✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55


 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Persatuan dalam Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut ini kami bagikan alternatif kunci tanggapan soal yang terdapat pada halaman 53, 54, 55.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 2

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.

Mengapa persatuan dan kesatuan penting? Apa yang akan terjadi kalau Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bersatu?

Ayo, kita pelajari!

Ayo Membaca

Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia bisa mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ yakni semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.

Amati gambar dan baca teks berikut dalam hati!

Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama

Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55

Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani menentukan ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa sahabat lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah badan di luar ruangan.

Baru beberapa hari yang lalu, sahabat gres mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang memakai tongkat bambu ini yakni permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara bahagia sekali mengenal permainan gres ini.

“Seru dan menantang!” kata mereka.

Anak-anak di SD Nusantara justru besar hati menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua bersahabat bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda bersahabat dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,

“Ih, Dayu, mau-maunya kau bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.

“Ah, saya tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk mengikuti keadaan denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami problem dengan temannya yang berbeda asal.

Begitulah citra keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya alasannya yakni mengenal budpekerti dan bahasa kawasan lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 53-54

Jawab pertanyaan berikut menurut teks!

Apa saja perbedaan yang kau temukan dalam dongeng di atas?

Perbedaan yang terdapat dalam dongeng di atas adalah perbedaan permainan kesukaan, asal daerah, warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, dan agama.

Bagaimana perilaku Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?

Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut dengan cara saling memahami, rukun, bekerja sama, dan bersatu.

Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melaksanakan kerja sama? Jelaskan!

Tidak, alasannya yakni dengan bekerja sama wawasan mereka semakin kaya dengan mengenal adat, bahasa dan permainan tradisional.

Apa manfaat yang kita peroleh ketika bisa bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?

Manfaat bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda yakni sanggup memperkaya wawasan alasannya yakni mengenal budpekerti dan bahasa kawasan lain.

Pernahkah kau bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!

Pernah, Contohnya ketika piket kelas dengan sahabat yang berbeda agama, mengerjakan kiprah kelompok dengan sahabat yang berbeda suku.

Bagaimana kau menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!

Perbedaan dihentikan menghalangi semangat persatuan alasannya yakni kolaborasi merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan sebuah kelompok.

Jelaskan manfaat kolaborasi dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!

Manfaat kolaborasi dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari yakni mempermudah pekerjaan, tujuan mulia bisa tercapai alasannya yakni persatuan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 55

Ayo Berdiskusi

Setelah mempelajari bagaimana siswa di SDN Nusantara menjalin kolaborasi dan persatuan dalam keseharian mereka, kini saatnya kau menuangkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam sebuah drama.

Buatlah naskah drama perihal makna dan manfaat persatuan dan kesatuan secara berkelompok!

Jawaban : Contoh naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan Lihat di sini.

Ayo Berkreasi

Tahukah kau bahwa kolaborasi dan persatuan juga penting ketika kau menampilkan tari secara berkelompok?

Apakah kau masih ingat perihal pola lantai ketika menari? Jelaskan!

Pola lantai yakni pola skema yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk menciptakan posisi dalam sebuah ruang gerak. 

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok dan peragakan contoh-contoh pola lantai tersebut!

Sekarang kau akan menerapkan pola lantai tersebut dalam tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat.

Amati gambar dan baca penjelasannya!

Pola lantai dalam tari Indang:

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55

Sekarang saatnya kau mempraktikkan pola lantai dan gerakan tari Indang. Perhatikan klarifikasi dan ikuti peragaan oleh guru!

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55

Terima kasih sudah membaca artikel ini, supaya kunci tanggapan tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 2 ini sanggup menawarkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel