✔ 10 Metode Terbaru Mengajar Kurikulum 2013, Rpp Cuma Satu Lembar

WWW.INFOKEMENDIKBUD.ONLINE _sangat penting untuk diketahui berikut yakni informasi terbaru infokemendikbud.com tentang 10 metode terbaru mengajar kurikulum 2013.

1. EXAMPLES NON EXAMPLES Contoh sanggup dari kasus/gambar yang relevan dengan KD Langkah-langkah : 

•   Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
•   Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP 
•  Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar 
•  Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas 
•  Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
•  Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan bahan sesuai tujuan yang ingin dicapai
 •    Kesimpulan 

2.    PICTURE AND PICTURE Langkah-langkah :

•    Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai 
•    Menyajikan bahan sebagai pengantar
•    Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi 
•  Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
•    Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut 
•  Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
 •    Kesimpulan/rangkuman 


3. NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala Bernomor, Spencer Kagan, 1992) Langkah-langkah : 

•   Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
•   Guru memperlihatkan kiprah dan masing-masing kelompok mengerjakannya 
• Kelompok mendiskusikan balasan yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok sanggup mengerjakannya/mengetahui jawabannya 
•  Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
•    Tanggapan dari sahabat yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
•    Kesimpulan 

4.  COOPERATIVE SCRIPT (Dansereau Cs., 1985) Skrip kooperatif : metode mencar ilmu dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara mulut mengikhtisarkan, bagian-bagian dari bahan yang dipelajari Langkah-langkah :

•    Guru membagi siswa untuk berpasangan 
•    Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan menciptakan ringkasan 
•   Guru dan siswa memutuskan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
•   Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar : -    Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap -    Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan bahan sebelumnya atau dengan bahan lainnya
•  Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan menyerupai diatas.
•    Kesimpulan Siswa bahu-membahu dengan Guru 
•    Penutup

5.  KEPALA BERNOMOR STRUKTUR  (Modifikasi Dari Number Heads) Langkah-langkah : 

1.    Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor 
2.   Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap kiprah yang berangkai Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
6. Jika perlu, guru sanggup menyuruh kolaborasi antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan kiprah yang sama sanggup saling membantu atau mencocokkan hasil kolaborasi mereka
7.    Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain 
8.    Kesimpulan 

6. STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995) Langkah-langkah : 

1.    Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran berdasarkan prestasi, jenis kelamin, suku, dll) 
2.    Guru menyajikan pelajaran 
3.  Guru memberi kiprah kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya hingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4.   Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada ketika menjawab kuis dilarang saling membantu 
5.    Memberi evaluasi 
6.    Kesimpulan 

7.    JIGSAW (MODEL TIM AHLI) (Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, And Snapp, 1978) Langkah-langkah : 

1.    Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim 
2.    Tiap orang dalam tim diberi kepingan bahan yang berbeda
3.    Tiap orang dalam tim diberi kepingan bahan yang ditugaskan 
4.    Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub kepingan yang sama bertemu dalam kelompok gres (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub kepingan mereka
 5.  Setelah selesai diskusi sebagai tim hebat tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar sahabat satu tim mereka perihal sub kepingan yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh 
6.    Tiap tim hebat mempresentasikan hasil diskusi 
7.    Guru memberi evaluasi 
8.    Penutup

8. PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) Langkah-langkah : 

1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam acara pemecahan problem yang dipilih. 
2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan kiprah mencar ilmu yang berafiliasi dengan problem tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.) 
3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapat klarifikasi dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah. 4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai menyerupai laporan dan membantu mereka menyebarkan kiprah dengan temannya 
5. Guru membantu siswa untuk melaksanakan refleksi atau penilaian terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan 

9.  ARTIKULASI Langkah-langkah : 

1.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2.    Guru menyajikan bahan sebagaimana biasa 
3.    Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4.  Suruhlan seorang dari pasangan itu menceritakan bahan yang gres diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil menciptakan catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya 
5. Suruh siswa secara bergiliran/diacak memberikan hasil wawancaranya dengan sahabat pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah memberikan hasil wawancaranya 
6.    Guru mengulangi/menjelaskan kembali bahan yang sekiranya belum dipahami siswa
 7.    Kesimpulan/penutup 

10. MIND MAPPING Sangat baik dipakai untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif balasan Langkah-langkah : 

1.   Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai 
2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang memiliki alternatif jawaban 
3.  Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang 
4.  Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif balasan hasil diskusi 
5.  Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru 
6.  Dari data-data di papan siswa diminta menciptakan kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru.

Sumber : http://www.kompasiana.com/ 


Demikian info dan informasi terkini yang sanggup kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.INFOKEMENDIKBUD.ONLINE,  Kami senantiasa memperlihatkan info dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari aneka macam sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda supaya informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ 10 Metode Terbaru Mengajar Kurikulum 2013, Rpp Cuma Satu Lembar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel