✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147 - Kunci tanggapan Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa Pembelajaran 1 tepatnya terdapat pada halaman 141, 142, 143, 144, 147.

Selain membahas wacana tanggapan soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 1 Subtema 3.

Kunci tanggapan tematik Tema 9 Kelas 6 pada Subtema 3 Pembelajaran 1 terdiri dari 2 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci tanggapan soal yang terdapat pada buku siswa menyerupai ini diharapkan sanggup membantu penerima didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berkhasiat pada dikala evaluasi harian (PH), penialain tengah semester (PAS), evaluasi simpulan tahun (PAT), maupun pada dikala mengerjakan kiprah pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1

Tahukah kau bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita alami dan nikmati dikala ini diawali oleh penemuan-penemuan yang dilakukan para ilmuwan?

Lihatlah sekelilingmu! Semua alat yang kau gunakan yaitu hasil inovasi dan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Kamu tentu sudah mengerti bahwa untuk melihat benda-benda langit diharapkan sebuah alat yang disebut teleskop. Tahukah kau siapa penemunya? Mari kita simak bacaan berikut ini!

Ayo Membaca

Galileo Galilei, Mencoba untuk Membuktikan

Pasti kau pernah mendengar nama Galileo Galilei. Ia yaitu seorang ilmuwan asal Italia kelahiran tahun 1564. Sumbangan penemuannya memberi banyak dampak pada dunia ilmu pengetahuan. Galileo tidak selalu menjadi penemu, tetapi ia sanggup memakai sebuah inovasi untuk menghasilkan inovasi besar lainnya.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Galileo bukanlah penemu teleskop yang pertama. Akan tetapi ia mengetahui wacana inovasi teleskop dikala itu dari seorang pembuat kacamata dari Belanda. Ia kemudian tertarik untuk membuatkan teleskop buatannya sendiri. Lalu ia memanfaatkannya untuk melaksanakan pengamatan dunia angkasa luar. Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil yang berjudul The Starry Messenger.

Buklet ini mengungkapkan beberapa inovasi angkasa luar yang menarik. Salah satu inovasi Galileo dikala itu yaitu wacana bulan. Ia menemukan bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, menyerupai yang digambarkan dalam puisi-puisi. Bulan ternyata dipenuhi kawah dan gunung.

Galileo juga menemukan planet-planet lain termasuk Saturnus yang mempunyai lingkar menyerupai cincin. Ia menemukan Venus yang mempunyai beberapa fase menyerupai Bulan, kemudian bukti bahwa Venus berputar mengelilingi Matahari. Ia juga menemukan fakta bahwa Jupiter mempunyai satelit sendiri yang tidak berputar mengelilingi Bumi, melainkan Matahari.

Penemuan-penemuan Galileo memperkuat teori Copernicus sebelumnya. Teori Copernicus menyatakan bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya, tetapi Matahari, lantaran planet-planet mengelilingi Matahari.

Pada zamannya, Galileo sempat dicerca dan ditentang aneka macam pihak lantaran temuan-temuannya. Namun demikian, pada karenanya dunia mengakui kiprah besarnya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Berkat temuantemuannya tersebut ia memperoleh sebutan “Bapak Sains Modern”. Hal ini merupakan bukti kiprahnya yang membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan, terutama ilmu pengetahuan angkasa luar.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 141

Ayo Berdiskusi

Galileo galilei merupakan salah satu penemu yang berperan besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang memengaruhi peradaban manusia.

Bersama dengan sahabat sebangkumu diskusikanlah inovasi apa saja yang telah dihasilkannya dan dampaknya terhadap kehidupan insan hingga kini. Gunakan tabel berikut untuk mencatatnya.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Penemuan Galileo Galilei :
  • Hukum Gerak (Mekanika)
  • Hukum Kelembaban
  • Penyempurnaan Teleskop
  • Penemuan Termometer air
  • Penemuan planet Saturnus dan planet-planet lain
Dampak Penemuan Galileo Galilei :
  • Menghimpun inovasi tersebut dengan formula matematik. Penggunaan yang luas formula matematik dan metode matematik merupakan sifat penting dari ilmu pengetahuan modern.
  • Sebagai dasar dari aturan gerak dari Newton.
  • Digunakan untuk keperluan pelayaran dan pengamatan astronomi. Sebagai materi penguat bagi para pendukung teori Copernicus/ Teori matahari-sentris.
  • Menjadi dasar bagi pengembangan termometer berikutnya, menyerupai inovasi skala Fahrenheit, Celcius dan skala kelvin.
  • Penelitian terhadap antariksa makin intensif

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 142

Buatlah beberapa pertanyaan wacana bacaan di atas atau wacana hal-hal yang ingin kau ketahui lebih dalam. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam kotak yang tersedia berikut ini.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Pertanyaanku :
  1. Siapa nama ilmuwan populer asal italia yang menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Starry Mesenger.
  2. Apa saja inovasi Galileo Galilei?
  3. Bagaimana pendapat Galileo Galilei terhadap teori Copernicus?
  4. Kapan Galileo Galilei menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Satrry Messenger.
  5. Di mana Galileo Galilei dilahirkan?

Ayo Membaca

Susunan Planet Tata Surya berdasarkan Orbit Bumi

Susunan tata surya kita mempunyai keunikan tersendiri. Matahari sebagai pusat tata surya dikelilingi oleh aneka macam anggota lainnya, menyerupai planet, asteroid, satelit, meteorit, dan komet.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Salah satu benda langit yang menarik yaitu komet. Komet merupakan salah satu benda langit yang mempunyai inti dari watu dan air. Inti komet terbungkus dalam surai gas dan debu. Setiap kali komet mendekat ke Matahari, materi-materi dalam inti komet akan menguap dan membentuk bola gas kebiru-biruan dan ekor yang berwarna putih.

Materi tersebut terdiri dari bubuk sepanjang jutaan kilometer. Oleh lantaran bentuknya yang demikian orang Yunani menyebutnya sebagai si rambut panjang yang dalam bahasa Yunani disebut kometes, asal kata dari komet.

Semua benda langit di atas melaksanakan perputaran mengitari Matahari sebagai pusat tata surya. Mereka mengelilinginya dalam jalurnya yang disebut sebagai orbit.

Berdasarkan orbit Bumi terhadap Matahari, terdapat beberapa planet yang berada di dalam orbit Bumi.

Planet-planet yang berada di dalam orbit Bumi disebut dengan planet inferior, yaitu Merkurius dan Venus. Sedangkan planet-planet yang berada di luar orbit Bumi disebut dengan planet superior, yaitu Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 143-144

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet!

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Persamaan :
  • Benda langit
  • Mengelilingi Matahari

Perbedaan :
  • Komet mempunyai ekor gas bubuk yang sangat panjang, sedang planet tidak punya
  • Bentuk orbit garis edar Komet yang lonjong, parabolis atau hiperbolis berbeda dengan bentuk orbit garis edar planet yang berbentuk elips.

Contoh Komet :
  • Komet Halley (terakhir muncul tahun 1986 dan muncul setiap 76 tahun sekali)
  • Komet Lulin (ditemukan pada 11 Juli 2007)
  • Komet Hale-Bopp (Muncul pada tahun 1997)
  • Komet Lovejoy
  • Komet Encke (salah satu komet dengan orbit terpendek, yaitu 3 tahun sekali)

Contoh planet :
  • Merkurius
  • Venus
  • Bumi
  • Yupiter
  • Neptunus

2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar. Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kau ketahui? Bagaimana kau membedakannya?

a. Berdasarakan posisi planet yang dilihat dari orbit Bumi :
  • Planet Inferior
  • Planet inferior yaitu planet yang terletak di dalam orbit Bumi, yaitu Merkurius dan Venus
  • Planet Superior
  • Planet Superior yaitu planet yang terletak di luar orbit Bumi, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

b. Berdasarkan material penyusun :
  • Planet terrestial
  • Planet terrestial yaitu planet dengan ukuran yang relatif kecil, berbatu, dan mempunyai atmosfer yang tipis. Planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
  • Planet Jovian
  • Planet Jovian yaitu planet dengan ukuran yang relatif lebih besar, tersusun dari gas, cairan, dan es tebal

c. Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid :
  • Planet Dalam
  • Planet dalam yaitu planet yang berada di dalam orbit asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
  • Planet Luar
  • Planet luar yaitu planet yang berada di luar orbit asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

Ayo Berlatih

Bersama dengan sahabat sekelompokmu, lihatlah kembali model sistem tata surya yang telah kau rancang sebelumnya.

Berdasarkan pemahamanmu wacana pengelompokan di atas, gunakan materi atau alat yang sanggup membantumu untuk memperlihatkan jenis planet berdasarkan garis edar Bumi yang telah kau pelajari kali ini.
Kesimpulan apakah yang sanggup kau buat berdasarkan kegiatan di atas?


Kesimpulanku adalah Jenis planet sanggup dibedakan berdasarkan :
  • Garis edar/orbit Bumi
  • Material penyusun
  • Letak dari orbit Asteroid

Ayo membaca

Kesempatan yang Hilang Oleh Intan Sari L. Izwar

“Nesa, ayo tidur! Sudah malam,” Mama mengingatkan Nesa yang masih asyik membaca buku di kamar.

“Besok kan hari Sabtu, Ma! Nesa libur,” sahut Nesa sambil terus membaca bukunya.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

“Lho, bukannya kau akan pergi ke Planetarium bersama teman-teman sekelasmu? Tetap harus berdiri pagi, kan?” kata Mama mengingatkan.

“Berangkatnya agak siang, kok Ma. Nesa niscaya bisa mengatasinya. Besok berdiri pagi dan siap berangkat,” kilah Nesa.

“Nes, kau ingat tragedi hari ini, kan? Kamu sendiri yang bilang kalau tadi kau mengantuk sekali dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik di sekolah lantaran semalam kau tidur kemalaman,” kata Mama mendekati Nesa yang masih membaca bukunya di kawasan tidurnya. “Ingat kata Papa, anak seusia kau harus tidur cukup. Badanmu memerlukannya,” hikmah Mama.

“Baiklah, Ma. Nesa tidur sekarang,” kata Nesa sambil menyerahkan bukunya kepada Mamanya untuk disimpan. Jam sudah memperlihatkan pukul dua belas lebih lima belas menit. Mama meninggalkan kamar Nesa ketika Nesa sudah benar-benar terlelap.

Keesokan paginya.

“Nes, Nesa. Ayo bangun,” kata Mama membangunkan Nesa.

Aku kan gres saja tidur. Kok sudah dibangunkan Mama? Cepat sekali? Pikir Nesa. Nesa membuka matanya dengan berat. Dengan perlahan ia melangkah mendekati ruang makan. Di sana Mama, adiknya Lili, dan Papa sudah terlihat rapi.

“Papa, Mama, dan Lili akan berkunjung ke rumah Om Bram. Mungkin hingga sore hari. Hari ini kau mau ke Planetarium, kan? Nesa bisa bersiap sendiri, kan?” tanya Mama.

Nesa mengangguk. Tak usang kemudian, Papa, Mama, dan Lili pun berangkat pergi.

Nesa mengambil setangkup roti isi kesukaannya yang telah disiapkan Mama. Sambil mengunyah, Nesa kembali ke kamarnya hendak mengambil baju untuk segera mandi. Karena rotinya belum habis, Nesa duduk di pinggir kawasan tidurnya, mengambil bantal untuk bersandar dan menikmati rotinya. Ah, nyaman sekali! Mandi nanti dulu deh! Masih ada waktu, pikir Nesa. Jam memperlihatkan pukul setengah delapan.

Tanpa disadarinya Nesa terlelap. Beberapa jam kemudian, Nesa terbangun dan mendapati dirinya masih memegang roti isi yang belum habis. Nesa segera melihat jam, dan alangkah terkejutnya ia bahwa ia telah tertidur selama dua jam! Itu artinya ia terlambat berangkat ke Planetarium! Nesa terhenyak. Teman-temannya niscaya telah meninggalkannya. Mereka berencana bertemu di rumah Yana jam setengah sepuluh untuk berangkat sama-sama. Ia tdak berani menghubungi teman-temannya lantaran malu. Ia pun tidak berani berangkat sendiri ke Planetarium.

Nesa sangat meratapi kecerobohannya. Kalau saja ia mendengarkan hikmah Papa Mamanya untuk tidur tidak terlalu larut, ia tidak akan sendirian di rumah menyerupai dikala ini. Ia kehilangan kesempatan menimba ilmu astronomi di Planetarium, ia juga kehilangan kesempatan mengunjungi Om Bram.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Subtema 3 Halaman 147

Ayo Menulis


Sebuah kisah mempunyai beberapa unsur menyerupai tokoh, watak, alur cerita, dan latar belakang kisah tertentu. Salah satu unsur tersebut mungkin saja mengingatkanmu kepada pengalaman pribadimu atau mengingatkanmu pada sebuah film yang pernah kau tonton.

Setelah membaca kisah di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

Gambarkan dan jelaskan wacana tragedi yang terjadi dalam kisah di atas dengan memakai diagram di bawah ini.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Nesa suka sekali begadang atu tidak tidur hingga malam. Nesa sering tidak berdisiplin terhadap waktu yang dimilikinya. Ibu nesa sering menasihatinya untuk mengatur contoh tidurnya, alasannya yaitu hal tersebut kuat terhadap kegiatan atau acara Nesa besok paginya. Berkali-kali Ibu Nesa menasihatinya. Ibu Nesa melaksanakan hal tersebut lantaran peduli dengan anaknya, termasuk malam ini yang mana besok hari Nesa ada planning dengan teman-temannya untuk berkunjung ke Planetarium. Namun Nesa tidak menuruti hikmah ibunya. Keesok harinya ketika Ibu, Lili adik Nesa dan ayah pergi ke rumah saudara, Nesa bersantai di rumah sambil makan roti. Akhirnya Nesa tertidur kembali dan terlambat berdiri untuk berangkat ke Planetarium. Akhirnya hanya penyesalan yang didapat oleh Nesa.

Gambarkan dan jelaskan peristiw serupa yang terjadi dengamu atau orang-orang yang kau kenal dengan memakai diagram berikut ini.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Taufik yaitu siswa yang rajin dan sempurna waktu bila bersekolah. Suatu hari Taufik dan sahabat satu kelasnya menerima kiprah untuk mengikuti upacara tingkat kecamatan di lapangan. Karena rumah Taufik berada di pinggiran kota, maka Taufik berangkat sangat pagi. Saat Taufik berada di perjalanan menuju lapangan, di jalan sepi yang berada bersahabat dengan pematang sawah, ia melihat ada seorang anak dari sekolah lain yang juga mau ikut upacara terjatuh dari sepedanya lantaran tidak melihat ada lubang di jalan itu. Taufik pun bergegas mendekat dan membantunya. Karena sepeda anak itu rusak, maka Taufik menyarankan kepada anak yang tidak dikenalnya itu untuk menitipkan sepeda rusaknya ke rumah terdekat, dan menawari beliau untuk ikut bersamanya. Siswa dari sekolah lain itu setuju. Akhirnya Taufik bergegas mengayuh sepedanya dengan sedikit tergesa menuju kawasan upacara. Dan Taufik beserta anak tersebut tidak telat berkat perjuangan dari Taufik.

Gunakan diagram berikut untuk menjelaskan perasaanmu terhadap pengalamanmu dan kisah di atas. Juga jelaskan pesan apa yang kau dapatkan dari kisah tersebut.

soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Perasaanku : Senang sekali dengan kisah tersebut, lantaran kisah tersebut bisa memberi ide untuk melaksanakan tindakan/perbuatan positif yang bermanfaat bagi sesama

Cerita tersebut mengingatkanku : Untuk selalu berbuat kebaikan kapanpun dan di manapun tanpa mengenal waktu, serta tanpa memandang siapa yang kita tolong. Kita harus selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, supaya pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 6 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) sanggup menawarkan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=kunci-jawaban-tema-9-kelas-6-halaman-141.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Balasan Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel