✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73


 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema Persatuan dalam Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut ini kami bagikan alternatif kunci tanggapan soal yang terdapat pada halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 3

Ayo Membaca

Baca teks berikut dalam hati!

Pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus tawanan perang.

Kedatangan Sekutu ini diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA telah hingga di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menjadikan kemarahan pihak Indonesia.

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Pada tanggal 26 Oktober 1945 di kota Magelang terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan adonan Inggris dan NICA. Insiden tersebut terhenti sesudah Soekarno dan Brigadir Bethell melaksanakan negosiasi dan memperoleh kata sepakat.

Namun, ternyata pihak Sekutu mengingkari janji. Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa.

Kolonel Soedirman pribadi memimpin pasukannya yang memakai strategi gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibentuk mundur.

Kemenangan ini diperoleh berkat kolaborasi dari seluruh rakyat di Ambarawa.

Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dengan didirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati sebagai hari Makara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 66

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan memakai kalimat efektif!


Alternatif Jawaban :

Apa : Pertempuran Pasukan Sekutu dan NICA dengan Indonesia di Ambarawa.

Mengapa : Ketika pasukan Sekutu dan NICA telah hingga di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menjadikan kemarahan pihak Indonesia.

Siapa : Pasukan Sekutu, NICA dan TKR Indonesia.

Bagaimana : Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa. Kolonel Soedirman pribadi memimpin pasukannya yang memakai strategi gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung. Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibentuk mundur.

Kapan :  12-15 Desember 1945

Di mana : Ambarawa

Tukarkan peta pikiran yang telah kau buat dengan salah seorang teman! Mintalah sobat tersebut menawarkan komentar perihal setiap kalimat yang kau tuliskan. Apakah kalimat tersebut sudah memenuhi kriteria kalimat efektif? Mintalah sobat tersebut menuliskan komentarnya di kolom yang telah disediakan.

Pertempuran Ambarawa merupakan salah satu pertempuran yang sangat bersejarah dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tentunya pertempuran tersebut mempunyai makna sejarah bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 67-68

Ayo Berdiskusi

Baca kembali teks Pertempuran Ambarawa dan peta pikiran yang sudah kau buat, lalu jawab pertanyaan berikut!

1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!

Menggunakan strategi gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

2. Bagaimana pendapatmu perihal upaya-upaya yang telah dilakukan?

Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibentuk mundur.

3. Bagaimana pendapatmu perihal perilaku tentara NICA yang melanggar kesepakatan?

Sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan merupakan perilaku tidak bertanggung jawab. Hal inilah yang menimbulkan terjadinya pertempuran ambarawa.

4. Bagaimana pendapatmu perihal strategi gelar supit urang?

Taktir gelar supit urang atau strategi supit urang yakni sebuah strategi perang yang berfokus pada gerakan menyerang secara tiba-tiba.

5. Sikap apa yang sanggup kau pelajari dari para pendekar yang berjuang di Ambarawa?

Sikap persatuan, bekerja sama, rela bekorban dan pantang menyerah.

6. Bagaimana kau sanggup menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari? Berikan contoh!

Dengan bekerja sama tanpa memandang suku, agama, tempat dan budaya. Contohnya bersama-sama dan ronda malam.

Tahukah kau bahwa beberapa binatang juga memakai prinsip kerja sama, persatuan, dan strategi semoga sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungannya?

Hyena yakni contohnya. Salah satu cara yang dilakukan binatang ini semoga tetap bertahan hidup yakni dengan bersatu dan bergerombol.

Ayo Membaca

Ayo, kita baca gosip dari surat kabar berikut dalam hati!

Hyena yakni Hewan Paling Pintar di Dunia

Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba yakni binatang terpintar ketika ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat. Menurut penelitian, binatang terpintar di muka bumi yakni Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews menyampaikan bahwa Hyena yakni binatang terpintar alasannya yakni binatang tersebut sanggup mengatasi problem secara naluri dan juga sanggup ‘berhitung.’

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor binatang ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan sanggup mempertahankan daerahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir binatang lain yang masuk ke daerahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini sanggup menghitung jumlah penyusup di daerahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi problem dari kesalahan dan percobaan. Hal ini ibarat yang dilakukan insan ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah ibarat yang dikutip Telegraph (09/09). Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak binatang lain yang melaksanakan metode ibarat yang dilakukan Hyena, namun binatang ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada binatang lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di lalu hari, alasannya yakni dikatakan lebih pintar, maka NASA sanggup memakai Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya memakai monyet dan beberapa binatang kecil lainnya untuk hal tersebut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 70-71

Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?

Cara Hyena mempertahankan diri dan daerahnya yakni dengan cara memanggil rekan mereka.

Apa perbedaan Hyena dengan binatang lainnya dalam mengatasi masalah?

Hyena sanggup menghitung jumlah penyusup di daerahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya.

Tulis kesimpulanmu perihal bacaan tersebut!

Menurut penelitian, binatang terpintar di muka bumi yakni Hyena alasannya yakni binatang tersebut sanggup mengatasi problem secara naluri dan juga sanggup ‘berhitung.’ Hyena mempelajari cara untuk mengatasi problem dari kesalahan dan percobaan. 

Kamu sudah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan diri, kini kita akan mencari tahu bagaimana cara binatang lain beradaptasi.

Perhatikan gambar dan baca teksnya!

Kamuflase

Hewan ini menyesuaikan diri dengan kondisi tempat yang sesuai dengan tubuhnya, contohnya belalang daun dan belalang sembah. Belalang sering hinggap pada daun untuk menyesuaikan warna dan bentuk tubuhnya.

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Mimikri

Bunglon menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. Misalnya ketika bunglon berada di batang kayu, warna kulitnya berubah dari hijau menjadi kecokelatan dan kehitaman atau sebaliknya. Perubahan warna ini menciptakan bunglon bisa membaur dengan lingkungan.

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Autotomi (Melepas Bagian Tubuh)

Untuk melindungi dirinya, cecak dan kadal melepaskan ekornya. Cara ini disebut autotomi. Ekor yang telah putus akan tumbuh lagi ibarat semula.

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Menggulungkan Diri

Trenggiling melaksanakan penyesuaian diri dengan menggulungkan tubuhnya membentuk spiral. Cara ini dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Contoh binatang lain yang menggulungkan diri yakni lipan.

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 72

Sekarang, ayo cari tahu bagaimana binatang berikut menyesuaikan diri!

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 73

Tulis kesimpulanmu perihal cara binatang menyesuaikan diri pada diagram berikut.

 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Diskusikan diagram yang telah kau buat dalam kelompok.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci tanggapan tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 3 ini sanggup menawarkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel