✔ Kunci Balasan Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74


Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 73, 74 - Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.

Dalam pembelajaran 2 subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan tanggapan yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci tanggapan soal yang terdapat pada halaman 63, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 73, 74.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Halaman 63

Ayo Mengamati

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Kegiatan yang nampak pada gambar di atas yaitu ....

Anak-anak bermain sepak bola.

2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang memakai ....

Kaki

3. Tempat yang kondusif untuk melaksanakan kegiatan tersebut yaitu ....

Lapangan Sepak Bola

4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melaksanakan kegiatan tersebut?

Pemanasan dan Stretching

Selesai membantu mengemas selada, Beni membantu Pak Anto memanen kol. Hasil panen kali ini sangat bagus, bentuknya lingkaran dan besar.

“Alhamdulillah, Beni. Hasil panen kali ini sangat bagus,” sahut pak Anto.

“Benar sekali, Pak. Bentuknya sudah menyerupai bola saja. Saya menyerupai ingin menendangnya saja... he... he.... ” canda Beni.

“Ah, bisa saja kau ini, Ben,” sahut Pak Anto. “Kamu bahagia bermain bola, ya?” tanya pak Anto.

“Ya, tentu senang, Pak. Saya ahli menendang, menggiring, dan mendapatkan umpan lho, Pak”, sahut Beni.

Permainan bola memerlukan banyak gerakan, menyerupai berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir semua bab badan aktif. Tentunya hal ini mengharuskan semua organ gerak dalam tubuh, baik itu otot ataupun tulang, bekerja dengan baik.

Coba kau amati aktivitasmu sehari-hari. Saat kita berjalan, mengapa kaki kita bisa bergerak? Mengapa juga tangan kita bisa berayun, memegang, dan menggenggam? Ya, kaki dan tangan kita bisa bergerak alasannya yaitu pada kaki dan tangan kita terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot inilah yang bisa mengerakkan tangan dan kaki kita. Tangan dan otot merupakan alat gerak.

Organ gerak pada binatang dan insan mempunyai kesamaan. Alat-alat gerak yang dipakai pada insan dan binatang ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melaksanakan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Ayo Mengamati

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Kunci Jawaban Halaman 65

Ayo Berlatih

Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut melalui gambar berikut.

Pasangkan antara gambar dengan keterangan memakai garis!

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Ayo Mencoba

Untuk menambah pemahamanmu wacana organ gerak insan yang berupa tulang, buatlah model sederhana rangka insan dari materi bubur kertas.

Langkah-langkah kerja

1. Siapkan alat dan bahan
a. Gunting
b. Ember
c. Kertas koran d. Kawat kasa
e. Pati kanji
f. Cat warna dan kuas

2. Buatlah kerangka patung dari kawat kasa

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

3. Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

4. Rendamlah serpihan koran-koran ke dalam air.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

5. Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah hingga halus dan campurkan dengan perekat dari pati kanji. Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

6. Tempelkan bubur koran tersebut pada rangka kawat.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

7. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur pribadi di bawah terik matahari biar tidak retak

8. Warnailah dengan memakai cat.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Kunci Jawaban Halaman 68

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut.

Untuk memudahkan pekerjanmu, kau bisa mencari buku tumpuan di perpustakaan sekolah.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Alternatif Jawaban

Tulang Hasta berfungsi membentuk lengan bawah sebagai alat gerak dan menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan.

Tulang Lengan Atas berfungsi yaitu sebagai daerah melekat otot utama yang menggerakkan pundak dan siku.

Tulang Pengumpil berfungsi sebagai daerah menempelnya otot lengan yang akan menggerakkan tangan terutama tangan bab bawah.

Tulang Pergelangan Tangan berfungsi sebagai penghubungan antara telapak tangan dan tulang lengan bawah.

Tulang Telapak Tangan berfungsi sebagai pemberi bentuk tangan, juga menghubungkan tulang jari (phalanges) dgn tulang pangkal tangan (carpals).

Tulang Paha berfungsi untuk menggerakkan kaki dan letaknya di atas tulang kering dan tulang betis serta dibawahnya tulang panggul.

Tulang Kering berfungsi sebagai berikut Menyambung lengan, Menghubungkan lutut dengan pergelangan kaki, Membentuk bab kerangka pada kaki bab bawah.

Tulang Betis berfungsi untuk menopang berat badan dan juga untuk mengatur gerak badan ketika berjalan.

Tulang Pergelangan Kaki berfungsi sebagai berikut Membantu untuk memungkinkan gerak naik turun kaki dengan adanya sendi engsel dan Membantu untuk melangkah serta berjalan dengan cara yang nyaman dan seefisien mungkin.

Tulang Telapak Kaki berfungsi yaitu untuk menopang berat badan dan untuk membantu mengatur gerak badan ketika berjalan , berlari, melompat.

Tulang Jari Kaki berfungsi yaitu membantu badan ketika berjalan , berlari atau bangkit , biar badan tetap seimbang dan tidak terjatuh.

Kunci Jawaban Halaman 69

Fungsi organ gerak insan sangat banyak. Hampir semua acara insan tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja. Coba kau sebutkan acara insan yang memanfaatkan kerja organ gerak!

Contoh Aktivitas Manusia yang Memanfaatkan Kerja Organ Gerak yaitu Berlari, Menaiki Tangga, Mengangkat Beban, Mengayuh sepeda, Main lompat tali.

Berbagai acara sanggup kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tidak terlepas dari karunia Tuhan yang menawarkan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi bagian-bagian badan kita. Sudahkah kau bersyukur atas itu semua? Bagaimana caramu bersyukur?

Ayo Membaca

Penyandang Cacat yang Sukses

Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak mempunyai kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum memakai dingklik roda, beliau mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan.

Meski tubuhnya tak sempurna, semenjak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha melaksanakan semua aktivitasnya sendiri. Dia juga tidak mau dipapah atau digendong.

“Saya tidak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan alasannya yaitu orang kasihan kepada saya, tetapi alasannya yaitu kerja keras saya,” katanya lugas.

Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tidak menghasilkan materi berarti, Sidik menentukan keluar dan mencari pekerjaan lain. Dengan bekal ijazah diplomanya, beliau diterima di sebuah perusahaan kontraktor sebagai staf personalia. Tapi belum usang beliau bekerja, krisis moneter tahun 1998 menghantam dan perusahaannya terpaksa tutup. Maka, dimulailah periode Sidik menjadi pengangguran. Tetapi, beliau tak mau lama-lama menganggur, Sidik mulai mengikuti banyak sekali kursus keterampilan yang diadakan oleh Pemerintah Daerah DKI bagi penyandang cacat. Salah satu kursus yang memikat perhatian Sidik ialah kursus menciptakan kerupuk dari singkong.

Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemerintah Daerah DKI sebesar satu juta rupiah. Bersama istrinya, Sidik kemudian memulai perjuangan menciptakan kerupuk dari singkong.

“Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.” katanya. Pada awal produksi beliau memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 ons dari materi baku singkong sebanyak 10 kilogram.

“Namanya juga pertama, kerupuk dagangan saya gres habis sesudah sebulan lebih,” katanya mengenang.

Namun kini, dari hanya mengolah 10 kilogram singkong, Sidik mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya.

Dia juga sudah mempunyai merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.

“Saya beri nama merek Cap Gurame, ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan ikan gurame, tetapi gurame yaitu abreviasi dari Gurih, Renyah, Enak,” katanya tersenyum. “Kalau nanti ada uang lebih, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya.

Beruntung, ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan hasilnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.

“Namanya juga tidak punya kaki, saya sempat galau juga, bagaimana mengendarainya?” Tetapi Sidik tak kehilangan akal, beliau mendesain motornya biar tuas perseneling sanggup dioperasikan dengan tangan. Dengan sumbangan tukang las, jadilah sebuah motor dengan tongkat besi pelengkap yang ditempel di perseneling dan injakan rem. Tidak lupa beliau juga menempelkan gerobak di sampingnya untuk mengangkut muatan.

“Motor itu benar-benar membantu mobilitas dan produktivitas perjuangan saya.” ujar Sidik.

Saat ini Sidik terus berbagi pemasaran produknya. Setiap hari beliau masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Bahkan ketika Kabari mewancarainya, dua kali telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta biar pasokan kerupuk “Cap Gurame” segera dikirim.

Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi laba berkisar 1 hingga 2 juta rupiah perbulan. Meski jumlahnya kecil, apa yang diperbuat Sidik termasuk luar biasa. Dengan keadaan yang terbatas, beliau menjadi enterpreuner sejati. Meminjam rumusnya Pak Ciputra, pengusaha dan dosen mata kuliah enterpreunership, bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 20 persen penduduknya menjadi enterpreuner, barulah menjadi negara makmur, maka Sidik telah memulainya bertahun-tahun lalu. Jelaslah, Indonesia membutuhkan orang-orang gigih menyerupai Sidik.

Cerita yang kau baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun bisa beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu?

Kunci Jawaban Halaman 71

Berdasarkan bacaan di atas, temukan inspirasi pokok masing-masing paragrafnya.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Alternatif Jawaban

Paragraf 1 : Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak mempunyai kedua kaki mulai dari pangkal paha.

Paragraf 2 : Meski tubuhnya tak sempurna, semenjak kecil Sidik tidak mau merepotkan orang lain.

Paragraf 3 : Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tapi tak menghasilkan materi berarti, Sidik menentukan keluar dan mencari pekerjaan lain.

Paragraf 4 : Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemerintah Daerah DKI sebesar satu juta rupiah.

Paragraf 5 : Ia juga sudah punya merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.

Paragraf 6 : Beruntung ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan hasilnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.

Paragraf 7 : Saat ini Sidik terus berbagi pemasaran produknya.

Paragraf 8 : Kini, dari hasil usahanya Sidik mengantungi laba berkisar 1 hingga 2 juta rupiah perbulan.

Kamu telah membaca bacaan di atas, tentunya kau pun telah mengetahui dan memahami isinya. Banyaknya gosip yang kau dapatkan dari bacaan tergantung pada panjang dan bobot bacaan. Tentunya akan berbeda gosip yang kau dapatkan antara membaca teks berupa karangan dengan membaca buku.

Ayo Berkreasi

Asyik sekali ya, acara membaca itu? Apalagi kalau membaca sebuah buku secara menyeluruh. Pada ketika membaca buku, bahwasanya isi dari sebuah buku sudah sanggup kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau cover buku tersebut. Karena memang sampul cover buku merupakan bab buku yang berupa gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku.

Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku. Cover atau sampul merupakan bab terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku.

Cover yang baik yaitu yang bisa mensugesti dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.

1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis karakter yang menarik dan mencolok.

2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan gampang dipahami.

3. Terdapat nama penulis.

4. Terdapat identitas penerbit.

5. Menyertakan gambar yang menarik.

6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.

7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.

Kunci Jawaban Halaman 73 dan 74

Coba kau perhatikan teladan cover berikut.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Sekarang giliranmu untuk menciptakan gambar pada cover atau sampul buku. Kamu sanggup membuatnya menurut isi bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  ✔ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Setelah gambar selesai kau buat, ceritakan kembali gambarmu tersebut di hadapan guru dan teman-temanmu.

Jangan lupa untuk meminta masukan atau pendapat dari guru dan teman-temanmu terhadap gambar dan ceritamu.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci tanggapan tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 ini sanggup menawarkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74 dengan alamat link https://jihanplasma.blogspot.com/search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Balasan Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel