untuk meningkatkan kecakapan literasi perpustakaan (library literacy) penerima didik. Kecakapan literasi perpustakaan meliputi:
  1. Pengetahuan perihal fungsi perpustakaan sebagai sumber pengetahuan dan koleksi gosip yang bermanfaat dan menghibur.
  2. Kemampuan menentukan materi pustaka yang sesuai jenjang dan minat secara madiri.
  3. Kemampuan perihal materi pustaka sebagai produk karya penulisan yang diciptakan melalui proses kreatif.
  4. Pengetahuan perihal etika meminjam materi pustaka dan berkegiatan di perpustakaan.

Alternatif bentuk-bentuk kegiatan untuk meningkatkan literasi perpustakaan sesuai jenjang di SD adalah:

Jenjang SD Kelas Rendah

  1. Tenaga perpustakaan menjelaskan jenis materi pustaka (buku teks pelajaran, buku panduan pendidik, buku pengayaan, buku refrensi dan sumber berguru lain. hal ini bertujuan supaya penerima didik mengetahui ragam materi pustaka.
  2. Tenaga perpustakaan menjelaskan cara mncari materi pustaka  yang sesuai dengan jenjang penerima didik melalui beberapa fitur bacaan menyerupai proporsi teks bacaan, jenis buku dan daerah pemajangan buku. Hal ini bertujuan supaya penerima didik mengetahui koleksi perpustakaan yang sesuai dengan jenjang kelasnya.
  3. Pustakawan atau tenaga perpustakaan memperkenalkan nama penulis buku dan ilustrator dikala membacakan buku dan menjelaskan profesi keduanya. Mengadakan jumpa penulis dan ilustrator. penerima didik menciptakan buku sederhana dan mengilustrasikannya. Hal ini bertujuan supaya penerima didik memahami perihal buku dan proses kreatif pembuatnya.
  4. Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan etika memakai koleksi buku perpustakaan da beraktivitas di perpustakaan. Hal ini bertujuan supaya penerima didik memahami etika memakai koleksi perpustakaan.

Jenjang SD Kelas Atas

  1. Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan perbedaan jenis materi pustaka (buku teks pelajaran, buku panduan pendidik, buku pengayaan, buku refrensi dan sumber lainnya. Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan jenis buku bacaan ( buku bergambar, buku berilustrasi, komik, majalah anak, novel anak dll. Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan ragam genre buku bacaan (ceerita rakyat, fabel, fantasi, biografi, dll). Hal ini bertujuan supaya penerima didik SD kelas tinggi sanggup memahami ragam materi pustaka.
  2. Peserta didik memili materi pustaka yang sesuai jenjang dan minat secara mandiri, hal ini bertujuan supaya penerima didik mengetahui koleksi perpustakaan yang sesuai jenjang. Peserta didik sanggup menentukan buku secara berdikari dengan proteksi katalog atau sarana temu kembali yang lainnya.
  3. Peserta didik mengenali nama penulis, ilustrator dan editor buku secara mandiri. Peserta didik mewawancarai penulis, ilustrator dan editor buku untuk mengenal lebih jauh perihal profesi mereka dan proses kreatif pembuat buku.
  4. peserta didik menciptakan buku bergambar atau berilustrasi atau kisah pendek, majalah anak, dll secara individual atau kolaboratif. Hal ini bertujuan supaya penerima didik memahami proses kreatif pembuat buku atau materi perpustakaan.
  5. Pustakawan atau tenaga perpustakaan menjelaskan etika meminjam koleksi perpustakaan dan etika kegiatan perpustakaan. hal ini bertujuan supaya penerima didik memahami etika memakai perpustakaan.

Demikian kegiatan untuk meningkatkan kecakapan literasi perpustakaan di Sekolah Dasar

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga postingan perihal kecakapan literasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya, khususnya Bapak dan Ibu yang berprofesi sebagai guru dan tenaga kependidikan di SD. Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Bentuk-Bentuk Kegiatan untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan di SD. Link artikel ini yaitu https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kegiatan-literasi-perpustakaan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Bentuk-Bentuk Aktivitas Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Perpustakaan Di Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel